Kamis, 18 Agustus 2011

Angel, Angelo, Angelus, Malaikat

 ## Para Malaikat Agung ##

Malaikat diciptakan sebagai penyampai pesan Tuhan. Tuhan menciptakan 9 urutan balatentara surga ini: Seraphim, Cerubhim, Tahta, Penguasa, Keutamaan, Kekuatan, Kerajaan, Malaikat Agung, dan Malaikat (Grimoires Paus Honorius).
1. Seraphim
Artinya yang bernyala-nyala. Mereka memiliki nyala kasih yang paling berkobar di hadapan Tuhan dengan pemahaman yang sungguh mendalam. Wujud mereka menurut Kitab Wahyu pada Yohanes di Pulau Patmos: Mereka ada 4 orang, bersayap empat, satu seperti manusia, satu seperti kerbau, satu seperti elang, dan satu singa. Lucifer dulunya salah satu dari anggota ini.
2. Cerubhim (Kerub)
Artinya kesempurnaan dari kebijaksanaan. Kerubim berdiri di depan kebijaksanaan Ilahi dan merenungkan semua penyelenggaraan Tuhan dan semua makhluk ciptaannya. Konon, merekalah yang menjaga jalan masuk ke taman firdaus dimana Buah Kehidupan tumbuh.
3. Tahta
Melambangkan keadilan Tuhan. Mereka berdiri dengan memuji semua kuasa keadilan Tuhan
4. Penguasa
Nama yang melambangkan otoritas ini adalah pemimpin paduan suara yang lebih kecil.
5. Keutamaan
Nama ini menimbulkan kesan daya atau kekuatan. Mereka siap menerima perintah dari golongan Penguasa.
6. Kekuatan
Kelompok ini bertugas untuk melawan semua kuasa gelap yang merajai bumi.
7. Kerajaan
Melindungi kerajaan duniawi seperti negara dan kota-kota
8. Malaikat Agung
Menyampaikan pesan penting pada manusia (Misalnya Nubuat Kelahiran YESUS pada Maria oleh Malaikat Gabriel)
9. Malaikat
Malaikat biasa. Mereka menjadi pelindung setiap manusia yang hidupnya berkenan pada Tuhan.

Ada tujuh malaikat agung, yaitu Mikhael, Gabriel, Rafael, Uriel, Barrachiel, Sealtiel dan Yehudiel. Selain itu, ada juga beberapa nama lain yang kurang dikenal misalnya Raguel, Sariel, Anael, Metatron, Remiel, dan Raziel.

Raphael artinya Tuhan yang menyembuhkan. Ia hanya muncul dalam kitab Tobit (Hanya Alkitab Katolik yang berisi kitab ini. Ia menyamar menjadi pemuda yang menemani Tobit, bahkan ia sempat menyembuhkan ayah Tobit yang buta. Pemuda ini sangat alim dan taat beribadah sehingga Tuhan menyukainya. Ia berencana melamar seorang wanita yang bernama Sara Putri Raguel, namun konon itu akan terkendala suatu kutukan karena janda itu telah menikah sebanyak 7x tapi para suaminya meninggal secara misterius. Tobit memang sempat ketakutan, tapi Raphael dalam sosok seorang pemuda menenangkan dia. Raphael mengajaknya ke tepi kolam, dan tiba-tiba muncullah seekor ikan raksasa yang hendak membunuh Tobit, namun entah kenapa Tobit bisa membunuhnya dan Raphael menyarankan untuk mengambil limpa ikan itu. Akhirnya acara perkimpoian pun selesai, dan sewaktu hendak malam pertama (ML) datanglah iblis yang selama ini menjadi biang kerok yaitu Asmoday . Tobit atas perintah Raphael, menyiapkan arang dan membakar limpa itu, sehingga asapnya yang membumbung membuat sang Iblis kesakitan dan ia lari ke Mesir. Raphael dengan kekuatannya berhasil mengejar Asmoday dan iblis itu pun diikat disana. Meskipun ia diklaim sebagai seorang Kerubim, Keutamaan, dan Kekuatan, ia juga pemimpin dari Kerajaan dan dapat dikatakan sebagai kepala dari para malaikat pelindung. Ia ahli dalam bidang kesehatan, mengajarkan Nabi Nuh cara membuat Bahtera, dan mengajarkan Salomo untuk memperbudak Iblis guna membangun Bait Tuhan. Wujudnya adalah seorang pemuda tampan yang membawa tongkat kayu.

Doanya seperti ini:
Rafael Penjaga Sakramen Tobat

Rafael membawa wadah minyak pengurapan. Ikan melambangkan jiwa dan minyak melambangkan penyembuhan melalui sakramen pengakuan dosa. Ikan juga mengingatkan akan perlindungan yang ia berikan pada Tobit muda atas iblis Asmoday dan penyembuhan atas ayahnya yang buta (Lihat kitab Tobit dalam perjanjian lama; hanya Al-kitab Katolik yang berisi kitab ini)

Sang Malaikat Agung, kau adalah Rafael Sang Penyembuh, Penunjuk Arah, meskipun manusia dalam kesedihan dan kesusahan. Santo Rafael, malaikat kesehatan sebagai bukti cinta dan kesukaan Cahaya Tuhan, doakanlah kami!

~Disadur dari kaplet St Rafael.
Malaikat Suci Rafael, bantulah kami dengan balatentara malaikatmu! Kiranya kekuatan dan cintamu tumbuh pada kami. Yakinkan kami jika cinta Tuhan akan menguasai hati kami dan memenangkan semua kebencian dan kekotoran yang disebarkan roh jahat di dunia ini.



Nama malaikat Raphael tidak kita temukan di Kanon pertama dari Alkitab tetapi nama Raphael dapat kita jumpai di kanon kedua dari Alkitab (deuterokanonika) yaitu di Kitab Tobit selain ada di Kitab Henokh.

Tobit 3:17
Diutuslah Rafael untuk menyembuhkan kedua-duanya, yaitu dengan menghapus bintik-bintik putih dari mata Tobit sehingga ia dapat melihat cahaya ELOHIM dengan matanya sendiri, dan dengan memberikan Sara anak Raguel kepada Tobia bin Tobit sebagai istri dan dengan melepaskannya dari Asmodeus, setan jahat itu. Memang Tobia lebih berhak memperoleh Sara dari semua orang lain yang ingin mengambilnya. Pada saat yang sama Tobit kembali dari pelataran itu masuk kerumahnya dan Sara anak Raguel turun dari bilik atas itu.

Dari Kitab Tobit ini, kita mengenal nama salah satu setan jahat yang bernama Asmodeus.

Nama Rafael = Raphael berasal dari kata Rapha - El yang berarti Rapha = menyembuhkan, penyembuh; El, ELOHIM = Tuhan, jadi Raphael berarti Tuhan yang menyembuhkan, Tuhan sang Penyembuh.

Santo Gabriel, Malaikat Agung yang disebut dalam Injil. Hanya empat kali kehadirannya yang dicatat: Dalam kitab Daniel, malaikat ini menjelaskan penglihatan tentang banteng yang melambangkan kehancuran kerajaan Persia akibat ulah Aleksander Agung. Ia juga meramalkan jika kerajaan itu akan dibagi diantara jendral mereka, termasuk yang bernama Antiochus Ephiphanes. Daniel juga diberitahukan oleh laki-laki yang bernama Gabriel yang “terbang dan dengan lembut menyentuh dia”, dan meramalkan mengenai 70 minggu sebelum kedatangan KRISTUS. Ia adalah malaikat Inkarnasi dan juga dikenal sebagai malaikat belas kasihan (Mikael dikenal sebagai malaikat keadilan), dan kitab Taurat mengenal malaikat ini sebagai penghancur Sodom dan Gommorah dan sebagai malaikat yang membantu penguburan Nabi Musa.

St. Gabriel penjaga sakramen Baptis

Gabriel adalah Malaikat Agung yang melambangkan kabar gembira dan kemenangan inkarnasi melawan dosa dan maut. Ia sering digambarkan memegang bunga lily yang melambangkan jiwa murni yang melalui sakramen baptis dan sakramen tobat, dua sakramen yang hanya dihasilkan oleh penebusan. Benderanya melambangkan kasih sayang Bunda Suci yang universal.


Bapa di surga, melalui keagungan Gabriel kami menerima Inkarnasi Putra Tunggal-Mu. Melalui bantuannya kami mengenal dan meneladan Bunda Kebenaran Suci yang menjawab: “Jadilah padaku menurut perkataanmu”. St. Gabriel, ajaklah kami untuk memuji Bapa atas hadiah berupa Putra-Nya, dan mari kita berdoa semoga kita satu dalam rahmatnya, melalui Bunda-Nya, kita akan menjadi satu dalam gereja atas satu gembala

~Berdasarkan kaplet St. Gabriel.
Santo Gabriel yang suci, bantulah kami dengan balatentara malaikatmu! Bantulah kami menjadi pelayan Tuhan yang baik! Bantulah kami untuk menjaga dan mempertahankan murninya pembaptisan sehingga kami mampu menjadi pelayan Dia. Saat kami jatuh, arahkan kami sehingga kami dapat pulih. Melalui bantuanmu, semoga jiwa kami menjadi tempat kedamaian dimana Tuhan dapat beristirahat.

Mikael artinya Seperti Tuhan. Ia adalah malaikat perang melawan iblis dan pengikutnya. Malaikat Gabriel memberitahu pada Daniel, saat ia memohon pada Tuhan untuk membawa bangsa Yahudi kembali ke Yerusalem: “Kerajaan Persia menentang aku... dan, datanglah Mikael, salah satu dari Pangeran Kepala datang menolongku”. Malaikat itu kemudian membicarakan mengenai akhir dunia, para Anti KRISTUS berkata: Dalam waktu itu Mikael bangkit, sang pangeran agung, yang berdiri di depan anak-anak manusia. Dalam Wahyu 12:7 “Dan terjadilah perang besar di surga, Mikael dan malaikat-malaikatnya bertarung melawan naga”. Ada yang mengatakan jika ia adalah salah satu dari Kerub yang menjaga pohon kehidupan. Ia dapat dimohon untuk: bertarung melawan iblis, menyelamatkan jiwa-jiwa dari neraka pada saat sakratul maut.

Michael, Penjaga Sakramen Suci Ekaristi

Ia adalah pemimpin balatentara surga, sebagai seorang prajurit ia tidak hanya melindungi jiwa-jiwa tetapi juga melindungi kita dari musuh dan melindungi Tuhan Kita, dalam sakramen suci. Ia memiliki kuasa untuk menghukum siapapun yang berdosa melawan sakramen ini.

St. Mikhael malaikat agung, bantulah kami dalam perang dan dalam tipu daya kejahatan Iblis. Semoga Tuhan menghukum mereka, dan kau Sang Pangeran Balatentara Surga, dengan kekuatan Tuhan, lemparkanlah ke neraka semua iblis dan roh jahat yang berkelana di dunia hendak membinasakan jiwa-jiwa.

~Dibuat oleh Paus Leo XIII setelah mendapatkan penglihatan di dalam gereja:
St. Mikhael yang suci bantulah kami dengan segala malaikat sucimu. Ajari kami untuk mempertahankan iman di tengah kegelapan ini. Ajari kami untuk mempertahankan jiwa kami dan jiwa sesama kami. Ajari kami untuk menang dalam kesunyian dan patuh pada Tuhan. Ajari kami untuk mencintai Maria, Ratu Para Malaikat

St. Uriel Penjaga Sakramen Krisma

Ia membawa pedang kebenaran bagi prajurit KRISTUS, yaitu kita melalui sakramen ini. Api mengingatkan akan turunnya ROH KUDUS pada pentekosta dan bara yang merupakan karunia ROH KUDUS. Mengingatkan kita jika hati harus dibakar dengan cinta tersuci pada Tuhan seperti para seraphim, seperti Hati Suci YESUS dan Maria. Santo Uriel membawa neraca yang melambangkan penilaian tindakan kita. Itu juga melambangkan neraca milik Keadilan Sejati yang akan menimbang kita di hari penghakiman. Dia kurang dikenal dalam alkitab, tapi ada lukisan Maria dan YESUS yang lagi mainan sama Uriel. Malaikat agung Uriel yang memerintah Pemerintahan dan Kedamaian. Namanya dapat berarti Cahaya Tuhan. Uriel membawa pedang yang menjaga Taman Eden. Wujudnya adalah seorang laki-laki yang membawa pedang menyala. Dalam kitab Enoch ia dipanggil malaikat Petir dan Terror. Dia diidentifikasi sebagai Seraphim dan Cherub sekaligus, ia dikenal dalam kitab Wahyu yang memanggil para burung untuk membinasakan para Iblis, yang memperingatkan Nuh akan air bah.

Doanya kayak gini: Santo Uriel, bantulah kami dengan balatentara malaikatmu! Buatlah hati kami terbakar dengan nyala Hati Tersuci. Bantulah kami untuk menggunakan sakramen penguatan Krisma yang merupakan karunia dari ROH KUDUS sehingga semakin berbuah dalam jiwa kami. Berikan kami berkat dari Pedang Kebenaran untuk menghalau semua yang menentang Harapan Tuhan dalam hidup kami, sehingga kami layak bergabung dalam tentara surgawi.

Yehudiel Penolong Sakratul Maut dan Sakramen Perminyakan Suci.

Santo Yehudiel membawa sebuah mahkota yang membara, melambangkan penebusan dan belas kasih Tuhan dan mahkota kemenangan yang menunggu di kehidupan selanjutnya. Juga melambangkan penderitaan kita yang ditanggung dalam diri Tuhan YESUS.

Doanya kayak gini: Santo Yehudiel, kau sangat kuat dan mengalahkan Iblis Belzebub. Datanglah dan bantulah kami dengan balatentara malaikatmu! Temani kami dalam peperangan melawan serangan dari neraka yang mengancam Bunda Suci dan Gereja. Jagalah kami dalam sakratul maut dengan kekuatan kehadiranmu. Pertahankanlah kami sehingga kami tidak menghilang tanpa sakramen terakhir sehingga kami siap berdiri untuk menghadapi Hari Akhir. Lepaskan rasa iri dari hati kami melalui kekuatan Tuhan yang kau miliki, sehingga kami bisa sepertimu, memuji kemuliaan Tuhan di kehidupan ini dan yang akan datang.

Santo Sealtiel, penjaga Misa Ekaristi Suci.

Ia membawa dupa melambangkan doa dan penyerahan pada Pengorbanan Tuhan dalam misa.

“Dan malaikat lain datang dan berlutut di dean altar dengan pedupaan emas, dan disana diberikan padanya pedupaan, yang berisi doa semua santo dan santa di depan altar emas, dekat dengan Singasana Tuhan. Asap doa para santo dan santa dari pedupaan naik dari tangan para malaikat itu” Wahyu 8:3-4

Santo Sealtiel datanglah dengan bala bantuan malaikatmu! Datanglah dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Belas Kasih, datanglah ke pendoa yang hina ini; dan buatlah aku mengetahui misteri surga melalui Belas Kasih-Nya yang tak terbatas, menjadi pelayan altar-Nya. Doakan kami kami pada YESUS, semoga para imam memiliki hati yang sama dengan Hati-Nya!

Malaikat Agung Cammuel yang berarti “Orang Yang Melihat Tuhan”, ia adalah malaikat cinta dan penjaga pintu Surga. Ia adalah kepala dari Order Kekuatan dan memiliki wujud sebagai prajurit dengan sayap hijau besar, berpakaian kulit merah dan armor hijau, berhelm besi.

Malaikat Agung Cammuel yang berarti “Orang Yang Melihat Tuhan”, ia adalah malaikat cinta dan penjaga pintu Surga. Ia adalah kepala dari Order Kekuatan dan memiliki wujud sebagai prajurit dengan sayap hijau besar, berpakaian kulit merah dan armor hijau, berhelm besi.

Jophiel (Kecantikan Tuhan) adalah salah satu dari Cerubhim, Jophiel dikenal akan tindakannya mengusir Adam dan Hawa setelah mereka berdua makan buah terlarang. Ia juga bertugas menjaga Pohon Kehidupan dari sebelah kanan dengan menggunakan pedang api yang mencegah manusia untuk menerobos masuk.


Metatron adalah malaikat dengan tubuh paling tinggi dan saudara kembar Malaikat Agung Sandalphon. Ia muncul dalam bentuk cahaya sempurna terang, namun ia kadang menunjukkan diri dalam bentuk malaikat api dengan 36 sayap dan memegang gulungan.

Raguel (Teman Tuhan) adalah bagian dari Order Keutamaan. Ia bertugas mengawasi tingkah laku sesame malaikat. Ia merupakan malaikat es dan salju, yang mengkomando malaikat lain dalam Pengadilan Terakhir.

Raziel (Rahasia Tuhan) adalah salah satu dari Cerubhim dan diberi anugrah mengenai pengetahuan yang masih misteri. Malaikat Rahasia dan Misteri ini membantu Enoch dan memberi petuah pada Nuh saat membangun kapal raksasa, namun Nuh tidak menulisnya. Ia adalah kepala dari Order Tahta.

Remiel (Belas Kasihan Tuhan) adalah penguasa para jiwa yang menanti kebangkitan. Malaikat ini membawa jiwa-jiwa untuk diadili. Remiel berarti Tuhan Yang Membangkitkan. Ia juga malaikat harapan. Ia adalah malaikat yang dapat menunjukan penglihatan yang sebenarnya, karena ia pernah memberikan penglihatan pada Baruk untuk menghancurkan musuhnya yang bernama Senaserib. Ia memimpin jiwa yang baik menuju surga bersama dengan Mikael. Ia adalah kepala dari Order Keutamaan, namun ada yang mengatakan jika ia adalah salah satu dari Fallen Angel…

Sandalphon memiliki tubuh sangat tinggi dan berpakaian hitam, pakaian yang terbuat dari energi murni. Namanya berarti “saudara laki-laki” dan merupakan saudara kembar Malaikat Metatron. Ia adalah kepala koor surgawi yang bertugas sebagai composer.

Sariel (Perintah Tuhan) yang bekerja bersama Raquel. Seraphim ini mengontrol maut dan kematian, mungkin ia adalah malaikat maut dalam Islam. Ia juga penyembuh seperti Raphael, malaikat pengetahuan, dan Jendral Balatentara Surga (karena itu jaman dahulu namanya diukir dalam tameng setiap kerajaan yang akan berperang). Meskipun tidak ada catatan pasti, ada yang mengatakan jika ia adalah salah satu dari malaikat pemberontak.

Zadkiel (Kebenaran Tuhan adalah kepala dari Keutamaan. Ia juga dianggap sebagai malaikat belas kasih. Ia adalah malaikatt yang menahan tangan Abraham supaya tidak mengorbankan anaknya. Ia juga merupakan anak buah Mikael (bersama dengan Zophiel) dalam memimpin balatentara surga.



Lucifer:
Fallen Angels
Inilah asal-usul iblis/setan

Mereka sebenarnya adalah sekelompok malaikat Tuhan yang jatuh dalam dosa pemberontakan yang dipimpin oleh Lucifer. Lucifer dikenal sebagai penghulu malaikat pujian yang bertugas memuji dan menyembah Tuhan. Lucifer telah menyeret 30% malaikat Tuhan ke dalam pemberontakan ini


    * Tentang Kisah pemberontakan ini 

Isa 14:12-15

(12) "Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!

(13) Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.

(14) Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!

(15) Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur.

    * Tentang pujian dan penyembahan : 

Nabi Yesaya menjelaskan bahwa malaikat ini adalah malaikat yang bertugas memuji dan menyembah Tuhan dalam Yesaya 14 : 11

Mereka digambarkan sebagai malaikat2 yang indah dan penuh kemegahan dan gambus2 adalah instrumen musik mereka

Isa 14:11 Ke dunia orang mati sudah diturunkan kemegahanmu dan bunyi gambus-gambusmu; ulat-ulat dibentangkan sebagai lapik tidurmu, dan cacing-cacing sebagai selimutmu."

    * Tentang nama Lucifer

Istilah Lucifer pertama kali muncul dalam Kitab Latin Vulgata (Vulgate) hasil terjemahan Saint Jerome pada tahun 382-405

Isa 14:12

(12) quomodo cecidisti de caelo lucifer qui mane oriebaris corruisti in terram qui vulnerabas gentes



he?yle?l

hay-lale'

Dalam bahasa Ibrani, kata yang dipakai adalah ???? ‘eill’ (heylel, hay-lale) yang berarti the morning star (in the sense of brightness), bintang timur yang cemerlang.

Dalam bahasa latin, Lucifer memiliki arti yang sama dengan bahasa Ibrani.



eill ,heylel, hay-lale

Latin :

Lucifer

Inggris:

the morning star (in the sense of brightness)

Indonesia:

Bintang Timur, cerah cemerlang

Beberapa referensi nama Lucifer dapat dilihat di kamus online sbb:


   1. Lihat Disini

lucifer              N      2 3 NOM S M

lucifer              N      2 3 VOC S M

Lucifer, Luciferi  N (2nd) M   [EEXDX]    Later  lesser

Lucifer, Satan;

lucifer, luciferi  N (2nd) M   [XXXDX]    lesser

               morning star, day star, planet Venus;
              bringer of light;

lucifer              ADJ    1 2 NOM S M POS

lucifer              ADJ    1 2 VOC S M POS

lucifer, lucifera, luciferum  ADJ   [XXXDX]    lesser

               light bringing;



lucifer -fera -ferum [light-bearing , light-bringing];
m. as subst. [the morning star].



lucifer -fera -ferum, light-bearing, light-bringing;

m. as subst. the morning star.



* Tentang menyeret 1/3 dari malaikat Tuhan

Rev 12:4a

(4a) Dan ekornya menyeret sepertiga dari bintang-bintang di langit dan melemparkannya ke atas bumi

    * Kapankah Lucifer jatuh 


Mereka jatuh sesaat setelah penciptaan langit dan bumi, da sesaat sebelum manusia diciptakan.

Jatuhnya malaikat2 ini kedalam dosa pemberontakan dapat dilihat pada Kejadian 1 :1-4

Gen 1:1-4 LAI ITB 1974 (Indonesia Terjemahan baru)

(1) Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.

(2) Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

(3) Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.

(4) Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.



English KJV (King James Version)


Gen 1:1-4

(1) In the beginning God created the heaven and the earth.

(2) And the earth was without form, and void; and darkness was upon the face of the deep. And the Spirit of God moved upon the face of the waters.

(3) And God said, Let there be light: and there was light.

(4) And God saw the light, that it was good: and God divided the light from the darkness.


Latin Vulgate (Saint Jerome)


Gen 1:1-4

(1) in principio creavit Deus caelum et terram

(2) terra autem erat inanis et vacua et tenebrae super faciem abyssi et spiritus Dei ferebatur super aquas

(3) dixitque Deus fiat lux et facta est lux

(4) et vidit Deus lucem quod esset bona et divisit lucem ac tenebras



Pada awal kisah penciptaan bumi (a whole universe), sesaat setelah Tuhan menciptakan

(1) Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.

(2) :

(2a) Bumi belum berbentuk dan kosong---

Perhatikan, ayat 2b kemudian tiba2

(2b) gelap gulita menutupi samudera raya

    * Bukankah Allah itu Terang? 


(Joh 1:9)

Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.

(Joh 8:12)

Maka YESUS berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

(Joh 9:5)

Selama Aku di dalam dunia, Akulah terang dunia."

(Yak 1:17)

Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.

    * Mengapa ada ‘gelap gulita menutupi samudera raya’?


 Mengapa ada kegelapan dalam hasil ciptaan Allah? Apakah Allah menciptakan kegelapan? Ataukah hasil ciptaan Allah tidak sempurna?

Allah adalah sempurna tidak bercacat cela, demikian pula hasil ciptaanNya pada mulanya

Beberapa referensi ayat mengenai kesempurnaan Allah :

Gunung Batu, yang pekerjaan-Nya sempurna, karena segala jalan-Nya adil, Allah yang setia, dengan tiada kecurangan, adil dan benar Dia.

(Deu 32:4)

Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; sabda TUHAN itu murni; Dia menjadi perisai bagi semua orang yang berlindung pada-Nya.

(2Sa 22:31)

(18-31) Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; janji TUHAN adalah murni; Dia menjadi perisai bagi semua orang yang berlindung pada-Nya.

(Psa 18:30)

(19-8) Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman.

(Psa 19:7)

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

(Mat 5:48)

Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

(Joh 17:23)

Sebab apa yang telah difirmankan-Nya, akan dilakukan Tuhan di atas bumi, sempurna dan segera."

(Rom 9:28)

Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa KRISTUS turun menaungi aku.

(2Co 12:9)

Sebab itu sejak waktu kami mendengarnya, kami tiada berhenti-henti berdoa untuk kamu. Kami meminta, supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar, untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna,

(Col 1:9)

Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka.

(Heb 7:25)

Sebab hukum Taurat menetapkan orang-orang yang diliputi kelemahan menjadi Imam Besar, tetapi sumpah, yang diucapkan kemudian dari pada hukum Taurat, menetapkan Anak, yang telah menjadi sempurna sampai selama-lamanya.

(Heb 7:28)

Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.

(Jam 1:17)

    * Kemudian, darimanakah kegelapan atau ketidak sempurnaan itu berasal


Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.

(Rev 12:9)

"Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!

(Isa 14:12)

    * Lucifer telah memberontak dan kehilangan Terang Kemuliaan Allah. 

Mereka telah menjadi gelap – malaikat kegelapan.

Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?

(2Co 6:14b)

Karena Allah adalah Terang dan padaNya tidak ada kegelapan, maka kegelapan tadi harus di usir dari hadirat Allah. Mereka diusir dari Sorga kemudian dilempar ke bumi

Perhatikan Kejadian 1 : 4

(4b) .. lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.

Allah memisahkan antara terang dan gelap :

Malaikat terang yang masih memiliki kemuliaan Allah secara utuh, dipisahkan dari malaikat yang telah kehilangan kemuliaan Allah, yang telah memudar dan akhirnya menjadi gelap.

Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar,

(Mat 13:49)

Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing,

(Mat 25:32)

Tetapi ada beberapa orang yang tegar hatinya. Mereka tidak mau diyakinkan, malahan mengumpat Jalan Tuhan di depan orang banyak. Karena itu Paulus meninggalkan mereka dan memisahkan murid-muridnya dari mereka, dan setiap hari berbicara di ruang kuliah Tiranus.

(Act 19:9)

    * Mengapa dilempar ke bumi?


Karena tidak ada tempat lain selain bumi yang baru saja diciptakan saat Lucifer cs memberontak, sedangkan mereka memerlukan tempat tinggal sementara.

   4. Pekerjaan mereka


    * Mereka adalah pendakwa kita dihadapan Allah

Kemudian ia memperlihatkan kepadaku imam besar Yosua berdiri di hadapan Malaikat TUHAN sedang Iblis berdiri di sebelah kanannya untuk mendakwa dia.

(Zec 3:1)

Dan aku mendengar suara yang nyaring di sorga berkata: "Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita.

(Rev 12:10)

Lihat juga kisah Ayub.

Mengapa mereka mendakwa kita

Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan…(Joh 10:10a)

   5. Mereka tidak bisa diampuni



Lho bukankah manusia saja jatuh dalam dosa bisa diampuni, kog mereka tidak bisa diampuni?

Jawabnya adalah : semua malaikat adalah realitas roh, sedangkan manusia realitas fisik. Roh adalah kekal, sedangkan fisik itu tidak kekal. Maka semua malaikat (roh), mengerti akan sifat mereka yang kekal – tidak bisa mati. Adalah konsekuensi mereka bila melanggar, tidak akan diampuni.


Begini, manusia mendapat kesempatan bertobat untuk diampuni – dengan darah YESUS. Barangsiapa menerima YESUS sebagai Tuhan DAN Juruselamat, maka ia tidak akan mengalami kematian ke dua (kematian kekal – roh), meskipun dia mungkin akan mengalami kematian pertama (fisik).

Maaf, yang berikut mungkin melawan suatu doktrin :

Manusia mati sebelum bertobat dan tidak pernah mau menerima korban Darah YESUS. Menurut pengajaran Firman Tuhan dalam kitab suci, orang tadi akan dibawa ke dalam alam maut – bukan neraka (yang ini final destination – menunggu penghakiman akhir). Dalam alam maut yang adalah realitas kekekalan roh , dia baru sadar tenyata kesaksian Musa dan para nabi adalah benar. Sementara itu keluarganya yang masih hidup di bumi tetap dengan tekun mendoakan orang ini agar diterima oleh Bapa di Sorga. Kemudian dia menyesal dan bertobat – mau menerima YESUS sebagai Tuhan DAN Juru Selamat nya.

Mungkinkah orang ini diselamatkan dari alam maut?
Dia telah bertobat.
Dia telah didoakan.
Kurang apalagi?

Jawabnya : Palu sudah diketuk (baca kisah oang kaya dan Lazarus)

Demikianlah yang terjadi dg para malaikat yang memberontak, dia tidak akan pernah mendapat pengampunan, sebab mereka sudah hidup dalam realitas alam roh dan mengeti rahasia kebenaran sifat roh yang kekal.


   6. Hukuman bagi iblis/setan


Mereka akan dihukum di lautan api kekal yang menyala-nyala

Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.

(Mat 25:41)



Apakah Lucifer itu adalah NAMA SETAN?
Selama ini orang Kristen ketika mendengar kata Lucifer akan mempunyai bayangan adanya sosok mahluk hitam bermata lebar dan membawa tombak dan mengaku sebagai rajanya setan-setan atau dedengkotnya setan yang bernama LUCIFER. jadi Lucifer itu adalah sebuah Nama, apalagi dalam kitab Yesaya 14:12 dalam bahasa Inggris dikatakan: "How art thou fallen from heaven, O Lucifer, son of the morning! how art thou cut down to the ground, which didst weaken the nations!" dari ayat inilah Lucifer itu didapat. Sehingga orang berpikir bahwa Lucifer itu adalah "SEBUAH NAMA".

Tetapi apakah benar Lucifer itu adalah Nama? Mari kita lihat pada text kitab suci aslinya yang berbahasa Ibrani.
EK NAPALTA MISSAMAYIM HELEL BEN SHAHAR NIGDA'TA LA'ARETS HOLES AL-GOYIM (YESAYAH 14:12)
Di ayat ini kita temukan kata "helel", yang juga berarti "Bintang Fajar". Dalam ayat yang belakangan nama "Bintang Fajar" diberikan kepada raja Babilonia yang tirani, yang dikatakan oleh nabi akan jatuh. Ayat ini belakangan diberikan kepada raja setan, dan dengan demikian nama "Lucifer" kemudian digunakan untuk Setan.

Lucifer sebenarnya adalah bahasa latin yang berarti "Pembawa terang/ cahaya" (dari lux, lucis, "cahaya", dan "ferre", "membawa"), adalah sebutan untuk "Bintang Fajar" (planet Venus ketika muncul pada dini hari). Bintang Fajar: juga terdapat dalam 2 Kefa/ Petrus 1:19 untuk menerjemahkan kata bahasa Yunani (Fosforos), yang mempunyai arti harafiah yang persis sama dengan "Pembawa Cahaya" yang dimiliki "Lucifer" dalam bahasa Latin.

Jadi dengan demikian tahulah kita bahwa sebenarnya Lucifer itu bukanlah SEBUAH NAMA dari rajanya setantetapi segerombolan malaikat yang membawa terang atau malaikat-malaikat cahaya, atau malaikat terang yang tugasnya adalah memuliakan Bapa Yahweh tetapi malah memberontak karena ingin disembah menyamai Bapa Yahweh, sebagai bukti bahwa Malaikat2 yang jatuh itu adalah makaikat terang, coba kita lihat ucapan rabi Shaul atau rasul Paulus dalam 2 Korintus 11:14: "Dan tidak heran, karena setan sendiri menyamar sebagai malaikat terang" pernah nggak sdr merenung, mengapa begitu gampangnya setan bisa menyamar sebagai malaikat terang? Ya sangat gampang sekali karena memang asalnya adalah malaikat terang.

Jadi dengan demikian jelaslah sudah bahwa Lucifer itu bukanlah sebuah Nama dedengkot setan namun segerombolan malaikat terang yang jatuh karena memberontak.



Yes 14:12-17
"Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!
Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.
Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!
Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur.
Orang-orang yang melihat engkau akan memperhatikan dan mengamat-amati engkau, katanya: Inikah dia yang telah membuat bumi gemetar, dan yang telah membuat kerajaan-kerajaan bergoncang,
yang telah membuat dunia seperti padang gurun, dan menghancurkan kota-kotanya, yang tidak melepaskan orang-orangnya yang terkurung pulang ke rumah?

*****

Jika kita melihat dari ayat-ayat di atas,
Dapat ditarik kesimpulan :

1. Ada ciptaan Allah yang diberi nama 'Lucifer'
Lucifer artinya pembawa cahaya, bintang timur dan bergelar Putera Fajar.

2. Lucifer ini adalah ciptaan yang tidak lebih tinggi dari Allah pencipta.
Posisi sorgawinya bahkan hanya setara dengan 'bintang-bintang Allah'.

3. Lucifer ingin naik lebih tinggi daripada bintang-bintang Allah, ia ingin dilibatkan dalam segala pengambilan keputusan sorgawi dan ingin memiliki tahta yang setara dengan Yang Mahatinggi.

4. Akibat keinginannya itu, ia dipecahkan (kehilangan keindahan sebagai putera fajar dan pembawa cahaya) dan dijatuhkan dari langit (kehilangan posisi sorgawi) dan diturunkan ke dunia orang mati.

*****

Nah,
Ayat ini perlu disambung dengan ayat lain di Yeh 28:13-19

Yeh 28:13-19
Engkau di taman Eden, yaitu taman Allah penuh segala batu permata yang berharga: yaspis merah, krisolit dan yaspis hijau, permata pirus, krisopras dan nefrit, lazurit, batu darah dan malakit. Tempat tatahannya diperbuat dari emas dan disediakan pada hari penciptaanmu.
Kuberikan tempatmu dekat kerub yang berjaga, di gunung kudus Allah engkau berada dan berjalan-jalan di tengah batu-batu yang bercahaya-cahaya.
Engkau tak bercela di dalam tingkah lakumu sejak hari penciptaanmu sampai terdapat kecurangan padamu.
Dengan dagangmu yang besar engkau penuh dengan kekerasan dan engkau berbuat dosa. Maka Kubuangkan engkau dari gunung Allah dan kerub yang berjaga membinasakan engkau dari tengah batu-batu yang bercahaya.
Engkau sombong karena kecantikanmu, hikmatmu kaumusnahkan demi semarakmu. Ke bumi kau Kulempar, kepada raja-raja engkau Kuserahkan menjadi tontonan bagi matanya.
Dengan banyaknya kesalahanmu dan kecurangan dalam dagangmu engkau melanggar kekudusan tempat kudusmu. Maka Aku menyalakan api dari tengahmu yang akan memakan habis engkau. Dan Kubiarkan engkau menjadi abu di atas bumi di hadapan semua yang melihatmu.
Semua di antara bangsa-bangsa yang mengenal engkau kaget melihat keadaanmu. Akhir hidupmu mendahsyatkan dan lenyap selamanya engkau."

Dari ayat-ayat di atas,
Kita bisa menarik kesimpulan :

1. Ada ciptaan yang penuh hikmat dan maha indah
2. Kediamannya adalah di taman Eden, tapi penugasannya adalah di gunung kudus Allah di dekat Kerub (makhluk sorgawi) yang berjaga
3. Ciptaan itu berbuat dosa
4. Ia dibuang dari gunung kudus Allah
5. Ia sombong karena merasa indah dan hikmatnya berubah menjadi keinginan jahat
6. Ia dilempar ke bumi
7. Allah menyalakan api yang membakar dirinya dari dalam (baru setelah kejatuhanlah, api itu menyala dalam dirinya).

*****

Nah,
Dari 2 rangkaian ayat-ayat itu,
Ada kesimpulan :
1. Lucifer adalah makhluk ciptaan yang awalnya diciptakan indah dengan posisi cukup tinggi (ia berada di gunung kudus Allah, tapi tidak lebih tinggi dari posisi Kerub - levelnya sebatas malaikat saja).
2. Perannya adalah pembawa cahaya, gelarnya adalah putera fajar.
3. Karena perannya itu, ia diperlengkapi dengan hikmat dan keindahan (beberapa referensi lain menyebutkan bahwa ia memiliki kepandaian bermain musik).
4. Lucifer berbuat kesalahan. Ia sombong dan meninggikan diri sendiri, bahkan ingin menyamakan diri dengan Allah Penciptanya.
5. Karena kesalahannya itu, ia dibuang. Pecah segala keindahannya, lepas ia dari posisinya dan hikmatnya berubah.
6. Ia dibuang ke bumi dan kini berdiam di dunia orang mati
7. Allah menyalakan api di dalam diri Lucifer yang terus-menerus membakarnya.

*****

Demikianlah kesimpulan dari beberapa ayat mengenai Lucifer.

*****

Ayat-ayat di atas adalah ratapan mengenai Raja Tirus.
Tapi isi dari ratapan itu ternyata lebih dari sekedar menerangkan Raja Tirus duniawi.

Artinya,
Raja Tirus duniawi melakukan dosa yang sejenis (walau ga sama persis) dengan apa yang dilakukan oleh 'seorang' makhluk surgawi.

Jadi, di masa lalu,

1. Ada makhluk sorgawi.
Kenapa mahkluk sorgawi?
Karena ia tinggal di Eden dan berjalan-jalan di gunung kudus Allah.

2. Makhluk ini adalah ciptaan.
(Tempat tatahannya diperbuat dari emas dan disediakan pada hari penciptaanmu)
(Engkau tak bercela di dalam tingkah lakumu sejak hari penciptaanmu sampai terdapat kecurangan padamu)
Raja duniawi tentu tidak diciptakan, tapi dilahirkan.

3. Posisinya setara dengan bintang-bintang Allah (malaikat) tapi dibawah Kerub.
Artinya, makhluk ini minimal 2 tingkat di bawah Allah Pencipta.

4. Ia berbuat dosa, lalu dibuang dari Gunung Allah.

*****

Dua kisah yang saling melengkapi

Persamaan antara Yes 14:12-17 dengan Yeh 28:13-19

1. Sama-sama menerangkan makhluk yang asalnya tidak dari bumi
2. Sama-sama menerangkan keindahan makhluk ini sebelum ia jatuh
3. Sama-sama menerangkan makhluk yang berbuat kesombongan
4. Sama-sama menerangkan makhluk yang dijatuhkan dari langit ke bumi

Yang saling melengkapi :
1. Yesaya menjelaskan bahwa ia bergelar bintang timur, putera fajar, pembawa terang, yang mana sesuai dengan keindahan yang dilukiskan dalam Yehezkiel.
2. Yesaya melukiskan ia berdosa karena ingin menyamai Yang Mahatinggi, dengan demikian menjelaskan apa yang Yehezkiel maksud tentang kesombongan.

Inti dari 2 ayat-ayat yang berbeda ini adalah :
Raja Tirus dan Raja Babel melakukan dosa yang sejenis dengan dosa yang dilakukan oleh Lucifer.
Yaitu sombong walau hanya makhluk ciptaan dan justru ingin menyamakan diri dengan Allah.
Kedua-duanya dijatuhkan.



PENCIPTAAN MALAIKAT PADA HARI PERTAMA

Jubileum 2:2
For on the first day He created the heavens which are above and the earth and the waters and all the spirits which serve before him - the malakim of the presence, and the malakim of sanctification, and the malakim of the spirit of fire and the malakim of the spirit of the winds, and the malakim of the spirit of the clouds, and of darkness, and of snow, and of hail and of hoar frost, and the malakim of the voices and of the thunder and of the lightning, and the malakim of the spirits of cold and of heat, and of winter and of spring, and of autumn and of summer and all of the spirits of his creatures which are in the heavens and on the earth, He created the abysses and the darkness, eventide and night, and the light, dawn and day, which He has prepared in the knowledge of HIS heart.

Ayat diatas melengkapi Kejadian 1:1-5 (Alkitab edisi bahasa sehari-hari).
1   Pada mulanya, waktu ELOHIM mulai menciptakan alam semesta,
2   bumi belum berbentuk, dan masih kacau-balau. Samudra yang bergelora, yang menutupi segala sesuatu, diliputi oleh gelap gulita, tetapi kuasa ELOHIM bergerak di atas permukaan air.
3   ELOHIM berkata, ''Jadilah terang!'' Lalu ada terang.
4   ELOHIM senang melihat hal itu. Lalu dipisahkan-Nya terang itu dari gelap,
5   dan dinamakan-Nya terang itu ''Siang'' dan gelap itu ''Malam''. Malam lewat, dan jadilah pagi. Itulah hari yang pertama.

Jadi pada penciptaan hari pertama YHWH menciptakan terang dan memisahkan terang dengan gelap serta menciptakan malaikat berasal dari cahaya.



WATCHERS

Siapakah Watchers ini ? Alkitab LAI tidak mencatat dan menjelaskan siapakah Watchers ini, namun Kitab Henokh menyinggung masalah Watchers ini tanpa menjelaskan siapa Watchers ini.

Ternyata ada penjelasan dari Kitab Jubileum.

Jubileum 4:15
And in the second week of the tenth jubilee Mahalalel took unto him to wife Dinah, the daughter of Barakiel the daughter of his father's brother, and she bare him a son in the third week in the sixth year, and he called his name Jared, for in his days the malakim of YHWH descended on the earth, those who are named the Watchers, that they should instruct the children of men, and they should do judgment and uprightness on the earth.

Jubileum 4:16-24
16. And in the eleventh jubilee Jared took to himself
512-518 A.M.
a wife, and her name was Bâraka, the daughter of Râsûjâl, a daughter of his father's brother, in the fourth week of this jubilee, and she bare him a son in the fifth week, in the fourth year of the jubilee,
522 A.M.
and he called his name Enoch. 4 17. And he 5 was the first among men that are born on earth who learnt writing and knowledge and wisdom 6 and who wrote down the signs of heaven according to the order of their months in a book, 7 that men might know the seasons of the years according to the order of their separate months. 18. And he was the first to write a testimony, and he testified to the sons of men among the generations of the earth, and recounted the weeks of the jubilees, and made known to them the days of the years, 8 and set in order the months and recounted the Sabbaths of the years as we made (them) known to him. 19. And what was and what will be he saw in a vision 1 of his sleep, as it will happen to the children of men throughout their generations until the day of judgment; he 2 saw and understood everything, and wrote his testimony, and placed the testimony on earth for all the children of men and
582-588 A.M.
for their generations. 20. And in the twelfth jubilee, in the seventh week thereof, he took to himself a wife, and her name was Ednî, 3 the daughter of Dânêl,
587 AM.
the daughter of his father's brother, and in the sixth year in this week she bare him a son and he called his name Methuselah. 4 21. And he was moreover with the angels of God these six jubilees of years, and they showed him everything which is on earth 5 and in the heavens, the rule of the sun, and he wrote down everything. 22. And he testified to the Watchers, who had sinned with the daughters of men; for these had begun to unite themselves, so as to be defiled, with the daughters of men, and Enoch testified against (them) all. 23. And he was taken from amongst the children of men, and we conducted him into the Garden of Eden 6 in majesty and honour, and behold there he writeth down the condemnation and judgment of the world, and all the wickedness of the children of men. 7 24. And on account of it (God) brought the waters of the flood 8 upon all the land of Eden; for there he was set as a sign and that he should testify against all the children of men, that he should recount all the deeds of the generations until the day of condemnation.



MASTEMA

Siapakah Mastema itu ????

Kitab Jubileum 10:8-11
And the chief of spirits, Mastema, came and said: 'YHWH, Creator, let some of them remain before me, and let them listen to my voice, and do all that I shall say unto them; for if some of them are not left to me, I shall not be able to execute the power of my will on the sons of men; for these are for corruption and leading astray before my judgment, for great is the wickedness of the sons of men.'
9 And He said: Let the tenth part of them remain before him, and let nine parts descend into the place of condemnation.'
10 And one of us He commanded that we should teach Noah all their medicines; for He knew that they would not walk in uprightness, nor strive in righteousness.
11. And we did according to all His words; all the malignant evil ones we bound in the place of condemnation and a tenth part of them we left that they might be subject before Satan on the earth.

Jadi Mastema adalah kepala dari roh-roh.

Apalagi yang dilakukan Mastema ? Ternyata Mastema mendakwa Abraham dan meminta YHWH untuk menguji Abraham apakah mencintai YHWH lebih dari anaknya atau tidak.

Kitab Jubileum 17:16-18
16 And the prince Mastema came and said before YHWH, 'Behold, Abraham loves Yitschaq his son, and he delights in him above all things else; bid him offer him as a burnt-offering on the altar, and You will see if he will do this command, and You will know if he is faithful in everything wherein You do try him.
17 And YHWH knew that Abraham was faithful in all his afflictions; for He had tried him through his country and with famine, and had tried him with the wealth of kings, and had tried him again through his wife, when she was torn from him, and with circumsision; and had tried him through Ismael and Hagar, his maid-servant, when he sent them away.
18 And in everything wherein He had tried him, he was found faithful, and his soul was not impatient, and he was not slow to act; for he was faithful and a lover of YHWH.



AZAZEL

Siapakah Azazel ?

Imamat pasal 16

Im. 16:8   dan harus membuang undi atas kedua kambing jantan itu, sebuah undi bagi TUHAN dan sebuah bagiAzazel.

Im. 16:10   Tetapi kambing jantan yang kena undi bagi Azazel haruslah ditempatkan hidup-hidup di hadapan TUHAN untuk mengadakan pendamaian, lalu dilepaskan bagi Azazel ke padang gurun.

20   Sesudah mengadakan upacara penyucian Ruang Mahasuci dan bagian-bagian lain dari Kemah TUHAN serta mezbahnya, Harun harus mempersembahkan kepada TUHAN kambing yang hidup yang dipilih bagi Azazel
21   Ia harus meletakkan kedua tangannya di atas kepala kambing itu sambil mengakui semua kesalahan, dosa dan pelanggaran bangsa Israel. Dengan demikian semua kesalahan bangsa Israel dipindahkan ke atas kepala kambing itu. Lalu seorang yang ditugaskan harus mengusir kambing itu ke padang gurun. 
22   Kambing itu membawa semua dosa bangsa Israel ke daerah tandus yang tidak didiami dan ia harus dilepaskan di padang gurun
23   Sesudah itu Harun harus masuk ke dalam Kemah, membuka pakaian imam yang dipakainya waktu masuk ke Ruang Mahasuci, dan meninggalkan pakaian itu di sana. 
24   Lalu ia harus mandi di suatu tempat yang dikhususkan dan memakai pakaiannya sendiri. Sesudahnya ia harus keluar dan mempersembahkan kurban bakaran untuk pengampunan dosanya sendiri dan dosa bangsa Israel. 
25   Lemak binatang untuk kurban pengampunan dosa harus dibakar di mezbah. 
26   Orang yang melepaskan kambing bagi Azazel di padang gurun harus mencuci pakaiannya dan mandi sebelum pulang ke perkemahan. 
27   Sapi jantan dan kambing untuk kurban pengampunan dosa, yang darahnya dibawa masuk ke Ruang Mahasuci untuk pengampunan dosa, harus dibawa ke luar perkemahan dan dibakar. Kulit, daging dan isi perut kedua binatang harus dibakar semuanya. 
28   Orang yang membakarnya harus mencuci pakaiannya dan mandi sebelum pulang ke perkemahan.

Apa yang dilakukan bangsa Israel dalam Imamat pasal 16 adalah ritual yang berasal dari YHWH, kambing yang diserahkan kepada Azazel adalah kambing yang memuat dosa dan kutukan manusia, dan pembuangan dosa-dosa Israel kepada kambing disaksikan didepan YHWH.

Selanjutnya kambing yang penuh muatan dosa dan kutukan dilepaskan bagi Azazel, dalam hal ini Azazel harus menerima dosa manusia dan berbagai kutukan, sebagai yang menerima beban dosa atau menanggung dosa manusia.
Oleh karena kesalahan/dosa Azazel sehingga manusia jatuh dalam dosa, oleh sebab itu setiap dosa yang dilakukan oleh manusia dan bilamana manusia itu ingin diperdamaikan kepada ELOHIM, maka beban dosa manusia harus dibebankan kepada Azazel, karena semua dosa adalah milik Azazel.

Henokh 10:9 melalui pekerjaan-pekerjaan yang diajarkan Azazel: semua dosa adalah miliknya..................

Siapakah Azazel ? Azazel adalah salah satu dari malaikat-malaikat YHWH yang jatuh dalam dosa;
Azazel adalah salah satu anak-anak ELOHIM yang mengawini anak-anak perempuan manusia dibumi dan lahirlah raksasa-raksasa dibumi. (Kejadian 6:1-4).


Henokh 8:1-3
1 Dan Azazel mengajar manusia untuk membuat pedang, dan pisau, dan perisai, dan baju zirah dan mengajarkan kepada mereka logam-logam dari tanah dan cara mengolahnya, dan kalung dan hiasan-hiasan dan penggunaan antimon dan cara menghias kelopak matata dan segala jenis batu mulia.
2 dan segala ramuan pewarna. Dan timbullah perbuatan-perbuatan tak ber-Tuhan, dan mereka melakukan perzinahan dan mereka menjadi tersesat.
3. dan tercela dalam seluruh cara-cara mereka. ................

Henokh 10:4-7
4 ....... Dan lagi YHWH berkata kepada Raphael: ikat kaki dan tangan Azazel, dan lemparkan dia ke dalam kegelapan: dan gali lubang
dipadang pasir (gurun), yaitu di Dudael, dan lemparkan dia ke dalamnya.
6 Dan tempatkan dia diatas batu yang kasar dan tajam, dan selimuti dia dalam kegelapan, dan biarkan dia disitu selamanya,
7 dan tutupi wajahnya sehingga ia tak dapat melihat cahaya. Dan pada hari penghakiman besar, ia akan dilemparkan ke dalam api. Dan sembuhkan bumi yang telah dikotori para malaikat, dan umumkan penyembuhan bumi...................


Henokh 13:1-3
1 Dan Henokh pergi dan berkata: Azazel, kau tak akan mendapatkan damai: sebuah hukuman berat telah dijatuhkan
2 atasmu untuk mengikatmu: Dan kau tak akan mendapatkan ampunan atau pengabulan permintaan bagimu, karena kejahatan yang telah kau ajarkan, dan karena semua pekerjaan tak ber-Tuhan
3 dan kejahatan dan dosa yang telah kau tunjukkan kepada manusia. .........



עזאזל  - AZAZEL - THE SCAPEGOAT


* Imamat 16:8 
LAI TB, dan harus membuang undi atas kedua kambing jantan itu, sebuah bagi undi bagi TUHAN dan sebuah bagi Azazel.
Darby,And Aaron shall cast lots upon the two goats: one lot for Jehovah, and the other lot for Azazel.
BBE, And Aaron will make selection from the two goats by the decision of the Lord, one goat for the Lord and one for Azazel.
Jewish Publication Society Tanakh (JPST), And Aaron shall cast lots upon the two goats: one lot for the LORD, and the other lot for Azazel.

Naskah Bahasa Asli :

Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels
וְנָתַן אַהֲרֹן עַל־שְׁנֵי הַשְּׂעִירִם גֹּורָלֹות גֹּורָל אֶחָד לַיהוָה וְגֹורָל אֶחָד לַעֲזָאזֵל׃
Translit. interlinear, VENATAN {dan ia memberikan} 'AHARON {Harun} 'AL-SYENEI {ke atas dua} HASE'IRIM {kambing jantan itu} GORALOT {undi-undi} GORAL {undi} 'EKHAD {satu} LAYEHOVAH {kepada TUHAN} VEGORAL {dan undi} 'EKHAD {satu} LA'AZA'ZEL {kepada Azazel}

Septuaginta (LXX) :
και επιθησει ααρων επι τους δυο χιμαρους κληρον ενα τω κυριω και κληρον ενα τω αποπομπαιω
Translit., kai epithêsei aarôn epi tous duo khimarous klêron hena tô kuriô kai klêron hena tô apopompaiô

LAI TL, Maka hendaklah Harun membuang undi atas kedua ekor kambing djantan itu: seundi bagi Tuhan dan seundi bagi kambing jang hendak dihalaukan.
KJV, And Aaron shall cast lots upon the two goats; one lot for the LORD, and the other lot for the scapegoat.
NIV, He is to cast lots for the two goats—one lot for the LORD and the other for the scapegoat
New American Standard Bible (©1995) , "Aaron shall cast lots for the two goats, one lot for the LORD and the other lot for the scapegoat.

Mungkin para penerjemah LAI-TB menemukan kesulitan untuk menerjemahkan kata Ibrani עזאזל  - 'AZA'ZEL,'ayin-zâyin-'âlef-zâyin-lâmed. Kata ini hanya muncul dalam hubungannya dengan upacara hari pendamaian, tidak ditemukan lagi dalam bagian Alkitab lainnya.

Dari segi etimologi, kata עזאזל  - 'AZA'ZEL berasal dari kata עז  - 'EZ'ayin-zâyin, yang berarti kambing (Kejadian 15:9, 27:9, 16, 30:32-33, 35, 31:38, 32:14,37:31, dan lain-lain), dan kata kerja אזל  - 'AZAL'âlef-zâyin-lâmed,pergi, memindahkan.(Ulangan 32:36 lenyap, 1 Samuel 9:7 habis, Ayub 14:11 menguap, Amsal 20:14, pergi).

Jadi,   עזאזל  - 'AZA'ZEL bermakna kambing yang disuruh pergi, atau dengan perkataan lain "kambing pengangkut dosa" (scapegoat).

Barangkali penerjemah LAI menganggap bahwa kata 'AZA'ZEL itu merupakan nama. Alasan pemakaian ini – lagi-lagi barangkali – adalah kenyatakan bahwa 'AZA'ZEL tampaknya menjadi lawan dari YHVH (TUHAN).  Tetapi jika sebutan itu adalah nama suatu roh jahat yang terkenal dari padang gurun, atau nama untuk setan, aneh sekali bahwa sebutan itu hanya muncul di sini di seluruh Alkitab. Dan jika sebutan itu menunjuk kepada roh jahat yang ditakuti Israel, yang pengaruhnya besar sekali atas mereka sehingga perlu diredakan, maka sukarlah untuk dimengerti mengapa tekanan harus diletakkan pada jauhnya tempat dari tokoh yang mengancam ini, makin lama makin jauh, sedangkan Israel berjalan ke Kanaan. Ada juga pendapat bahwa 'AZA'ZEL adalah iblis yang tinggal di padang pasir, menurut footnote Alkitab CEV, tapi saya rasa sulit berterima, kambing yang pertama dipersembahkan kepada TUHAN, koq yang kedua dikirim kepada setan-setan?

Maka, yang paling masuk di akal, nama 'AZA'ZEL itu ditujukan kepada sang kambing itu sendiri seperti pengkajian menurut asal-usul kata (etimologi) di atas.

Akhirnya, kita lihat bagaimana menurut terjemahan Septuaginta, terjemahan Tanakh Ibrani ke dalam bahasa Yunani, yang usianya jauh lebih tua dari naskah Ibrani sekarang ini?

Septuaginta menulis "αποπομπαιω - apopompaiô" yaitu gabungan dari preposisi απο - apokeluar (menjauh) dari, plus kata kerja πεμπω - pempô, mengirimkan sesuatu ke tempat lain. (Reff. Septuaginta interlinear, Levicitus : http://portal.sarapanpagi.org/sp-download/old-testament  "scapegoat")

Dengan demikian Septuaginta pun mendukung pendapat bahwa עזאזל  - 'AZA'ZEL ditujukan kepada sang kambing.

Dan memang dari ayat inilah asal-usul istilah "kambing hitam" atau "the scapegoat", utamanya untuk menunjuk "pihak-lain" (yang sebenarnya innocent) yang dijadikan 'sasaran kesalahan'.



KEIMAMAN MELKISEDEK ADALAH TYPOLOGY KEIMAMAN YESUS KRISTUS

Melkisedek adalah manusia biasa, bukan YESUS KRISTUS, ataupun jelmaan YESUS KRISTUS.

Apa yang ditulis dalam Kitab Ibrani itu adalah mengenai : TYPOLOGI KEIMAMAN MELKISEDEK MENGGAMBARKAN KEIMAMAN TUHAN YESUS KRISTUS.
Melkisedek adalah manusia biasa, bukan YESUS KRISTUS, ataupun jelmaan YESUS KRISTUS.


MELKISEDEK DALAM KITAB IBRANI:

Kitan Ibrani, sesuai nama kitabnya, kitab ini ditujukan kepada orang Ibrani.

Suatu kebiasaan orang Ibrani, mereka selalu menyertakan "silsilah" dari seseorang untuk mengetahui asal-usul orang tersebut, perhatikan Injil Matius dan Lukas yang juga menulis silsilah YESUS KRISTUS. Demikian juga tiap-tiap tokoh penting Israel, senantiasa ditulis darimana ia berasal, siapa ayahnya dan/ atau siapa ibunya.

Melkisedek bukan bangsa Israel (meskipun kemungkinan besar ia orang "Sem" atau bangsa/ras "semitik"), maka ia tidak harus mempunyai kebiasaan seperti orang Israel yang menulis silsilahnya.
Melkisedek sezaman dengan Abraham sedangkan Israel adalah bangsa yang lahir dari keturunan cucu Abraham.
Disamping itu pula, tidak ada rujukan dalam Perjanjian Lama yang menyatakan bahwa Melkisedek adalah Allah.
Beberapa kalangan Kristiani biasanya 'bingung' dengan ayat dalam Kitab Ibrani ini sehingga menduga Melkisedek itu titisan Allah atau bahkan Melkisedek itu sama dengan Allah.


* Ibrani 7:3 
LAI TB, Ia tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah, ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya.
KJV, Without father, without mother, without descent, having neither beginning of days, nor end of life; but made like unto the Son of God; abideth a priest continually. 
TR, απατωρ αμητωρ αγενεαλογητος μητε αρχην ημερων μητε ζωης τελος εχων αφωμοιωμενος δε τω υιω του θεου μενει ιερευς εις το διηνεκεςTranslit. interlinear apatôr {tidak berbapa} amêtôr {tidak beribu} agenealogêtos {tidak bersilsilah} mête {tidak juga} arkhên {awal} hêmerôn {hari} mête {tidak juga} zôês {hidup} telos {akhir} ekhôn {memiliki} aphômoiômenos {dijadikan sama} de {tetapi} tô huiô {Anak} tou theou {Allah} menei {tetap} hiereus {imam} eis {sampai} to diênekes {terus-menerus}


Dalam bahasa asli ditulis 'apatôr amêtôr' yaitu kata 'peter', "ayah" dan kata "meter" plus negatif pertikel "a" di depannya. Hal itu tidak berarti bahwa ia tidak memiliki ayah dan tidak memiliki ibu tetapi maksudnya adalah seorang yang  "ayah dan ibunya tidak ditulis" (dalam silsilahnya).

Demikian pula istilah Yunani lain 'alogos'"tidak punya logos", diterjemahkan "tidak berakal" padahal masih punya akal.
Orang yang kurang imannya terkadang ditulis tidak beriman,'apistos', padahal punya iman sedikit (Matius 17:20)


Jadi, 'apator' atau "tidak berbapa" biasanya ditujukan kepada seseorang yang tidak memiliki ayah, kehilangan ayahnya atau seorang "yatim", seseorang yang lahir setelah kematian ayahnya sehingga ayahnya tidak dikenal, demikian pula halnya dengan 'ametor', "tidak beribu".
Seorang filsuf Yunani, Philo menulis bahwa Sara, istri Abraham (Ibrahim) adalah 'ametor' karena ibunya tidak ditulis dalam Alkitab.


Coba bandingkan dengan terjemahan "bebas" ala Alkitab dalam bahasa sehari-hari:

Mengenai Melkisedek ini tidak ada keterangan di mana pun bahwa ia mempunyai bapak atau ibu atau nenek moyang; tidak ada juga keterangan tentang kelahirannya, ataupun kematiannya. Ia sama seperti Anak Allah; ia adalah imam yang abadi.


Penulis Arab (In Hottinger. Smegma Orientale, l. 1. c. 8. p. 269, 254) mengatakan bahwa ayah Melkisedek bernama Peleg dan ibunya bernama Elmasinus. Peleg ini masih ada dalam silsilah Abraham, putra Eber, dan saudara Yoktan, masih banyak lagi tulisan tentang keluarga Melkisedek, dalam bahasa Inggris:

"they who say Melchizedek had neither beginning of days, nor end of life, and argue from the words of the Apostle Paul, asserting the same, do not rightly understand the saying of the Apostle Paul; for Shem, the son of Noah, after he had taken Melchizedek, and withdrew him from his parents, did not set down in writing how old he was, when he went into the east, nor what was his age when he died; but Melchizedek was the son of Peleg, the son of Eber, the son of Salah, the son of Cainan, the son of Arphaxad, the son of Shem, the son of Noah; and yet none of those patriarchs is called his father.
This only the Apostle Paul means, that none of his family served in the temple, nor were children and tribes assigned to him. Matthew and Luke the evangelists only relate the heads of tribes: hence the Apostle Paul does not write the name of his father, nor the name of his mother." 
(Smegma Orientale, p. 305, 306, 254).


Sahid Aben Batric sebagaimana dikutip dalam Mr. Gregory's Preface to his Works menulis "MALKI-TSEDEG BEN PA'LEQ"; Catena, seorang Arab, dalam buku yang sama menulis bahwa Peleg adalah ayah dari Heraklim, ayah dari Melkisedek, selengkapnya:

"Melchizedek was the son of Heraclim, the son of Peleg, the son of Eber; and his mother's name was Salathiel, the daughter of Gomer, the son of Japheth, the son of Noah; and Heraclim, the son of Eber, married his wife Salathiel, and she was with child, and brought forth a son, and called his name Melchizedek, called also king of Salem: after this the genealogy is set down at length. Melchizedek, son of Heraclim, which was the son of Peleg, which was the son of Eber, which was the son of Arphaxad, till you come to, which was the son of Adam, on whom be peace."


Siapakah ibu Abraham?
Abraham pun dapat ditulis 'ametor'"tidak beribu" alias ibunya tidak ditulis dalam silsilahnya.


-----


Perhatikan juga dalam ayat diatas yaitu ungkapan "dijadikan sama"

Kita baca terjemahan Ibraninya  (HABRIT HAKHADASYA) untuk ungkapan "dijadikan sama":

"BELO'-AV BELO'-EM BELO' YAKHAS VE'EYN LO HAYAMIM VE'AF LO' QETS VEDOMEH LEVEN-HA'ELOHIM HU' 'OMED KOHEN LE'OLAM" 


Note:
'VEDOMEH', "diserupakan", "dijadikan seperti", "disamakan" adalah kata kerja Ibrani 'DAMAH', "serupa", "seperti" (bandingkan dengan Mazmur 89:7, 102:7, 144:4, Kidung Agung 1:9, 2:9, 17, 7:7, 8:14, Yesaya 14:14, 40:18, 25, 46:5, dan lain-lain).


* Yesaya 40:18
"Jadi dengan siapa hendak kamu 'samakan' Allah, dan apa yang dapat kamu anggap serupa dengan Dia?"

BHS Translit., "VE'EL-MI TEDAMEYUN 'EL UMAH-DEMUT TA'ARKHU LO"


"Ia dijadikan sama dengan Anak Allah", 'aphômoiômenos de tô uiô tou theou
Dijadikan sama, bukan berarti 2 pribadi itu identik.
Subjek adalah Melkisedek, "dijadikan sama" ini diibaratkan dengan 'photocopy'.


ada beberapa typologi lain yang menggambarkan pelayanan YESUS di Perjanjian Lama, Misalnya :

Musa --> Ulangan 18:15-18 ungkapan '(seorang nabi) sama seperti aku' mengandung arti, typology pelayanan Musa menggambarkan pelayanan YESUS.  Tetapi Musa tidak sama dengan YESUS.


TENTANG PERSEPULUHAN KEPADA MELKISEDEK:

Suatu kebingungan yang lain, mengapa Abraham memberikan persembahan?
Dalam tradisi Ibrani (Israel) "Seorang yang menerima persembahan" adalah seorang IMAM. Seorang yang "menerima persembahan" menggambarkan bahwa kedudukannya 'lebih tinggi' dari yang memberi persembahan. Dalam tradisi Ibrani seorang IMAM adalah seorang yang dari keturunan LEWI. Sedangkan Melkisedek bukan orang Lewi.


Siapa Melkisedek? apa peranannya?

"Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi." (Kejadian 14:18, Ibrani 7:1 )

Ibrani 7:1-10 --> Subject-nya adalah imam seperti Melkisedek
--> YESUS KRISTUS adalah Imam! 


Persamaannya : 

Melkisedek bukan dari kalangan Lewi, sama seperti KRISTUS bukan dari keturunan Lewi (tetapi Yehuda). Dalam Alkitab, Baik KRISTUS maupun Melkisedek diakui sebagai imam

Pada Ibrani 7:3 kita melihat perbandingan antara KRISTUS dengan Melkisedek dengan mengacu kepada Mazmur 110:4 "Engkau adalam Imam untuk selama-lamanya, menurut peraturan Melkisedek". 

Dalam tradisi Israel, sebelum YESUS KRISTUS, tidak ada imam lain menurut cara Melkisedek, maksudnya tidak ada IMAM dari kalangan lain selain dari kalangan Lewi.
Kita dapat menarik ungkapan (nubuat) yang ditulis oleh pemazmur itu bahwa nanti akan ada seorang imam seperti Melkisedek, yaitu seorang yang bukan dari kalangan Lewi namun menjabat sebagai imam (lihat Ibrani 7:15).

Dengan ini penulis Ibrani menuliskan perbandingan KRISTUS dengan Melkisedek, sbb :

KRISTUS adalah Imam abadi. Seperti juga Melkisedek dimana gelar keimamannya adalah selama-lamanya.

Unsur yang penting yang diungkapkan dalam Ibrani adalah kenyataan bahwa Melkisedek memberkati Abraham dan bahwa Abraham memberikan sepersepuluh dari barang-barang rampasan perang kepada Melkisedek. Maka kedua hal ini menunjukkan 'keunggulan' Melkisedek yang "memberkati" Abraham, moyangnya Israel.

Karena Lewi dan semua imam keturunan Lewi adalah keturunan Abraham, dengan demikian posisi imam-imam Lewi ada dibawah Melkisedek (ayat 4-10).

Dengan mengacu pada Mazmur 110:4 diatas. Suatu nubuat yang akan diungkapkan kelak yaitu  "akan ada seorang Imam seperti Melkisedek, yaitu imam yang lebih unggul daripada imam-imam Israel", Dia adalah KRISTUS!


KESAMAAN :

Baik Melkisedek maupun KRISTUS lebih besar daripada imam-imam Lewi, sebab para imam Lewi melakukan hal-hal yang jahat dimata Tuhan (baca Maleakhi pasal 1 & 2, dan kelakuan para imam-imam yang memusuhi YESUS).

Dalam Kitab Ibrani, Kesimpulan yang ingin diungkapkan oleh penulis Ibrani disini adalah "telah ada seorang imam 'seperti' Melkisedek", yaitu Pribadi yang lebih besar daripada seimam-imam Lewi. Dia adalah KRISTUS.


Tetapi, YESUS KRISTUS tidak identik dengan Melkisedek! 


Keimaman Melkisedek hanyalah typology keimaman YESUS KRISTUS.

seperti halnya kenabian Musa adalah typology kenabian YESUS
kepahlawanan Yosua adalah typology kepahlawanan YESUS
juga tahta Daud merupakan typology tahta KRISTUS, dimana YESUS adalah Raja dari Israel rohani (orang-orang percaya)
Peristiwa Abraham mengorbankan anaknya yang tunggal, merupakan typology dari YESUS sebagai Anak Domba Allah.

Walaupun Melkisedek dan para nabi menggambarkan pelayanan KRISTUS (typology pelayanan KRISTUS) tentu saja mereka tidak boleh disamakan dengan KRISTUS.



Imamat pasal 16

Im. 16:8   dan harus membuang undi atas kedua kambing jantan itu, sebuah undi bagi TUHAN dan sebuah bagiAzazel.

Im. 16:10   Tetapi kambing jantan yang kena undi bagi Azazel haruslah ditempatkan hidup-hidup di hadapan TUHAN untuk mengadakan pendamaian, lalu dilepaskan bagi Azazel ke padang gurun.
20   Sesudah mengadakan upacara penyucian Ruang Mahasuci dan bagian-bagian lain dari Kemah TUHAN serta mezbahnya, Harun harus mempersembahkan kepada TUHAN kambing yang hidup yang dipilih bagi Azazel.
21   Ia harus meletakkan kedua tangannya di atas kepala kambing itu sambil mengakui semua kesalahan, dosa dan pelanggaran bangsa Israel. Dengan demikian semua kesalahan bangsa Israel dipindahkan ke atas kepala kambing itu. Lalu seorang yang ditugaskan harus mengusir kambing itu ke padang gurun.
22   Kambing itu membawa semua dosa bangsa Israel ke daerah tandus yang tidak didiami dan ia harus dilepaskan di padang gurun.     

23   Sesudah itu Harun harus masuk ke dalam Kemah, membuka pakaian imam yang dipakainya waktu masuk ke Ruang Mahasuci, dan meninggalkan pakaian itu di sana.
24   Lalu ia harus mandi di suatu tempat yang dikhususkan dan memakai pakaiannya sendiri. Sesudahnya ia harus keluar dan mempersembahkan kurban bakaran untuk pengampunan dosanya sendiri dan dosa bangsa Israel.
25   Lemak binatang untuk kurban pengampunan dosa harus dibakar di mezbah.
26   Orang yang melepaskan kambing bagi Azazel di padang gurun harus mencuci pakaiannya dan mandi sebelum pulang ke perkemahan. 
27   Sapi jantan dan kambing untuk kurban pengampunan dosa, yang darahnya dibawa masuk ke Ruang Mahasuci untuk pengampunan dosa, harus dibawa ke luar perkemahan dan dibakar. Kulit, daging dan isi perut kedua binatang harus dibakar semuanya.
28   Orang yang membakarnya harus mencuci pakaiannya dan mandi sebelum pulang ke perkemahan.

Bro Hanhalim, menurut saya, apa yang dilakukan bangsa Israel dalam Imamat pasal 16 adalah ritual yang berasal dari YHWH, kambing yang diserahkan kepada Azazel adalah kambing yang memuat dosa dan kutukan manusia, dan pembuangan dosa-dosa Israel kepada kambing disaksikan didepan YHWH.

Selanjutnya kambing yang penuh muatan dosa dan kutukan dilepaskan bagi Azazel, dalam hal ini Azazel harus menerima dosa manusia dan berbagai kutukan, sebagai yang menerima beban dosa atau menanggung dosa manusia.

Oleh karena kesalahan/dosa Azazel sehingga manusia jatuh dalam dosa, oleh sebab itu setiap dosa yang dilakukan oleh manusia dan bilamana manusia itu ingin diperdamaikan kepada ELOHIM, maka beban dosa manusia harus dibebankan kepada Azazel, karena semua dosa adalah milik Azazel.

Henokh 10:9 melalui pekerjaan-pekerjaan yang diajarkan Azazel: semua dosa adalah miliknya..................


Siapakah Azazel ? Azazel adalah salah satu dari malaikat-malaikat YHWH yang jatuh dalam dosa;
Azazel adalah salah satu anak-anak ELOHIM yang mengawini anak-anak perempuan manusia dibumi dan lahirlah raksasa-raksasa dibumi. (Kejadian 6:1-4).



Henokh 8:1-3
1 Dan Azazel mengajar manusia untuk membuat pedang, dan pisau, dan perisai, dan baju zirah dan mengajarkan kepada mereka logam-logam dari tanah dan cara mengolahnya, dan kalung dan hiasan-hiasan dan penggunaan antimon dan cara menghias kelopak matata dan segala jenis batu mulia.
2 dan segala ramuan pewarna. Dan timbullah perbuatan-perbuatan tak ber-Tuhan, dan mereka melakukan perzinahan dan mereka menjadi tersesat.
3. dan tercela dalam seluruh cara-cara mereka. ................

Henokh 10:4-7
4 ....... Dan lagi YHWH berkata kepada Raphael: ikat kaki dan tangan Azazel, dan lemparkan dia ke dalam kegelapan: dan gali lubang
5 dipadang pasir (gurun), yaitu di Dudael, dan lemparkan dia ke dalamnya.
6 Dan tempatkan dia diatas batu yang kasar dan tajam, dan selimuti dia dalam kegelapan, dan biarkan dia disitu selamanya,
7 dan tutupi wajahnya sehingga ia tak dapat melihat cahaya. Dan pada hari penghakiman besar, ia akan dilemparkan ke dalam api. Dan sembuhkan bumi yang telah dikotori para malaikat, dan umumkan penyembuhan bumi...................


Henokh 13:1-3
1 Dan Henokh pergi dan berkata: Azazel, kau tak akan mendapatkan damai: sebuah hukuman berat telah dijatuhkan
2 atasmu untuk mengikatmu: Dan kau tak akan mendapatkan ampunan atau pengabulan permintaan bagimu, karena kejahatan yang telah kau ajarkan, dan karena semua pekerjaan tak ber-Tuhan
3 dan kejahatan dan dosa yang telah kau tunjukkan kepada manusia. .........



GADREEL

Siapakah Gadreel itu ?

Mari kita lihat Kejadian 3:1-7 :
1   Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh YAHWEH ELOHIM. Ular itu berkata kepada perempuan itu: ''Tentulah ELOHIM berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?''
2   Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: ''Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan,
3   tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, ELOHIM berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati.''
4   Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: ''Sekali-kali kamu tidak akan mati,
5   tetapi ELOHIM mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti ELOHIM, tahu tentang yang baik dan yang jahat.''
6   Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya.
7   Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat.

Siapakah Ular yang dimaksud pada ayat tersebut diatas ?

Kitab Henokh menjelaskan dalam Henokh 69:6-8
6 Dan yang ketiga adalah Gadreel: dialah yang menunjukkan kepada anak-anak manusia segala pukulan maut,dan ia menyesatkan Eve (Hawa), dan menunjukkan [senjata kematian kepada anak-anak manusia] perisai dan baju zirah, dan pedang untuk bertempur, dan segala senjata
7 maut kepada anak-anak manusia. Dan dari tangannya mereka telah pergi melawan mereka yang tinggal
8 diatas bumi sejak hari itu dan selamanya. Dan yang keempat adalah ..................

Ternyata Ular cerdik yang dimaksud adalah malaikat Gadreel. Dan malaikat Gadreel adalah termasuk malaikat yang jatuh dalam dosa (Fallen Angels).



Siapakah Gadreel, Gadriel, Gidrael, atau Jidril itu ?
Kitab Henokh menjelaskan dalam Henokh 69:6-8
6 Dan yang ketiga adalah Gadreel: dialah yang menunjukkan kepada anak-anak manusia segala pukulan maut, dan ia menyesatkan Eve (Hawa), dan menunjukkan [senjata kematian kepada anak-anak manusia] perisai dan baju zirah, dan pedang untuk bertempur, dan segala senjata
7 maut kepada anak-anak manusia. Dan dari tangannya mereka telah pergi melawan mereka yang tinggal
8 diatas bumi sejak hari itu dan selamanya. Dan yang keempat adalah ..................



Kejadian 6:1-8
1   Ketika manusia itu mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan bagi mereka lahir anak-anak perempuan,
2   maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka.
3   Berfirmanlah TUHAN: ''Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja.''
4   Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan.
5   Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata,
6   maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya.
7   Berfirmanlah TUHAN: ''Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka.''
8   Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN.

Namun ketika saya membaca Kitab Henokh bab 6,7,8,9; saya baru mengerti ternyata yang dimaksud Anak-anak Allah adalah malaikat-malaikat YHWH.

Kitab Henokh Bab 6,7,8,9:

CHAPTER VI.

1. And it came to pass when the children of men had multiplied that in those days were born unto them beautiful and comely daughters. 2. And the angels, the children of the heaven, saw and lusted after them, and said to one another: 'Come, let us choose us wives from among the children of men and beget us children.' 3. And Semjâzâ, who was their leader, said unto them: 'I fear ye will not indeed agree to do this deed, and I alone shall have to pay the penalty of a great sin.' 4. And they all answered
him and said: 'Let us all swear an oath, and all bind ourselves by mutual imprecations not to abandon this plan but to do this thing.' 5. Then sware they all together and bound themselves by mutual imprecations upon it. 6. And they were in all two hundred; who descended ⌈in the days⌉ of Jared on the summit of Mount Hermon, and they called it Mount Hermon, because they had sworn and bound themselves by mutual imprecations upon it. 7. And these are the names of their leaders: Sêmîazâz, their leader, Arâkîba, Râmêêl, Kôkabîêl, Tâmîêl, Râmîêl, Dânêl, Êzêqêêl, Barâqîjâl, Asâêl, Armârôs, Batârêl, Anânêl, Zaqîêl, Samsâpêêl, Satarêl, Tûrêl, Jômjâêl, Sariêl. 8. These are their chiefs of tens.

CHAPTER VII.

1. And all the others together with them took unto themselves wives, and each chose for himself one, and they began to go in unto them and to defile themselves with them, and they taught them charms and enchantments, and the cutting of roots, and made them acquainted with plants. 2. And they became pregnant, and they bare great giants, whose height was three thousand ells: 3. Who consumed all the acquisitions of men. And when men could no longer sustain them, 4. the giants turned against them and devoured mankind. 5. And they began to sin against birds, and beasts, and reptiles, and fish, and to devour one another's flesh, and drink the blood. 6. Then the earth laid accusation against the lawless ones.

CHAPTER VIII.

1. And Azâzêl taught men to make swords, and knives, and shields, and breastplates, and made known to them the metals 〈of the earth〉 and the art of working them, and bracelets, and ornaments, and the use of antimony, and the beautifying of the eyelids, and all kinds of costly stones, and all colouring tinctures. 2. And there arose much godlessness, and they committed fornication, and they were led astray, and became corrupt in all their ways. Semjâzâ taught enchantments, and root-cuttings, Armârôs the resolving of enchantments, Barâqîjâl,
[paragraph continues] (taught) astrology, Kôkabêl the constellations, Ezêqêêl the knowledge of the clouds, 〈Araqiêl the signs of the earth, Shamsiêl the signs of the sun〉, and Sariêl the course of the moon. And as men perished, they cried, and their cry went up to heaven . . .

CHAPTER IX.

1. And then Michael, Uriel, Raphael, and Gabriel looked down from heaven and saw much blood being shed upon the earth, and all lawlessness being wrought upon the earth. 2. And they said one to another: 'The earth made †without inhabitant cries the voice of their crying† up to the gates of heaven. 3 ⌈⌈And now to you, the holy ones of heaven⌉⌉, the souls of men make their suit, saying, "Bring our cause before the Most High.".' 4. And they said to the Lord of the ages: 'Lord of lords, God of gods, King of kings, 〈and God of the ages〉, the throne of Thy glory (standeth) unto all the generations of the ages, and Thy name holy and glorious and blessed unto all the ages! 5. Thou hast made all things, and power over all things hast Thou: and all things are naked and open in Thy sight, and Thou seest all things, and nothing can hide itself from Thee. 6. Thou seest what Azâzêl hath done, who hath taught all unrighteousness on earth and revealed the eternal secrets which were (preserved) in heaven, which men were striving to learn: 7. And Semjâzâ, to whom Thou hast given authority to bear rule over his associates. 8. And they have gone to the daughters of men upon the earth, and have slept with the women, and have defiled themselves, and revealed to them all kinds of sins. 9. And the women have borne giants, and the whole earth has thereby been filled with blood and unrighteousness. 10. And now, behold, the souls of those who have died are crying and making their suit to the gates of heaven, and their lamentations have ascended: and cannot cease because of the lawless deeds which are wrought on the earth. 11. And Thou knowest all things before they come to pass, and

[paragraph continues] Thou seest these things and Thou dost suffer them, and Thou dost not say to us what we are to do to them in regard to these.'



Dari Kitab Henokh Bab 6 ini didapatkan nama-nama malaikat atau anak-anak Allah yang mengawini perempuan anak manusia, sbb:
1. Semjaza
2. Samlazaz
3. Arakiba
4. Rameel
5. Kokablel
6. Tamlel
7. Ramlel
8. Danel
9. Ezeqeel
10. Baraqijal
11. Azazel
12. Armaros
13. Batarel
14. Ananel
15. Zaqiel
16. Samsapeel
17. Satarel
18. Turel
19. Jomjael
20. Sariel.

Mereka ini adalah nama-nama pemimpin tiap sepuluh malaikat, berarti total malaikat = 20+(20x10)= 220 malaikat.

Mereka inilah pada awalnya adalah malaikat-malaikat kudus yang disebut sebagai Watchers.

Karena mereka turun dari sorga dan mengawini anak-anak perempuan manusia, dan hasil perkawinan ini menghasilkan anak-anak raksasa, maka malaikat-malaikat tersebut jatuh dalam dosa.



Nama-nama malaikat tsb diatas adalah Watchers tahap 1, karena mereka jatuh dalam dosa, YHWH menggantikan dengan malaikat-malaikat lain dan inilah yang saya sebut sebagai Watchers tahap 2.


SEMJAZA

Siapakah malaikat yang bernama Semjaza itu ?

Semjaza adalah pemimpin Wachers tahap 1, dan dialah yang mengajak anak-anak Allah yang lain untuk turun ke bumi dan mengawini anak-anak perempuan manusia. (Henokh 6:4)

Semjaza mengajarkan kepada manusia: mantera-mantera dan cara memotong akar.(Henokh 8:3)

Atas perintah YHWH, Malaikat Michael mengikat/membelenggu Semjaza dan kawan-kawannya karena mereka telah jatuh dalam dosa. (Henokh 10:11).

ARMAROS
Armaros adalah malaikat yang mengajarkan penyelesaian mantra-mantra. (Henokh 8:3)

BARAQIJAL
Baraqijal adalah malaikat yang mengajarkan astrologi.

KOKABEL
Kokabel adalah malaikat yang mengajarkan rasi-rasi bintang.

EZEQEEL
Ezeqeel adalah malaikat yang mengajarkan pengetahuan tentang awan.

ARAQIEL
Araqiel adalah malaikat yang mengajarkan tanda-tanda bumi.

SHAMSIEL
Shamsiel adalah malaikat yang mengajarkan tanda-tanda matahari.

SARIEL
Sariel adalah malaikat yang mengajarkan perjalanan (orbit, peredaran) bulan.




YAKUB BERTEMU MALAIKAT YANG TURUN NAIK DARI TANGGA SORGA KE BUMI.
Kejadian 28:10-22
10   Maka Yakub berangkat dari Bersyeba dan pergi ke Haran.
11   Ia sampai di suatu tempat, dan bermalam di situ, karena matahari telah terbenam. Ia mengambil sebuah batu yang terletak di tempat itu dan dipakainya sebagai alas kepala, lalu membaringkan dirinya di tempat itu.
12   Maka bermimpilah ia, di bumi ada didirikan sebuah tangga yang ujungnya sampai di langit, dan tampaklah malaikat-malaikat ELOHIM turun naik di tangga itu.
13   Berdirilah YHWH di sampingnya dan berfirman: ''Akulah YHWH, ELOHIM Abraham, nenekmu, dan ELOHIM Ishak; tanah tempat engkau berbaring ini akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu.
14   Keturunanmu akan menjadi seperti debu tanah banyaknya, dan engkau akan mengembang ke sebelah timur, barat, utara dan selatan, dan olehmu serta keturunanmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.
15   Sesungguhnya Aku menyertai engkau dan Aku akan melindungi engkau, ke mana pun engkau pergi, dan Aku akan membawa engkau kembali ke negeri ini, sebab Aku tidak akan meninggalkan engkau, melainkan tetap melakukan apa yang Kujanjikan kepadamu.''
16   Ketika Yakub bangun dari tidurnya, berkatalah ia: ''Sesungguhnya YHWH ada di tempat ini, dan aku tidak mengetahuinya.''
17   Ia takut dan berkata: ''Alangkah dahsyatnya tempat ini. Ini tidak lain dari rumah ELOHIM, ini pintu gerbang sorga.''
18   Keesokan harinya pagi-pagi Yakub mengambil batu yang dipakainya sebagai alas kepala dan mendirikan itu menjadi tugu dan menuang minyak ke atasnya.
19   Ia menamai tempat itu Betel; dahulu nama kota itu Lus.
20   Lalu bernazarlah Yakub: ''Jika ELOHIM akan menyertai dan akan melindungi aku di jalan yang kutempuh ini, memberikan kepadaku roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai,
21   sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku, maka YHWH akan menjadi Elohimku.
22   Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah ELOHIM. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu.''

Yakub melihat banyak malaikat YHWH yang turun dari Sorga. Siapakah malaikat-malaikat itu ? Yang jelas pasti ada Gabriel dan Michael dan sisanya siapa nama malaikat-malaikat tersebut ? Nantikan jawabannya pada postingan berikutnya.
Malaikat YHWH bergulat dengan Yakub.

Kejadian 32:22-32
22   Pada malam itu Yakub bangun dan ia membawa kedua isterinya, kedua budaknya perempuan dan kesebelas anaknya, dan menyeberang di tempat penyeberangan sungai Yabok.
23   Sesudah ia menyeberangkan mereka, ia menyeberangkan juga segala miliknya.
24   Lalu tinggallah Yakub seorang diri. Dan seorang laki-laki bergulat dengan dia sampai fajar menyingsing.
25   Ketika orang itu melihat, bahwa ia tidak dapat mengalahkannya, ia memukul sendi pangkal paha Yakub, sehingga sendi pangkal paha itu terpelecok, ketika ia bergulat dengan orang itu.
26   Lalu kata orang itu: ''Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing.'' Sahut Yakub: ''Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku.''
27   Bertanyalah orang itu kepadanya: ''Siapakah namamu?'' Sahutnya: ''Yakub.''
28   Lalu kata orang itu: ''Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan ELOHIM dan manusia, dan engkau menang.''
29   Bertanyalah Yakub: ''Katakanlah juga namamu.'' Tetapi sahutnya: ''Mengapa engkau menanyakan namaku?'' Lalu diberkatinyalah Yakub di situ.
30   Yakub menamai tempat itu Pniel, sebab katanya: ''Aku telah melihat ELOHIM berhadapan muka, tetapi nyawaku tertolong!''
31   Lalu tampaklah kepadanya matahari terbit, ketika ia telah melewati Pniel; dan Yakub pincang karena pangkal pahanya.
32   Itulah sebabnya sampai sekarang orang Israel tidak memakan daging yang menutupi sendi pangkal paha, karena Dia telah memukul sendi pangkal paha Yakub, pada otot pangkal pahanya. 



Siapakah nama Malaikat yang bergulat dengan Yakub ?
Kejadian 32:29-30
29   Bertanyalah Yakub: ''Katakanlah juga namamu.'' Tetapi sahutnya: ''Mengapa engkau menanyakan namaku?'' Lalu diberkatinyalah Yakub di situ. 
30   Yakub menamai tempat itu Pniel, sebab katanya: ''Aku telah melihat ELOHIM berhadapan muka, tetapi nyawaku tertolong!''     

Saya menemukan ada malaikat yang bernama Phanuel (Pnuel).
Henokh 40:9d  ..... yang ditugaskan atas penyesalan dan harapan mereka yang mewarisi kehidupan abadi, diberi nama Phanuel.

Sehubungan dengan pertanyaan Yakub, "Katakanlah juga namamu.", saya menduga bahwa Yakub menamai tempat itu Pniel (Pnuel) adalah diambil dari nama malaikat yang bergulat dengan Yakub.



Peristiwa di dalam Alkitab  ini adalah kisah sebenarnya, walaupun kejadiannya mengandung nilai "rohani". Dalam teologia, hal ini dikenal sebagai 'tipologi'.

Peristiwa ini terjadi pasca Yakub menipu Esau dan ia mendapat akibat dari 'penipuannya' itu.

Mari kita perhatikan kisah Yakub -- dari kacamata positif – maka kita akan melihat masalah di sana.


* Kejadian 32:22
LAI TB, Pada malam itu Yakub bangun dan ia membawa kedua isterinya, kedua budaknya perempuan dan kesebelas anaknya, dan menyeberang di tempat penyeberangan sungai Yabok.KJV, And he rose up that night, and took his two wives, and his two womenservants, and his eleven sons, and passed over the ford Jabbok.
Hebrew,
וַיָּקָם ׀ בַּלַּיְלָה הוּא וַיִּקַּח אֶת־שְׁתֵּי נָשָׁיו וְאֶת־שְׁתֵּי שִׁפְחֹתָיו וְאֶת־אַחַד עָשָׂר יְלָדָיו וַֽיַּעֲבֹר אֵת מַעֲבַר יַבֹּֽק׃
Translit,"VAYAQAM BALAYLAH HU' VAYIQAKH 'ET-SYETEY NASYAV VE'ET-SYETEY SYIFKHOTAV VE'ET-'AKHAD 'ASAR YELADAV VAYA'AVOR 'ET MA'AVAR YABOQ


Apakah Anda sudah melihat "masalah" di sini? Seorang diri plus dua istri dan dua selir, serta sebelas anak, dibawa menyeberang sungai Yabok.


* Kejadian 32:23LAI TB, Sesudah ia menyeberangkan mereka, ia menyeberangkan juga segala miliknya.
KJV, And he took them, and sent them over the brook, and sent over that he had.
Hebrew, 
וַיִּקָּחֵם וַיַּֽעֲבִרֵם אֶת־הַנָּחַל וַֽיַּעֲבֵר אֶת־אֲשֶׁר־לֹו ׃
Translit, VAYIQAKHEM VAYA'AVIREM 'ET-HANAKHAL VAYA'AVER 'ET-'ASYER-LO


Masalah Yakub bukan hanya di ayat 22 saja, masih ada lagi, menyeberangkan segala miliknya, belum lagi kekuatiran karena dikejar-kejar oleh Esau, saudaranya. Bayangkan, Yakub sendiri lho yang 'ngurusin istri, selir, anak, plus harta benda (kambing, domba, dll).


* Kejadian 32:24
LAI TB, Lalu tinggallah Yakub seorang diri. Dan seorang laki-laki bergulat dengan dia sampai fajar menyingsing.
KJV, And Jacob was left alone; and there wrestled a man with him until the breaking of the day.Hebrew,
וַיִּוָּתֵר יַעֲקֹב לְבַדֹּו וַיֵּאָבֵק אִישׁ עִמֹּו עַד עֲלֹות הַשָּֽׁחַר׃
Translit,VAYIVATER YA'AQOV LEVADO VAYE'AVEQ 'ISY 'IMO 'AD 'A LOT HASYAKHAR


Yakub memilih untuk tinggal seorang diri di seberang sungai Yabok.  Puncak masalah terjadi di sini, " ויותר יעקב ; VAYIVATER YA'AQOV", harfiah "dan ia ditinggalkan - Yakub". Anak, istri, selir, harta benda, semua sudah diseberangkan, lha 'ngapain Yakub sendiri saja? Kemudian ada seorang laki-laki -- entah dari mana datangnya -- bergulat dengan Yakub hingga pagi hari.



"Seorang laki-laki". ' איש - 'ÎSY, ia adalah pemimpin bala tentara TUHAN, coba perhatikan ayat-ayat berikut: (Kejadian 32:1-2, Yosua 5:13-14, Hosea 12:3-5)


* Hosea 12:3-5
"TUHAN mempunyai perbantahan dengan Yehuda, Ia akan menghukum Yakub sesuai dengan tingkah lakunya, dan akan memberi balasan kepadanya sesuai dengan perbuatan-perbuatannya. Di dalam kandungan ia menipu saudaranya, dan dalam kegagahannya ia bergumul dengan Allah. Ia bergumul dengan Malaikat dan menang; ia menangis dan memohon belas kasihan kepada-Nya. Di Betel ia bertemu dengan Dia, dan di sanalah Dia berfirman kepadanya:" 



"Bergulat" (Ibrani " ויאבק - VAYÊ'ÂVÊQ"). Di Timur Dekat persoalan-persoalan hukum kadang-kadang diputuskan dengan suatu percobaan atau ujian. Salah satu caranya ialah bertanding dengan pergulatan. Cerita ini mengungkapkan sifat asasi dari peri kerajaan Allah sebagai pergulatan oleh para pedosa bagi pembenaran. Dalam pergumulan Yakub ini jalan pergulatan sejajar dengan pergumulan rohani.


* Kejadian 32:25-26 
32:25 LAI TB, Ketika orang itu melihat, bahwa ia tidak dapat mengalahkannya, ia memukul sendi pangkal paha Yakub, sehingga sendi pangkal paha itu terpelecok, ketika ia bergulat dengan orang itu.KJV, And when he saw that he prevailed not against him, he touched the hollow of his thigh; and the hollow of Jacob's thigh was out of joint, as he wrestled with him. Hebrew,
וַיַּרְא כִּי לֹא יָכֹל לֹו וַיִּגַּע בְּכַף־יְרֵכֹו וַתֵּקַע כַּף־יֶרֶךְ יַעֲקֹב בְּהֵֽאָבְקֹו עִמֹּֽו׃
Translit,  VAYAR KI LO' YAKHOL LO VAYIGA BEKHAF-YEREKHO VATEKA KAF-YEREKH YA'AKOV BEHE'AVKO IMO

32:26 LAI TB, Lalu kata orang itu: "Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing." Sahut Yakub: "Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku." KJV, And he said, Let me go, for the day breaketh. And he said, I will not let thee go, except thou bless me.Hebrew,
וַיֹּאמֶר שַׁלְּחֵנִי כִּי עָלָה הַשָּׁחַר וַיֹּאמֶר לֹא אֲשַֽׁלֵּחֲךָ כִּי אִם־בֵּרַכְתָּֽנִי׃
Translit, VAYOMER SHALKHENI KI ALA HASYAKHAR VAYOMER LO ASYALEKHAKHA KI IM-BERAKHTANI


"Ia tidak dapat mengalahkannya", " לא יכל  ; LO' YÂKHOL" harfiah ia tidak dapat. Musuh yang ilahi itu adalah juga TUHAN yang menyelamatkan dengan pemilihan, yang menguatkan Yakub dengan kasih karunia untuk terus bergulat dengan Dia, supaya ia tidak dikalahkan dan dikutuk. Demikianlah dengan bertahan dalam permohonan yang didasarkan iman Yakub muncul dari pergumulan itu dengan suatu berkat. "Ia memukul" (Ibrani " נגע  - NÂGA'"). Pembenaran itu didapatkan dengan melalui penderitaan. Karena paha dipandang sebagai tumpuan sumber pembiakan kekuatan, maka pemukulan paha Yakub itu adalah tanda akan terpukulnya keturunan Yakub yang akan dipukul oleh Allah dan oleh penderitaan-Nya serta kemenangan-Nya membenarkan Yakub dan semua orang pilihan allah. Keinginan malaikat untuk pergi sebelum fajar menyingsing mengungkapkan kepentingan Allah yang menjaga agar Yakub jangan binasa karena melihat wajah Allah yang tidak diamati karena kegelapan. Dengan mengingat hal ini, Yakub menyebut tempat itu " פנואל  - PENIEL", "wajah Allah".


Kisah ini ditulis oleh Musa ratusan tahun kemudian, dan Musa pasti memperoleh cerita ini secara turun-temurun. Ada maksud tertentu mengapa Musa menulis kisah ini dan maksud itulah yang seyogianya dikaji.

Di Timur Dekat, masalah hukum kadang-kadang diputuskan dengan suatu pencobaan atau ujian. Salah satu caranya adalah bertanding dalam pergulatan. Kisah Yakub ini mengungkapkan sifat dasar pergulatan orang berdosa bagi pembenaran. Pergumulan Yakub sejajar dengan pergumulan rohani.

Laki-laki yang bergulat dengan Yakub, yang kemudian dipanggil dengan istilah "engkau telah bergumul melawan 'Allah' dan manusia" jelas sekali tidak "kalah" karena ia mampu memukul sendi paha Yakub.

Banyak "hikmah" yang dapat dipetik dari kisah itu, dan barangkali inilah maksud Musa menulis kisah itu.


* Hosea 12:5 
LAI TB, Ia bergumul dengan Malaikat dan menang; ia menangis dan memohon belas kasihan kepada-Nya. Di Betel ia bertemu dengan Dia, dan di sanalah Dia berfirman kepadanya:KJV,   Yea, he had power over the angel, and prevailed: he wept, and made supplication unto him: he found him in Bethel, and there he spake with us;Hebrew,
וָיָּשַׂר אֶל־מַלְאָךְ וַיֻּכָל בָּכָה וַיִּתְחַנֶּן־לֹו בֵּֽית־אֵל יִמְצָאֶנּוּ וְשָׁם יְדַבֵּר עִמָּֽנוּ׃
Translit, VAYASAR 'EL-MAL'AKH VAYUKHAL BAKHAH VAYITKHANEN-LO BEYT-'EL YIMTSA'ENU VESYAM YEDABER 'IMANU



Apakah benar Allah kalah melawan manusia?


* Kejadian 32:28 
LAI TB, Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang."KJV, And he said, Thy name shall be called no more Jacob, but Israel: for as a prince hast thou power with God and with men, and hast prevailed.Hebrew,
וַיֹּאמֶר לֹא יַעֲקֹב יֵאָמֵר עֹוד שִׁמְךָ כִּי אִם־יִשְׂרָאֵל כִּֽי־שָׂרִיתָ עִם־אֱלֹהִים וְעִם־אֲנָשִׁים וַתּוּכָֽל׃
Translit interlinear, VAYO'MER (dan ia berkata) LO' (tidak) YA'AQOV (Yakub) YE'AMER 'OD (lagi) SYIMKHA (namamu) KI (tetapi) 'IM-YISRA'EL (juga Israel) KI-SARITA (karena engkau punya kuasa) 'IM-'ELOHIM (dengan Allah) VE'IM-'ANASYIM (dan dengan manusia) VATUKHAL (dan engkau menang)


Orang sering menganggap bahwa jika seseorang menang, maka yang lain kalah padahal dalam kisah pergumulan Yakub itu tidak dikatakan Allah itu kalah.

Jika Yakub lebih "hebat" niscaya pahanya tidak bakal terpelecok. Allah jelas tidak dapat dikalahkan oleh manusia, namun Yakub "mampu" bertahan bergulat semalam-malaman dengan "manusia" ilahi itu.



Suatu ilustrasi...

Seorang pembunuh bayaran diminta membunuh satu keluarga yang terdiri atas suami, istri, plus satu orang anak laki-laki. Sesudah berhasil membunuh sang suami, pembunuh ini mencoba membunuh anak laki-laki tadi, tetapi ibunya berusaha memegang kaki sang pembunuh dan menyuruh anaknya kabur. Ibu ini benar-benar "bergumul" dan 'nggak melepaskan kaki sang pembunuh meskipun akhirnya ia harus tewas. Nah, apakah sang pembunuh itu "kalah" meskipun tidak berhasil melepaskan kakinya dari pegangan sang ibu?


Nama Yakub berganti menjadi ISRAEL


Pergantian nama yang diberikan TUHAN, selalu mengarah kepada status baru, seperti halnya Abram menjadi Abraham.

"Israel" (Ibrani: " ישראל - YISRA'EL") berasal dari dua kata " שרה  - SARAH", "berkuasa", "memiliki kuasa"; dan "  אל  - 'EL", "Allah". " ישראל - YISRA'EL" berarti "Allah menang"'God prevails'.

"Israel signifies a prince or prevailer with God; or, a prince of God," (Matthew's NT Poole's Commentary)

Lihat terjemahan King James Version, yang menulis : "And he said, Thy name shall be called no more Jacob, but Israel: for as a prince hast thou power with God and with men, and hast prevailed."

Bandingkan bahwa seseorang dapat "bergumul" dalam masalahnya, jika ia menang, belum tentu masalah itu kalah.



Berikut adalah daftar nama dari 72 Angels

Abasdarhon - angel of the fifth hour of the night.
Abraxos - ancient name attributed to an angel.
Adnachiel - angel who rules November.
Adonael - an archangel .
Adonai - one of seven angels of the presence, or ELOHIM; creator.
Aeshma - Persian archangel.
Af - angel of light.
Agla - angel who saved Lot and his family.
Akriel - angel who aids those with infertility.
Amitiel - angel of truth.
Amriel - angel of the month of May.
Anael - angel influencing love, passion and sexuality.
Anapiel - angel whose name means "branch of God."
Anahel - angel who rules the third heaven.
Anpiel - angel who protects birds.
Ansiel - name of an angel known as "the constrainer."
Arael - variation of Uriel; prince over the people.
Araqiel - angel with dominion over the earth.
Araton - one of seven ruling angels over the provinces of heaven.
Ariel - "lion of God;" angel of protection.
Armisael - angel of the womb.
Asariel - "whom God has bound;" rules the moon.
Asroilu - guardian angel of the seventh heaven.
Astanphaeus - one of the seven angels of the presence; third gate guardian.
Asteraoth - name of an angel who thwarts power.
Atrugiel - great prince of the seventh heaven.
Ayil - angel of the zodiac sign Sagittarius.
Azbogah - name of the high ranking angel of judgment.
Azrael - archangel of death.
Azriel - name for the angel of destruction.
Balthioul - angel with the power to thwart distress.
Baradiel - angel of hail.
Barakiel - angel of lightning.
Barrattiel - angel of support.
Barbiel - angel of October.
Bariel - ruling angel of the eleventh hour of the day.
Barman - angel of intelligence.
Barquiel - ruling angel of the seventh hour of the day.
Baruchiel - angel with power over strife.
Bath Kol - female angel of divine prophecy.
Bazazath - archangel of the second heaven.
Bethor - one of seven ruling angels of the province of heaven.
Briathos - name of an angel who thwarts demons.
Cahethal - seraphim angel over agriculture.
Camael - angel name that means "he who sees God;" chief angel of powers.
Cassiel - angel of Saturn.
Cerviel - angel ruler of the principalities.
Chamuel - archangel whose name means "he who seeks God."
Chayyliel - angel whose name means "army;" a powerful angel.
Cochabiel - angel prince who stands before God.
Dabriel - angel of the first heaven who rules over Monday.
Dagiel - angel who has dominion over fish.
Dalquiel - angel prince of the third heaven.
Damabiath - angel of naval construction.
Dardariel - ruling angel of the eleventh hour.
Diniel - angel who protects infants.
Domiel - angel who guards the sixth hall of the seventh heaven.
Dubbiel - guardian angel of Persia; name means "bear-God."
Duma - angel prince of dreams.
Dumah - angel of silence.
Eae - angel who thwarts demons.
Eiael - angel with dominion over the occult sciences.
Elyon - ministering angel who brought the plague of hail upon Egypt.
Emmanuel - angel whose name means "God with us."
Erathaol - one of seven great archon angels.
Eremiel - great angel who presides over the Abyss and Hades.
Gabriel - archangel whose name means "man or hero of God."
Gadriel - angel who rules the fifth heaven.
Galgaliel - prince angel of the sun, like Raphael.
Galizur - great angel who rules the second heaven.
Gamaliel - angel who takes the elect unto heaven.
Gazardiel - angel who supervises the east.
Geburatiel - angel prince who guards the seventh heaven.
Guriel - angel of the zodiac sign of Leo.
Gzrel - angel who revokes any evil decree against another in heaven.
Hadraniel - angel who stands at the second gate in heaven; "majesty of God."
Hadriel - guardian angel of the gates of the east wind.
Hagith - one of the seven ruling angels of the provinces of heaven.
Halaliel - archangel known as "the lord of karma."
Hamaliel - angel who rules the order of virtues.
Hamon - a great, honored, beautiful prince angel in heaven.
Haniel - an archangel who guards the tree of life.
Harahel - angel who oversees libraries.
Hasdiel - angel of benevolance.
Hasmal - fire speaking angel of the throne of God.
Hayliel - angel prince in the seventh heaven.
Haziel - angel whose name means "vision of God."
Heman - angel leader of the heavenly choir, whose name means "trust."
Hermesiel - angel who leads one of the heavenly choirs.
Hofniel - ruling angel of the bene ELOHIM; name means "fighter of God."
Iaoel - an angel of the lord; angel of visions.
Iaoth - archangel who has power to thwart demons.
Leo - an angel who thwarts demons.
Iofiel - archangel whose name means "beauty of God."
Israfil - Islamic angel whose name means "the burning one."
Jael - cherub who guards the ark of the covenant.
Jahoel - one of the angels of the presence and chief of the seraphim.
Jaoel - guardian angel who lives in the seventh heaven.
Jeduthun - angel whose name means "master of howling" or chanting to God.
Jefischa - ruling angel of the fourth hour of the night.
Jehudiel - archangel who rules the movements of the celestial spheres.
Jeremiel - archangel whose name means "mercy of God."
Kabshiel - angel of grace and favor.
Kafziel - archangel who rules the planet Saturn.
Kakabel - angel who rules over stars and constellations.
Kalaziel - angel who has the power to thwart demons of disease.
Karael - angel who has the power to thwart demons.
Kemuel - archon angel and chief of the seraphim.
Kerubiel - prince angel of the cherubim.
Kokabiel - prince angel of the stars.
Kutiel - angel of water and the use of diving rods.
Labbiel - angel whose name was changed to Raphael.
Lahabiel - angel who protects against evil spirits.
Lamechial - angel who thwarts deception.
Lassuarium - angel who rules the tenth hour of the night.
Laylah - angel who oversees and protects childbirth.
Machidiel - angel governing the zodiac sign of Aries and the month of March.
Marmaroth - angel who has power to thwart fate.
Mendrion - angel who rules the seventh hour of the night.
Metatron - one of the greatest archangels, second only to God.
Michael - great archangel whose name means "who is as God."
Mihr - angel of divine mercy; angel that governs September.
Miniel - angel invoked to induce love.
Mitatron - an angel of the third heaven.
Morael - angel of awe that rules the months of August-September.
Moroni - brought messages to Joseph Smith, founder of Mormonism.
Muriel - angel who rules the dominions and the month of June.
Naaririel - great prince angel of the seventh heaven.
Nahaliel - angel who governs running streams; "valley of God."
Nanael - angel who governs the sciences, and philosophy.
Narcariel - angel that rules the eighth hour of the night.
Nasargiel - good angel with a lion head that rules hell.
Nathanael - angel ruling over hidden things, fire and vengeance.
Naya'il - angel of testing.
Nelchael - angel of the schemhamphorae.
Nuriel - angel of spellbinding power and of hail storms.
Och - one ruling angel of the provinces of heaven.
Omael - angel of chemistry and species perpetuation.
Onoel - name of an archon angel...
Ophaniel - prince angel over the ophanim.
Ophiel - one ruling angel of the provinces of heaven and Mercury.
Oriel - ruling angel of the tenth hour of the day.
Orifiel - archangel over thrones, and the second hour of the day.
Orphamiel - angel known as the "great finger of the Father."
Osmadiel - ruling angel of the eighth hour of the day.
Ouriel - archangel who commands demons.
Pamyel - ruling angel of the ninth hour of night.
Pathiel - angel whose name means "opener of God."
Peliel - angel who rules the virtues.
Peniel - angel who rules Friday and resides in the third heaven.
Pesagniyah - angel who ushers prayers of grief to heaven.
Phaleg - one of the seven ruling angels of the provinces of heaven.
Phanuel - archangel who is an interpreter of revelations.
Phounebiel - disease thwarting angel.
Phul one of the seven ruling angels of the provinces of heaven.
Pravuil - an archangel who keeps all the records of heaven.
Pronoia - an archon angel who helped make mankind.
Purah - angel of forgetfulness.
Puriel - angel whose name means "the fire of God;" angel of punishment.
Qaspiel - angel who rules the moon.
Quabriel - ruling angel of the ninth hour of the day.
Rachiel - ophanim angel who rules Venus and governs sexuality.
Rachmiel - angel of mercy whose name also means the same.
Radueriel - angel who can create other angels and oversees archives.
Raguel - angel who watches over the behavior of angels; "friend of God."
Rahab - angel of death, destruction, but also the sea.
Rahatiel - angel prince of the constellations; name means "to run."
Rahmiel - angel of mercy and love.
Ramiel - angel who oversees visions and souls during the day of judgment.
Raphael - great archangel whose name means "the shining one who heals."
Rathanael - angel of the third heaven and thwarter of demons.
Raziel - angel chief over the thrones, guarding the secrets of the universe.
Remiel - angel who leads souls to judgment; name means "mercy of God."
Rikbiel - angel who oversees the divine chariot; chief of wheels.
Rizoel - angel with power to thwart demons.
Rogziel - angel of punishment whose name means "the wrath of God."
Ruman - angel who takes account of evil men's deeds while in hell.
Sabaoth - archon angel of the presence.
Sabathiel - angel or intelligence who communicates divine light.
Sablo - angel of graciousness and protection.
Sabrael - archangel who guards the first heaven.
Sabrathan - ruling angel of the first hour of the night.
Sachiel - ruling angel of Jupiter whose name means "covering of God."
Sagnessagiel - angel who guards the fourth hall of the seventh heaven.
Sahaqiel - angel prince of the fourth heaven.
Salathiel - rescuing angel of Adam and Eve.
Samkiel - angel of destruction and purifier of souls from sheol.
Samuel - fruling angel of the first hour of the day.
Sandalphon - giant angel whose name means "co-brother" (of Metratron).
Saniel - ruling angel of the sixth hour of the day.
Sarakiel - angel who rules the ministering angels.
Sarandiel - ruling angel of the twelfth hour of the night.
Satqiel - angel prince of the fifth heaven.
Seraphiel - chief angel of the seraphim angels.
Shamsiel - angel whose name means "light of day."
Shepherd - angel of repentance.
Shoftiel - angel whose name means "the judge of God."
Sidqiel - angel prince of the ophanim; ruler of Venus.
Sidriel - angel prince of the first heaven.
Simiel - archangel.
Sizouze - angel of prayer.
Sophia - angel whose name means "wisdom."
Soqedhozi - angel who weighs the merits of of men before God.
Sorath - angel who is the spirit of the sun.
Sorush - angel who punishes souls on judgment day.
Soterasiel - angel whose name means "who stirs up the fire of God."
Sraosha - angel who sets the world in motion.
Suriel - angel of healing whose name means "God's command."
Tagas - governing angel of singing angels.
Tartys - ruling angel of the second hour of the night.
Tatrasiel - great angelic prince.
Temeluch - angel caretaker who protects newborn babies and children.
Temperance - angel of the elixir of life.
Theliel - angel prince of love.
Tubiel - angel of summer.
Tzadkiel - angel of justice and guardian of the gates of the east wind.
Ubaviel - angel of the zodiac sign of Capricorn.
Umabel - angel of physics and astronomy.
Uriel - great archangel whose name means "God is my light."
Usiel - an angel who stands before the throne of God.
Uzziel - cherubim angel whose name means "strength of God."
Varhmiel - ruling angel of the fourth hour of the day.
Vequaniel - ruling angel of the third hour of the day.
Verchiel - ruling angel of the month of July and of the zodiac sign Leo.
Vretiel - swift in wisdom archangel responsible for recording God's deeds.
Xathanael - the sixth angel created by God.
Yabbashael - an angel of the earth whose name means "the mainland."
Yefefiah - archangel who is the prince of the Torah.
Yehudiah - benevolant angel of death.
Yerachmiel - an archangel who rules earth.
Yeshamiel - angel who rules the zodiac sign of Libra.
Yofiel - angel prince of the Torah commanding 53 legions of angels.
Zaapiel - angel punisher of wicked souls.
Zaazenach - ruling angel of the sixth hour of the night.
Zabkiel - angel who rules over the thrones.
Zachariel - angel governor of Jupiter.
Zachriel - angel who governs memories.
Zadkeil - archangel who rules heaven and stands in the presence of God.
Zagzagel - angel prince of the Torah and of wisdom.
Zakzakiel - angel of the seventh heaven who records good deeds.
Zaphiel - angel ruler of the cherubim.
Zaphkiel - archangel whose name means "knowledge of God."
Zarall - cherub angel who guards the ark of the covenant.
Zazriel - angel whose name means "strength of God."
Zehanpuryu - high ranking angel whose name means "one who sets free."
Zerachiel - angel of the month of July and the sun.
Zophiel - angel whose name means "God's spy."
Zuriel - angel ruler of the principalities whose name means "my rock is God."


Dan berikut adalah daftar dari mereka yang jatuh :


Abaddon - fallen angel of death whose name means "to destroy."
Abezethibou - one-winged Red Sea fallen angel.
Allocen - fallen angel who is a duke in hell.
Amduscias - name of the fallen angel who appears as a unicorn.
Amon - fallen angel who is a strong marquis over 40 legions.
Amy - name of a fallen angel who is a president in hell.
Andras - fallen angel marquis and appears raven-headed.
Andrealphus - fallen angel who can transform humans into birds.
Andromalius - fallen angel who appears as a man holding a serpent.
Apollyon - fallen angel of death; same as Abaddon.
Armaros - fallen angel who teaches the "resolving of enchantments."
Asmoday - fallen angel king with three heads: a bull, a ram, and a man.
Asmodeus - one of the most evil of fallen angels, being an archdemon.
Astaroth - fallen angel who is a grand duke in hell.
Azael - evil, fallen angel who cohabited with women.
Azazel - fallen angel whose name means "God strengthens."
Azza - fallen angel whose name means "the strong."
Baal - fallen angel whose name means "the lord."
Balam - fallen angel who looks like Asmoday with a serpent tail.
Balberith - fallen angel who is a grand pontiff in hell.
Baraqijal - fallen angel who teaches astrology.
Barbatos - fallen angel who is a great count, earl and duke of hell.
Bathin - pale horse riding fallen angel.
Beelzebub - fallen angel known as the "prince of demons."
Behemoth - fallen angel who is the "demon of the deep."
Beleth - fallen angel who is a terrible king over 85 legions.
Belial - deceptively beautiful fallen angel whose name means "without worth."
Belphegor - fallen angel whose name means "lord of opening."
Berith - fallen angel...
Bernael - fallen angel of darkness and evil.
Bifrons - fallen angel that appears monstrous and teaches mathematical arts.
Botis - fallen angel who appears as a viper.
Buer - fallen angel who teaches philosophy, logic and ethics.
Bune - fallen angel who appears as a dragon with three heads.
Caim - fallen angel who appears as a thrush or man with a sword.
Dantanian - fallen angel who appears as a man with many faces.
Decarabia - fallen angel who appears as a star in a pentacle.
Eligor - fallen angel who appears as a good knight with lance.
Enepsigos - fallen angel who appears in the shape of woman.
Flauros - fallen angel who appears as a leopard.
Focalor - fallen angel who appears as a man with griffin wings.
Forcas - fallen angel who teaches logic and ethics.
Forneus - fallen angel marquis who appears as a sea monster.
Furcas - fallen angel who appears as a cruel man with long beard.
Furfur - fallen angel who appears as a hart with a fiery tail.
Gaap - fallen angel who appears as a man with bat wings.
Gadreel - fallen angel whose name means "God is my helper."
Gamygyn - fallen angel who appears as a small horse.
Glasyalabolas - fallen angel who appears as a winged dog.
Gomory - fallen angel who appears as a camel riding woman of beauty.
Gusion - fallen angel who can discern the past, present or future.
Hagenti - fallen angel who appears as a bull with griffin wings.
Halpas - fallen angel who appears as a stork.
Imamiah - fallen angel who governs voyages.
Ipos - fallen angel who appears as an angel with a lion's head.
Kokabiel - fallen angel whose name means "star of God."
Kunopegos - fallen angel who appears as a sea horse and sinks ships.
Lahash - fallen angel who interferes with divine will.
Lerajie - fallen angel who appears as an archer in green.
Leviathon - fallen angel associated with the deep seas.
Lillith - fallen female angel who searches for children to kidnap or kill.
Lix Tetrax - fallen angel of the wind.
Lucifer - actually a Babylonian king whose name means "bearer of light."
Malpas - fallen angel who appears as a crow.
Marbas - fallen angel who appears as a lion.
Marchosias - fallen angel who appears as a she-wolf with griffin wings.
Mastema - fallen angel whose name means "hostility."
Mephistopheles - fallen angel; name means "he who loves not the light."
Morax - fallen angel who appears as a bull.
Naamah - fallen angel of prostitution whose name means "pleasing."
Naberius - fallen angel who appears as a crowing cock.
Obyzouth - fallen angel femal who kills newborns and cause still-births.
Onoskelis - female fallen angel who lives in caves and perverts men.
Orias - fallen angel who appears as a lion with serpent's tail.
Ornias - fallen angel who is annoying and can shape-shift.
Orobas - fallen angel who appears as a horse.
Ose - fallen angel who appears as a leopard and is a president in hell.
Paimon - fallen angel who appears as a crowned man on a camel.
Penemuel - fallen angel who corrupts mankind through writing.
Pharzuph - fallen angel of fornication and lust.
Phoenix - fallen angel who appears as a phoenix bird.
Procel - fallen angel who can speak of hidden and secret things.
Purah - fallen angel of forgetfulness and the conjuring of the dead.
Purson - fallen angel who appears as a lion-headed man on a bear.
Qemuel - fallen angel who was destroyed by God.
Rahab - fallen angel of pride whose name means "violence."
Raum - fallen angel who appears as a crow.
Ronobe - fallen angel who is a monster who teaches rhetoric and art.
Ruax - headache fallen angel.
Sabnack - fallen angel who appears as a soldier with lion's head.
Saleos - fallen angel who appears as a soldier on a crocodile.
Samael - evil fallen angel whose name means "the blind God."
Satan  - christian fallen angel whose name means "adversary."
Seere - fallen angel who appears as a man on a winged horse.
Semyaza - fallen angel leader and one of the Sons of God.
Shax - fallen angel who appears as a stork; stealer of money.
Solas - fallen angel who appears as a raven and teaches astronomy.
Sorath - fallen angel to some whose number is 666.
Sytry - fallen angel; appears as a man with griffin wings and leopard head.
Uzza - fallen angel whose name means "strength."
Valac - fallen angel who appears as a small boy with wings on a dragon.
Valefor - fallen angel who appears as a many-headed lion.
Vapula - fallen angel who is skilled in handicrafts, science and philosophy.
Vassago - fallen angel who discovers all things lost or hidden.
Vepar - fallen angel who appears as a mermaid.
Vine - fallen angel and appears as a lion sitting on a black horse.
Vual - fallen angel who appears as a huge camel.
Wormwood - fallen angel who brings plagues upon the Earth.
Xaphan - fallen angel who fires the fires of hell.
Zagan - fallen angel who can transform things; looks like a bull with wings.
Zepar - fallen angel who makes women love men.



*FK.com


Universe
Angel%20with%20world
Angel-2094







Hi5 and Myspace Glitter Graphics: Angel Graphics
Hi5 and Myspace Glitter Graphics: Angel Graphics
Hi5 and Myspace Glitter Graphics: Angel Graphics
Hi5 and Myspace Glitter Graphics: Angel
angel with wings in the morning





Good Morning Lord
Day Surrendering Unto Night
Heaven Of Angels
Christ in the Sepulchre, Guarded by Angels
The Concert of Angels, from the Dome, 1534-36 (Detail)
The Annunciation
The Last Judgment
The Annunciation
Angels Playing Violon
Christ at the Mount of Olives
The Guardian Angel
Angels-Angel Art-Baby Angels-Guardian Angels-Dark Angels-Pictures of Angels
Angels-Angel Art-Baby Angels-Guardian Angels-Dark Angels-Pictures of Angels - Warrior Angel
Angels-Angel Art-Baby Angels-Guardian Angels-Dark Angels-Pictures of Angels
Angels-Angel Art-Baby Angels-Guardian Angels-Dark Angels-Pictures of Angels - Warrior Angel
Angels-Angel Art-Baby Angels-Guardian Angels-Dark Angels-Pictures of Angels
ANGELIC REALM OF GUARDIAN ANGELS
ANGELIC REALM OF THE JOYFILLED ANGELS
GUARDIAN ANGEL POEMS
GUARDIAN ANGEL POEMS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar