Selasa, 06 Desember 2011

Yesus TIDAK diciptakan

15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,
16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.
17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.
18 Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.
19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,
1:20 dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib KRISTUS.

Konteks dari ayat 15-20 ini jelas menjelaskan suatu pengertian yang berbeda, yaitu bahwa arti dari kata “firstborn” atau sulung bukan selalu bisa diartikan sebagai anak tertua atau ciptaan pertama, melainkan berarti pemimpin atau yang terutama.

Hal ini dapat kita temukan contohnya dalam Perjanjian Lama dimana Israel dikatakan sebagai Anak Sulung:

Maka engkau harus berkata kepada Firaun: Beginilah Firman Tuhan: Israel ialah anak-Ku, anak-Ku yang sulung

Jelas bahwa yg dimaksud Allah adalah bukannya bangsa Israel adalah bangsa ciptaan pertamaNya, melainkan bangsa kesayanganNya atau yg merupakan bangsa yg paling terutama dihadapanNya (Lihat juga Yeremia 31:9).

Juga dalam Mazmur 89:27 dikatakan mengenai keturunan Raja Daud akan di angkat menjadi “anak sulung” (the firstborn) oleh Tuhan, menyatakan bahwa arti “anak sulung” disini adalah suatu posisi atau kedudukan kehormatan yang paling tinggi.

Akupun juga akan mengangkat dia menjadi anak sulung, menjadi yang mahatinggi di antara raja-raja bumi.

Sekarang baru kita dapat melihat mengapa pencipta puisi yg dikutip Paulus di Kolose 1:15-20 sampai menggunakan kata “sulung”. Dia mengerti bahwa term “firstborn” adalah suatu term yg menyatakan suatu kedudukan terhormat dan tertinggi dan itu adalah suatu term yang pantas utk diberikan kepada YESUS KRISTUS. 

Kristuslah yg terutama dari segala sesuatu, sebab Dia yg menciptakan segala sesuatu dan segala sesuatu tersebut ada dalam Dia (ayat 16-17)

Jadi kata “firstborn” atau “sulung” adalah suatu bentuk bahasa yg bersifat metaphorical. YESUS bukannya ciptaan Allah yg pertama, atau seorang Anak Allah dari Bapa yg lahir dari perkawinan dengan seorang Dewi (seperti dalam cerita pagan myth kuno). YESUS adalah “yang Pertama” dari seluruh keluarga besar Allah, baik keluarga ciptaan (creation) maupun keluarga umat Allah yg ditebus (redemption)

Jadi Yesuslah yang paling terutama, dan yg paling semula, tapi Dia bukan bagian dari ciptaan itu sendiri, sebab Dia adalah “gambar Allah yang tidak kelihatan” dan “seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia” (ayat 15,19)

Kolose 1:15-->karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

Dari setiap tulisan yang di bold itu membuktikan bahwa DIA YESUS adalah "penyebab" dari semua ciptaan yang ada yang telah tercipta. Karena ada YESUS sang pencipta itu sendiri maka terjadilah Ciptaan  

1:19-->Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,

Kata seluruh benar-benar menegaskan bahwa DIA YESUS adalah "KESEMPURNAAN" dari ALLAH itu sendiri, kerena seluruh diri ALLAH diam didalam DIA. Dan itu adalah pernyataan yang sangat jelas bahwa YESUS itulah ALLAH

Wahyu 3:14 
"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah 

Ayat ini disalahtafsirkan oleh pihak2 yang menentang YESUS sebagai Tuhan dan Allah.

Apakah yang sebenarnya dimaksud di Why 3 : 14 ini?

Marilah kita lihat beberapa terjemahan lain :

Bahasa Indonesia Sehari-hari 
"Kepada malaikat jemaat di Laodikia, tulislah begini: Inilah pesan dari Sang Amin, Saksi yang setia dan benar, sumber segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah. 

Firman Allah Yang Hidup 
"Tuliskanlah surat ini kepada pemimpin jemaat di Laodikia: "Pesan ini dari Dia yang teguh, Saksi yang setia dan benar (dari semua perkara yang ada sekarang, dahulu, dan yang akan datang), sumber segala ciptaan Allah

New King James Version 
"And to the angel of the church of the Laodiceans write, `These things says the Amen, the Faithful and True Witness, the Beginning of the creation of God

New International Version
"To the angel of the church in Laodicea write:
These are the words of the Amen, the faithful and true witness, the ruler of God's creation

Amplified
And to the angel (messenger) of the assembly (church) in Laodicea write: These are the words of the Amen, the trusty and faithful and true Witness, the Origin and Beginning and Author of God's creation

Contemporary English Version
This is what you must write to the angel of the church in Laodicea: 
I am the one called Amen! I am the faithful and true witness and the source of God's creation. Listen to what I say. 

Bahasa aslinya adalah 'arche'.
Arti 'arche' adalah :
beginning, 
origin
the person or thing that commences, 
the first person or thing in a series, 
the leader
that by which anything begins to be, 
the active cause
the extremity of a thing
the first place, 
principality, 
rule, 
magistracy

Jadi, kata 'permulaan' di situ berarti awal atau sumber (origin).

Artinya bukanlah YESUS sebagai yang pertama kali Allah ciptakan sebelum menciptakan yang lainnya, melainkan bahwa 
YESUS adalah yang menjadi awal, permulaan atau sumber dari segala sesuatu yang diciptakan Allah karena Dialah Allah pencipta itu.

Kolose 1:15;

15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,

Yohanes 1:18;

18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Kedua ayat ini sangat paralel sebab ayat2 ini mengajarkan bahwa Allah yg adalah tidak kelihatan itu telah dinyatakan (declare, make known, explain) oleh YESUS kepada dunia.

Dengan kata lain hanya lewat diri YESUS KRISTUS saja kita bisa melihat dengan sempurna "gambar"nya Allah. Baik dari perkataanNya maupun perbuatanNya, dalam pelayananNya, kematianNya dan kebangkitanNya, Sang Anak selalu mencerminkan Bapa senantiasa.

Dan karena itu:

Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! (Roma 11:36)



Bisa dilihat disini:
http://www.sarapanpagi.org/YESUS-ciptaan-allah-vt3450.html#p19251


Kolose
15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,
16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.
17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.
18 Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.
19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,
1:20 dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib KRISTUS.


Membaca alkitab/FT tanpa melihat konteks bisa membuat kita melakukan kesilapan kebanyakan tokoh bidat.

Kalu mau tau YESUS diciptakan/makhluk atau bukan (Pencipta) di ayat 15, sila baca ayat 16-17.


Kolose
15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,
16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.
17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.

Kedengarannya manusiakah, malaikatkah atau Khalik Pencipta?

Hal gampang jangan dibuat syusyah.

;D :2funny:



:happy0025:

2 Thessalonians 1:12
ὅπως ἐνδοξάσθη τὸ ὄνομα τοῦ κυρίου ἡμῶν Ἰησοῦ ἐν ὑμῖν καὶ ὑμεῖς ἐν αὐτῷ κατὰ τὴν χάριν τοῦ θεοῦ ἡμῶν καὶ κυρίου Ἰησοῦ Χριστοῦ.
That the name of our Lord JESUS CHRIST may be glorified in you and ye in him according to the grace of our God and the Lord JESUS CHRIST

θεοῦ:
theos: God, a god
Original Word: θεός, οῦ, ὁ
Part of Speech: Noun, Feminine; Noun, Masculine
Transliteration: theos
Phonetic Spelling: (theh'-os)
Short Definition: God, a god
Definition: (a) God, (b) a god, generally.
2316 theós (of unknown origin) – properly, God, the Creator and owner of all things (Jn 1:3; Gen 1 - 3).

κυρίου
kurios: lord, master
Original Word: κύριος, ου, ὁ
Part of Speech: Noun, Masculine
Transliteration: kurios
Phonetic Spelling: (koo'-ree-os)
Short Definition: lord, Lord, master, sir
Definition: lord, master, sir; the Lord.
2962 kýrios – properly, a person exercising absolute ownership rights; lord (Lord).
From kuros (supremacy); supreme in authority, i.e. (as noun) controller; by implication, Master (as a respectful title) -- God, Lord, master, Sir.

Pada dasrnya sama antara θεοῦ & κυρίου, mengapa θεοῦ disematkan kepada ALLAH BAPA dan κυρίου disematkan kepada ALLAH PUTRA, karena ingin menjelaskan mengenai makna inkarnasi dari ALLAH PUTRA, dengan menyebut κυρίου, maka kita menjadi MILIK-NYA (ALLAH ANAK), sedangkan θεοῦ adalah ALLAH yang dikenal oleh semua orang, siapapun itu kalau sedang "memikirkan" Penciptanya, maka mereka sedang memikirkan θεοῦ, sedangkan κυρίου adalah MAKNA KEPEMILIKAN, dimana "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." (John 14:6), artinya dengan menyebut κυρίου, maka kita menjadi milik TUHAN YESUS, sedangkan θεοῦ merujuk milik semuanya, baik Atheis maupun tidak, jahat maupun baik, siapapun itu, suka maupun tidak suka mereka ada didalam θεοῦ, karena θεοῦ adalah MAHA PENCIPTA, yang menciptakan segala sesuatu melalui αὐτοῦ (λόγος,) yang adalah θεοῦ itu sendiri (John 1:1-3).

θεοῦ & κυρίου adalah SATU (John 1:1-3), namun dalam memaknai inkarnasi maka dikenal TRINITAS, dimana πνεῦμα ἅγιον adalah ROH θεοῦ & κυρίου.

Jadi istilah TUHAN dan ALLAH, hanyalah untuk memaknai inkarnasi dalam proses penebusan, dimana akhirnya adalah SATU (perhatikan yang dibold):

Revelation 22:3
καὶ πᾶν κατάθεμα οὐκ ἔσται ἔτι καὶ ὁ θρόνος τοῦ θεοῦ. καὶ τοῦ ἀρνίου ἐν αὐτῇ ἔσται, καὶ οἱ δοῦλοι αὐτοῦ λατρεύσουσιν αὐτῷ
And there shall be no more __ curse but the throne of God and of the Lamb shall be in it and his servants shall serve him
Maka tidak akan ada lagi laknat. Takhta Allah dan takhta Anak Domba akan ada di dalamnya dan hamba-hamba-Nya akan beribadah kepada-Nya,

Revelation 22:13
ἐγὼ τό Ἄλφα καὶ τὸ Ὦ, ὁ πρῶτος καὶ ὁ ἔσχατος, ἡ ἀρχὴ καὶ τὸ τέλος.
I am Alpha and Omega the beginning and the end the first and the last

Sehingga benarlah ini:

John 1:1-3
Ἐν ἀρχῇ ἦν ὁ λόγος, καὶ ὁ λόγος ἦν πρὸς τὸν θεόν, καὶ θεὸς ἦν ὁ λόγος.
In the beginning was the Word and the Word was with God and the Word was God
Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
οὗτος ἦν ἐν ἀρχῇ πρὸς τὸν θεόν.
The same was in the beginning with God
Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
πάντα δι’ αὐτοῦ ἐγένετο, καὶ χωρὶς αὐτοῦ ἐγένετο οὐδὲ ἓν ὃ γέγονεν
All things were made by him and without him was not any thing made that was made
Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

Amin! Alleiua  :angel:

 :afro:
 :coolsmiley:

 :wink:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar