Sakramen:
The Sacraments of the Catholic Church are, the Roman Catholic Church teaches, "efficacious signs of grace, instituted by CHRIST and entrusted to the Church, by which divine life is dispensed to us. The visible rites by which the sacraments are celebrated signify and make present the graces proper to each sacrament. They bear fruit in those who receive them with the required dispositions."
Though not every individual has to receive every sacrament, the Church affirms that, for believers as a whole, the sacraments are necessary for salvation, as the modes of grace divinely instituted by CHRIST Himself. Likewise, as the sole dispenser of CHRIST's sacraments, the Catholic Church itself is spoken of as "The universal Sacrament of salvation" containing the individual seven sacraments. Through each of these sacraments, according to the Church, CHRIST bestows that sacrament's particular grace, such as incorporation into CHRIST and the Church, forgiveness of sins, or consecration for a particular service.
The Church teaches that the effect of a sacrament comes ex opere operato, by the very fact of being administered, regardless of the personal holiness of the minister administering it. However, a recipient's own lack of proper disposition to receive the grace conveyed can block the effectiveness of the sacrament in that person. The sacraments presuppose faith and through their words and ritual elements, nourish, strengthen and give expression to faith.
The Catechism of the Catholic Church lists the sacraments as follows: "The whole liturgical life of the Church revolves around the Eucharistic sacrifice and the sacraments. There are seven sacraments in the Church: Baptism, Confirmation or Chrismation, Eucharist, Penance, Anointing of the Sick, Holy Orders, and Matrimony."
Pengertian Sakramen: Tanda rahmat / keselamatan yang kelihatan, yang menghadirkan rahmat yang tidak kelihatan.
Sakramen adalah tanda keselamatan/rahmat dan kehadiran Tuhan dalam hidup manusia
YESUS KRISTUS adalah SAKRAMEN DASAR, karena seluruh hidup YESUS KRISTUS menghadirkan Allah kepada manusia. Rahmat dan kasih Allah menjadi nyata dalam diri YESUS KRISTUS.
Pembaptisan: KGK 1213–1284
Penguatan, juga disebut Krisma (KGK 1289): KGK 1285–1321
Ekaristi: KGK 1322–1419
Rekonsiliasi(umumnya disebut "Pengakuan Dosa"):KGK 1422–1498
Pengurapan orang sakit: KGK 1499–1532
Imamat: KGK 1536–1600
Pernikahan: KGK 1601–1666
Sakramen Baptis/ Permandian
“ Dan kemudian para katekumen (calon baptis) dibawa kepada kami dimana ada air, dan kemudian mereka lahir kembali dengan cara yang sama seperti kami sendiri telah dilahirkan kembali.” Martir Justin (sebelum 165 M)
"Then the catechumens are brought by us to where there is water, and they are reborn into the same manner in which we ourselves were reborn." -- Justin Martyr (before 165 AD)
Telah Diramalkan Dalam Kitab Perjanjian Lama
Yeh36:25 ; 1Pet3:20-21
Yohanes Pembabtis mempersiapkan ‘jalan’
Mrk1:4 ; 8 ; Kis1:5 ; Kis11:16 ; Kis19:4
Dilanjutkan oleh Para Rasul
Yoh4:2
Di Dalam Nama KRISTUS
Kis2:38 ; Kis8:16 ; Kis10:48 ; Kis19:5 ; Why14:1 ; Why22:4
Di Dalam Nama Trinitas
Mat28:19
Untuk Semua Manusia
Mat28:19 ; Mrk16:15-16 ; Luk24:47 ; Kis2:38
Dibaptis ke Dalam KRISTUS
1Kor12:13 ; Gal3:27
Dibaptis Dalam Kematian-Nya
Rom6:3
Dibaptis Untuk Memperoleh Hidup Yang Baru
Rom6:4 ; Tit3:5
Dibaptis Dengan Air dan ROH KUDUS
Yoh3:5 ; Ef5:26 ; Tit3:5
Hanya Ada Satu Baptisan
Ef4:5
Mengapa Pembaptisan Sangat Perlu
Mrk16:16 ; Yoh3:5
Untuk Penebusan / Pengampunan Kita
1Yoh5:6
Yang Menyucikan
1Kor6:11 ; Ef5:26
Yang Membenarkan
1Kor6:11
Kepastian Akan Kebangkitan Kita
Rom6:3-5 ; 1Kor15:29
Pemberian Cuma-Cuma Dari Tuhan
Tit3:5
Menghapuskan Dosa
1Pet3:21 ; Kis2:38 ; Kis22:16
Sakramen Pengakuan Dosa/Tobat
Berdamai / Bersatu Kembali Dengan Allah (Rekonsiliasi) / Pengakuan Dosa
Tuhan Mengampuni Dosa
Mrk2:7 ; Luk5:21
KRISTUS Mempunyai Kuasa Untuk Mengampuni Dosa
Mat9:6 ; Mrk2:10 ; Luk5:24 ; Kol3:13
Tentang Pengakuan Dosa yang diajarkan oleh KRISTUS
Yoh20:22-23
Pengampunan harus melalui KRISTUS
2Kor2:10
Adalah Untuk Berdamai Kembali Dengan KRISTUS
2Kor5:18
Perdamaian / Penyatuan Ini Berasal Dari KRISTUS
Rom5:11 ; Kol1:20 ; Ibr1:3
Kekuasaan Untuk Mengampuni Telah Diberikan Oleh KRISTUS
Yoh20:23 ; 2Kor5:18
Tingkatan Dosa (Yang Membawa Maut atau Yang Dapat Dimaafkan ?)
1Yoh5:16
Penalti / Silih, Mendamaikan dan Mempersatukan Kembali Pendosa kepada Persatuan Orang Orang Percaya
2Kor2:5-8
"Jikalau Kamu Mengampuni Dosa Orang, Dosanya Diampuni."
Yoh20:22-23
Mengikat di Dunia dan di Surga.
Mat18:18
Wadah Bagi Perdamaian / Penyatuan Kembali Dengan Tuhan
2Kor5:18
Pengampunan Dosa, Menyembuhkan Penyakit, Pengakuan Dosa.
Yak5:14-16
Sakramen Ekaristi
“Orang yang paling menentang upacara Kristen pun mengakui bahwa jika Gereja Katholik tidak mempelopori perjamuan roti dan anggur, maka orang lain pasti akan melakukannya.” G. K. Chesterton
"The most ferocious opponent of the Christian ceremonials must admit that if Catholicism had not instituted the bread and wine, somebody else would most probably have done so." G. K. Chesterto
Dinamakan Perjamuan Makan Malam Tuhan
1Kor11:20
Disebut Agape (Pesta Cinta Kasih)
Yudas 12
Disebut Dengan Peristiwa Pemecahan Roti
Kis2:42
Dijanjikan Oleh KRISTUS
Yoh6:27-59
Dimulai / Diajarkan Oleh KRISTUS
Mat26:26-29 ; Mrk14:22 ; Luk22:15-20 ; 1Kor11:23-25
KRISTUS Benar Benar Hadir
Mat26:26 ; Mrk14:22 ; Luk22:19 ; Yoh6:35 ; Yoh6:41 ; Yoh6:51-58 ; 1Kor11:27-29
Peringatan akan Kalvari
Mat26:28 ; Luk22:19-20 ; 1Kor10:16 ; 1Kor11:25-26
Mempersatukan Kita Dalam KRISTUS
Kis2:42 ; Rom12:5 ; 1Kor10:17
Diperbolehkan Menerima Salah Satu Wujud Suci, Hanya Roti atau Anggur Saja
Luk24:30 ; Yoh6:51 ; Yoh6:57-58 ; Kis20:7 ; 1Kor10:17 ; 1Kor11:27
Sumber kehidupan Kekal Dalam Tuhan
Yoh6:27 ; Yoh6:33 ; Yoh6:50-51 ; Yoh6:58 ; 1Kor11:30
YESUS Adalah Roti Kehidupan
Yoh6:35-51
Inilah Tubuh-Ku Inilah Darah-Ku
Mat26:26-27 ; Mrk14:22-24 ; Luk22:19-20 ; 1Kor10:24-25
Akibat Yang Serius Dari Dosa Terhadap Tubuh dan Darah
1Kor11:26-30
Dialog Panjang tentang Ekaristi, YESUS Benar-Benar Hadir, Dimana YESUS Secara Jelas Mengatakan “Tubuh Dan Darah-Ku”
Yoh6:32-58
Sakramen Krisma/ Penguatan
Pengurapan. Simbol dari pengurapan dengan minyak yang juga adalah pertanda ROH KUDUS, sehingga menjadi satu dalam ROH KUDUS. Dalam inisiasi sebagai seorang Kristen, pengurapan adalah tanda sakramen dari pernyataan Setuju (Konfirmasi), disebut “peng-Khrisma-an” di Gereja Gereja di Timur. Makna dan Kekuatan Sesungguhnya hanya bisa didapat bila dipersatukan dengan pengurapan yang dilakukan oleh ROH KUDUS, oleh YESUS. Krisus (dalam bahasa Yahudi “Mesias”) berarti Dia “Yang Diurapi” oleh ROH KUDUS. – Katekismus Gereja Katholik
Anointing. The symbolism of anointing with oil also signifies the Holy Spirit, to the point of becoming a synonym for the Holy Spirit. In Christian initiation, anointing is the sacramental sign of Confirmation, called "chrismation" in the Churches of the East. Its full force can be grasped only in relation to the primary anointing accomplished by the Holy Spirit, that of JESUS. CHRIST (in Hebrew "messiah") means the one "anointed" by God's Spirit. -- The Catechism of the Catholic Church
ROH KUDUS Tinggal Dalam Diri Kita
Yoh14:17 ; Kis2:4 ; Kis10:44
Dijanjikan Oleh KRISTUS
Yoh14:16 ; Yoh14:26 ; Yoh15:26
Dianugerahkan Dengan Menumpangkan Tangan
Kis8:17 ; Kis19:6
Berbeda Dari Baptisan
Kis8:15
Diterima Sebelum Dibaptis
Kis10:44
Diterima Setelah Dibaptis
Kis2:38 ; Kis8:14-17 ; Kis19:5-6
Sakramen Perkawinan
Dipersatukan Oleh Tuhan Allah
Kej1:28 ; Kej2:18 ; Tob8:5-7 ; Mat19:6
Hubungan Dalam Pernikahan menyerupai KRISTUS dan Gereja-Nya
Ef5:21-23
Dua Menjadi Satu Daging
Kej2:23-24 ; Mat19:3-6 ; Ef5:31
Hendaknya saling menghormati satu sama lainnya
1Kor7:4 ; Ef5:21-25 ; Ef21:33 ; Kol3:18-19
Persatuan Itu Kudus
1Kor7:13-14 ; Ef5:25-26
Supaya Mendapatkan Anak
Kej1:28
Perpisahan hanya Baik Untuk Jangka Waktu Pendek
1Kor7:1-5
Anak Anak Adalah Berkat Dari Tuhan
Kej24:60 ; Kej30:1-3 ; Mzm127:3 ; 1Sam1:6 ; Luk1:25
Perceraian Itu Dilarang
Mat5:32 ; Mat19:9 ; Mak10:2-12 ; Luk16:18 ; 1Kor7:10
(Hanya) Kematian (Yang Bisa) Memutuskan Pernikahan
Rom7:2 ; 1Kor7:39
Panggilan Selibat, Beberapa Orang Dipanggil Untuk Hidup Selibat (Paulus dan Banyak Pewarta Yang Lain Tidak Menikah, YESUS Tidak Menikah)
Mat19:12 ; 1Kor7:25
Pembatalan atau Perceraian? Kita harus mengerti perbedaannya
Salah satu kesalah-pahaman yang paling umum tentang Ajaran Katholik adalah perbedaan antara Pembatalan dan Perceraian. Kadang-kadang orang menyamakan Pembatalan dengan Perceraian Katholik – Tidak ada lagi yang bisa lebih keliru. Bagi Orang Katholik tidak Ada Perceraian (lihat Mat5:32 ; Mat19:9 ; Mrk10:2-12 ; Luk16:18 ; 1Kor7:10). Pembatalan adalah Sebuah Pernyataan dari Gereja bahwa sebuah Sakramen Pernikahan tidak pernah terjadi / berlangsung.
One of the most common misunderstandings about Catholic teaching is the difference between an annulment and a divorce. Often people say an annulment is just a Catholic divorce -- nothing could be further from the truth. To Catholics there is no divorce (ref Mat5:32 ; Mrk10:2-12). An annulment is a statement by the Church that a sacramental marriage has never taken place.
Ambillah contoh seseorang yang dipaksa untuk menikah. Gereja akan mengatakan bahwa itu bukanlah pernikahan Kristen yang Sah. Hukum Sipil juga mengatakan hal yang sama. Pernikahan dibawah todongan senjata bukanlah pernikahan Kristen yang Sah.
Take for example someone who is forced into a marriage. The Church would say that is not a Christian marriage. Civil law is exactly the same. A shotgun wedding is not a Christian marriage.
Bagi orang Kristen ada beberapa alasan lagi untuk mendapatkan pembatalan. Gereja selalu mengajarkan bahwa pernikahan harus bersifat terbuka untuk mendapatkan anak. Jika satu pasangan menikah tapi tidak mempunyai niatan untuk memiliki anak, maka Gereja bisa memutuskan bahwa pernikahan ini tidak sacramental dan tidak bermakna. (Hati-hati untuk tidak mengartikan bahwa engkau harus mempunyai anak untuk dapat dikatakan memiliki pernikahan yang sah – engkau hanya diharuskan untuk bersikap terbuka untuk mendapatkan anak.
For Christians there are other reasons for granting an annulment. The Church has always taught that a marriage should be open to children. If a couple gets married but has no plans for children, then the Church might rule that marriage is not sacramental and is in fact null. (Be careful not to read this to mean you must have children to have a valid marriage -- you must only be open to children.)
Pembatalan adalah sebuah pernyataan dari Gereja bahwa sebuah Sakramen Pernikahan tidak pernah terjadi. Perceraian adalah sebuah pernyataan dari lembaga sipil bahwa sebuah pernikahan telah berakhir.
An annulment is a statement by the Church that a sacramental marriage did not occur. A divorce is a statement by a civil authority that a marriage is dissolved.
Sakramen Pengurapan Orang Sakit
Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan, Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni. – Yak5:14-15
Is anyone among you sick? He should summon the presbyters of the church, and they should pray over him and anoint (him) with oil in the name of the Lord, and the prayer of faith will save the sick person, and the Lord will raise him up. If he has committed any sins, he will be forgiven. - James 5:14
Minyak Yang Digunakan Untuk Mengurapi Orang Sakit
Mrk6:13 ; Yak5:14
Diterima Dengan Iman Dalam Doa
Yak5:15
Dalam Nama Tuhan
Yak5:14
Juga Mengampuni Dosa
Jas 5:15
Mengembalikan Kesehatan
Mrk6:13 ; Yak5:15
Sakramen Tahbisan
Tugas Dan Fungsi Imam Dalam Kitab Perjanjian Lama
Ul33:7-11
Keimamatan Melkisedek diatas Keimamatan Aaron
Ibr7:1-17 ; Ibr8:1-13
Melkisedek Menulis Tentang KRISTUS
Mzm110:4 ; Ibr5:6 ; Ibr5:10 ; Ibr6:20
Keimamatan KRISTUS Yang Sempurna
Ibr3:1-4 ; Ibr7:27 ; Ibr8:4-6 ; Ibr9:12-14 ; Ibr9:25 ; Ibr10:5
Pemanggilan Keduabelas Rasul
Mat10:1 ; Mat16:16-19 ; Luk6:13 ; Luk22:32 ; Yoh21:15-17
Berkat Untuk Para Rasul
Yoh20:22
Pengutusan Para Rasul (Karya Kerasulan)
Mat28:19 ; Mrk16:15 ; Luk24:47 ; Yoh20:21
Penumpangan Tangan Sebagai Tanda Untuk Meneruskan Keimamatan
1Tim4:14 ; 1Tim5:22 ; 2Tim1:6 ; Tit1:5
Tugas dari Seorang Imam
Mal1:11 ; Mat28:19 ; Yoh20:23 ; 1Kor11:24 ; Yak5:14
Tingkatan Autoritas
1Kor12:28 ; Ef4:11 ; 1Tes5:12 ; Yak3:1
Keimamatan Orang Percaya
Ef2:19-20 ; 1Pet2:5 ; 1Pet2:9
Berdoalah Untuk Karya Ke-imamat-an
Mat9:37-38 ; Luk10:2
Keimamatan dalam Era Perjanjian Baru
Rom15:16
http://ekaristi.org/dokumen/dokumen.php?subaction=showfull&id=1140381976&archive=&start_from=&ucat=1&
http://en.wikipedia.org/wiki/Sacraments_of_the_Catholic_Church
Tidak ada komentar:
Posting Komentar