Selasa, 08 April 2014

Pada Ekaristi (Perjamuan Kudus), umat hanya mendapat Roti (Hosti)

Mengenai ayat diatas, menurut saya jelas sekali itu bukan ekaristi atau perjamuan kudus karena :
1. Ayat tersebut tertulis kedua murid yang dlam kontekasnya sedang dalam perjalanan,dan karena menjelang malam mereka (kedua murid dan Yesus mendekati sebuah kampung) dan tinggal di kampung tersebut (dimungkin di sebuah penginapan)..Nah menjelang malam kan,apalagi orang-orang dari perjalanan jauh sudah kelaparan..Apakah Yesus dan kedua muridnya hanya makan malam dengan memakan Roti???Jadi apakah ayat diatas mendukung pernyataan saya??
2. Perjamuan kudus secara khusus bersama kedua belas muridnya sebelum Yesus di salib...Apakah ayat diatas bisa mendukung perjamuan kudus secara khusus tersebut???sedangkan dimana murid-murid yang lain???apakah murid-murid Yesus yang lain tidak iri???
3. Kok ayat diatas hanya menjelaskan Yesus dan kedua muridnya makan Roti??Minum Anggur nya ana??Apakah itu dapat diakatakan perjamuan kudus
4. Apakah Yesus dan kedua murid lainnya makan itu adalah ROTI TAK BERAGI??Atau hanya ROTI yang BIASA dimakan oleh orang-orang Israel pada zaman itu??
Gereja Katolik mengajarkan bahwa setiap Misa, selain mendengarkan (dan membaca) Alkitab, wajib ada Ekaristinya (Perjamuan Kudus), karena kalau hanya mendengar saja, sama seperti protestan, hati berkobar-kobar, apalahi pendetanya pake acara tereak tereak, sampai-sampai microphone mau lari saja, tetapi tidak mengerti.

30 Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka.
31 Ketika itu terbukalah mata mereka dan merekapun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka.
32 Kata mereka seorang kepada yang lain: "Bukankah hati kita berkobar-kobar, ketika Ia berbicara dengan kita di tengah jalan dan ketika Ia menerangkan Kitab Suci kepada kita?"
35 Lalu kedua orang itupun menceriterakan apa yang terjadi di tengah jalan dan bagaimana mereka mengenal Dia pada waktu Ia memecah-mecahkan roti.

Perhatikan mengapa anggur tidak wajib dalam Ekaristi, ini selaras dengan:

Kis 2:42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.
Kis 2:46 Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati,
Kis 20:11 Setelah kembali di ruang atas, Paulus memecah-mecahkan roti lalu makan; habis makan masih lama lagi ia berbicara, sampai fajar menyingsing. Kemudian ia berangkat.

Inilah iman Rasuli, inilah batu karang, inilah Petrus, inilah Gereja Katolik!

Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar