Selasa, 06 September 2011

Peranan seorang Maria

Apa peranan seorang Maria bagi domba-domba TUHAN YESUS?


2:3Ketika mereka kekurangan anggur, ibu YESUS berkata kepada-Nya: "Mereka kehabisan anggur."
2:4 Kata YESUS kepadanya: "Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba."
2:5 Tetapi ibu YESUS berkata kepada pelayan-pelayan: "Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!"
2:11 Hal itu dibuat YESUS di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya

Lihat, ...dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya...  :happy0025:

Jadi, masihkah anda meragukan Peranan seorang MARIA? :azn:

17:1   Enam hari kemudian YESUS membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja.
17:2   Lalu YESUS berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang.
17:3   Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia.
17:4   Kata Petrus kepada YESUS: "Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia."
17:5   Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia."
17:6   Mendengar itu tersungkurlah murid-murid-Nya dan mereka sangat ketakutan.
17:7   Lalu YESUS datang kepada mereka dan menyentuh mereka sambil berkata"Berdirilah, jangan takut!"
17:8   Dan ketika mereka mengangkat kepala, mereka tidak melihat seorangpun kecuali YESUS seorang diri.
17:9   Pada waktu mereka turun dari gunung itu, YESUS berpesan kepada mereka: "Jangan kamu ceriterakan penglihatan itu kepada seorangpun sebelum Anak Manusia dibangkitkan dari antara orang mati."

TUHAN YESUS sudah BANGKIT, kenapa harus "takut" memberitakan kebangkitan orang mati? :D
Tidak ada lagi orang mati karena:
Mat. 17:3   Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia.
Mat. 17:4   Kata Petrus kepada YESUS: "Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia."
9:4   Maka nampaklah kepada mereka Elia bersama dengan Musa, keduanya sedang berbicara dengan YESUS.
9:5   Kata Petrus kepada YESUS: "Rabi, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Baiklah kami dirikan tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia."
9:30   Dan tampaklah dua orang berbicara dengan Dia, yaitu Musa dan Elia.
9:33   Dan ketika kedua orang itu hendak meninggalkan YESUS, Petrus berkata kepada-Nya: "Guru, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Baiklah kami dirikan sekarang tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia." Tetapi Petrus tidak tahu apa yang dikatakannya itu.
22:32   Akulah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub? Ia bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup."
12:27   Ia bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup. Kamu benar-benar sesat!"
20:38   Ia bukan Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup, sebab di hadapan Dia semua orang hidup."
12:23   dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga, dan kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh-roh orang-orang benar yang telah menjadi sempurna,
:coolsmiley:
(46) Lalu kata Maria: "Jiwaku memuliakan Tuhan,
(47) dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku,
(48) sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia,
(49) karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus.
(50) Dan rahmat-Nya turun-temurun atas orang yang takut akan Dia.
(51) Ia memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya dan mencerai-beraikan orang-orang yang congkak hatinya;
(52) Ia menurunkan orang-orang yang berkuasa dari takhtanya dan meninggikan orang-orang yang rendah;
(53) Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa;
(54) Ia menolong Israel, hamba-Nya, karena Ia mengingat rahmat-Nya,
(55) seperti yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita, kepada Abraham dan keturunannya untuk selama-lamanya."

1:28 Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau."
terpujilah engkau diantara wanita
1:42 lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.
terpujilah buah tubuhmu YESUS
1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia YESUS.
1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,
1:33 dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan."

Santa Maria bunda Allah
1:43 Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?

11:19 Maka terbukalah Bait Suci Allah yang di sorga, dan kelihatanlah tabut perjanjian-Nya di dalam Bait Suci itu dan terjadilah kilat dan deru guruh dan gempa bumi dan hujan es lebat.
12:1 “Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya”
12:2 Ia sedang mengandung dan dalam keluhan dan penderitaannya hendak melahirkan ia berteriak kesakitan.

1:12    Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem.
1:13    Setelah mereka tiba di kota, naiklah mereka ke ruang atas, tempat mereka menumpang. Mereka itu ialah Petrus dan Yohanes, Yakobus dan Andreas, Filipus dan Tomas, Bartolomeus dan Matius, Yakobus bin Alfeus, dan Simon orang Zelot dan Yudas bin Yakobus.
1:14    Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan sertaMaria, ibu YESUS, dan dengan saudara-saudara YESUS.

3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

2:14 Lagipula bukan Adam yang tergoda, melainkan perempuan itulah yang tergoda dan jatuh ke dalam dosa.
2:15 Tetapi perempuan akan diselamatkan karena melahirkan anak, asal ia bertekun dalam iman dan kasih dan pengudusan dengan segala kesederhanaan.

9:1 Memang perjanjian yang pertama juga mempunyai peraturan-peraturan untuk ibadah dan untuk tempat kudus buatan tangan manusia.
9:8 Dengan ini ROH KUDUS menyatakan, bahwa jalan ke tempat yang kudus itu belum terbuka, selama kemah yang pertama itu masih ada.
9:9 Itu adalah kiasan masa sekarang. Sesuai dengan itu dipersembahkan korban dan persembahan yang tidak dapat menyempurnakan mereka yang mempersembahkannya menurut hati nurani mereka,
9:12 dan Ia telah masuk satu kali untuk selama-lamanya ke dalam tempat yang kudus bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu, tetapi dengan membawa darah-Nya sendiri. Dan dengan itu Ia telah mendapat kelepasan yang kekal.

19:26   Ketika YESUS melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: "Ibu, inilah, anakmu!"
19:27   Kemudian kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Inilah ibumu!" Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya.
19:27 He then said to his disciple, “Look, here is your mother!” From that very time the disciple took her into his own home.
19:27 ειτα λεγει τω μαθητη ιδου η μητηρ σου και απ εκεινης της ωρας ελαβεν αυτην ο μαθητης εις τα ιδια


και απ εκεινης της ωρας ελαβεν αυτην ο μαθητης εις τα ιδια:


και: kai  kahee: and, Imbuhan "dan"
απ: apo  apo': "off," i.e. away (from something near), in various senses (of place, time, or relation; literal or figurative). In composition (as a prefix) it usually denotes separation, departure, cessation, completion, reversal, etc, sejak, mulai, dll
εκεινης: ekeinos  ek-i'-nos: that one (or (neuter) thing); often intensified by the article prefixed, kata ganti orang ketiga, dia, dll
της: ho: including the feminine he, hay, and the neuter to in all their inflections, the (sometimes to be supplied, at others omitted, in English idiom), imbuhan The, dll
ωρας:hora  ho'-rah: an "hour" (literally or figuratively), day, hour, instant, season, X short, (even-)tide, (high) time., waktu, hari, dll
ελαβεν: lambano  lam-ban'-o: to take (in very many applications, literally and figuratively (properly objective or active, to get hold of, accept, + be amazed, assay, attain, bring, X when I call, catch, come on (X unto), have, hold, obtain, receive (X after), take (away, up).
αυτην: autos  ow-tos': the reflexive pronoun self, used of the third person , and (with the proper personal pronoun) of the other persons, her, it(-self), one, the other, (mine) own, said, (self-), the) same, ((him-, my-, thy- )self, (your-)selves, she, that, their(-s), them(-selves), there(-at, - by, -in, -into, -of, -on, -with), they, (these) things, this (man), those, together, very, which.
ο: ho: including the feminine he, hay, and the neuter to in all their inflections, the (sometimes to be supplied, at others omitted, in English idiom), imbuhan The, dll
μαθητης: mathetes  math-ay-tes': a learner, i.e. pupil, disciple, murid, pelajar, dll
εις:  eis  ice: to or into (indicating the point reached or entered), of place, time, or (figuratively) purpose (result, etc.); also in adverbial phrases...ward, (where-)fore, with. Often used in composition with the same general import, but only with verbs (etc.) expressing motion (literally or figuratively), (abundant-)ly, against, among, as, at, (back-)ward, before, by, concerning, + continual, + far more exceeding, for (intent, purpose), fore, + forth, in (among, at, unto, -so much that, -to), to the intent that, + of one mind, + never, of, (up-)on, + perish, + set at one again, (so) that, therefore(-unto), throughout, til, to (be, the end, -ward), (here-)until(-to), menerima, masuk, dll
τα: ho: including the feminine he, hay, and the neuter to in all their inflections, the (sometimes to be supplied, at others omitted, in English idiom), imbuhan The, dll
ιδια: idios  id'-ee-os: pertaining to self, i.e. one's own; by implication, private or separate, X his acquaintance, when they were alone, apart, aside, due, his (own, proper, several), home, (her, our, thine, your) own (business), private(-ly), proper, severally, their (own).

12:17   Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian YESUS.

Martin Luther:
“Tetapi konsepsi yang lain, yaitu pada saat penghembusan jiwa, adalah layak dan khidmat untuk dipercaya, ia tidak mempunyai dosa, sehingga ketika jiwanya dihembuskan, ia [Maria] pada saat yang sama dibersihkan dari dosa asal dan dikurniai karunia- karunia Tuhan untuk menerima jiwa yang dihembuskan. Oleh karena itu, pada saat ia mulai hidup, ia tidak mempunyai dosa sedikitpun….”
“Tuhan telah membentuk tubuh dan jiwa Perawan Maria penuh dengan ROH KUDUS, sehingga ia tanpa segala dosa, sebab ia telah mengandung dan melahirkan Tuhan YESUS.”
“Dalam karya-Nya, sewaktu dia dijadikan Bunda Allah, segala yang baik diberikan-Nya sehingga manusia tidak dapat membayangkannya. Bukan hanya bahwa Maria adalah
ibu Dia yang lahir di Bethlehem, akan tetapi Dia yang, sebelum jaman, sudah abadi lahir dari Bapa,
Maria dan pada waktu yang sama adalah manusia dan Tuhan.” (Weimer, The Works of Luther, Concordia vol 7 hal 572.)

John Calvin:
“Tidak dapat kita ingkari bahwa Tuhan telah memilih dan menentukan Maria sebagai ibu dari Putera-Nya, memberkatinya dengan segala hormat yang tertinggi . . . Elisabeth memanggilnya Bunda Allah, karena kesatuan dua alam KRISTUS yaitu manusia dan Tuhan pada waktu yang sama, karena selama Dia berada dalam rahimnya, Dia adalah tetap manusia dan Tuhan pada waktu yang sama.” (Calvini Opera, Corpus Reformatorum, braunschweig-Berlin. Vol 45, halaman 348 dan 335.)

Zwingli:
“Saya sangat menghargai Bunda Allah, Sang Perawan Maria yang tidak bernoda dan tetap perawan.”
“KRISTUS… dilahirkan dari Perawan yang paling tidak bernoda.”
“Adalah layak bahwa Sang Anak yang kudus harus mempunyai seorang Bunda yang kudus.”
“Semakin banyak penghormatan dan kasih KRISTUS berkembang di antara manusia, makin banyak penghargaan dan penghormatan kepada Maria harus berkembang juga.”
“Telah diberikan kepada Maria dan yang tidak dapat dimiliki oleh semua ciptaan, bahwa dalam daging dia dapat melahirkan Putera Tuhan.” (Zwingli Opera Reformatorum, Berlin. Vol 6, halaman 639.)

John Wesley:
“Saya percaya bahwa Ia (Allah Putera) telah menjelma menjadi manusia, menggabungkan kodrat manusia dengan ke-Allahan di dalam satu pribadi, dikandung oleh perbuatan tunggal dari ROH KUDUS, dan dilahirkan oleh Perawan Maria yang terberkati, yang sesudah maupun pada saat melahirkan-Nya, tetap perawan yang murni dan tidak bernoda.”

Si quaeris peninsulam amoenam circumspice

Tidak ada komentar:

Posting Komentar