Senin, 31 Maret 2014

Alkitab adalah 73 Kitab, bukan 66 Kitab

Perjanjian Lama
Kejadian
Keluaran
Imamat
Bilangan
Ulangan
Yosua
Hakim Hakim
Rut
1 Samuel
2 Samuel
1 Raja Raja
2 Raja Raja
1 Tawarikh
2 Tawarikh
Ezra
Nehemia
Ester
Ayub
Mazmur
Amsal
Pengkhotbah
Kidung Agung
Yesaya
Yeremia
Ratapan
Yehezkiel
Daniel
Hosea
Yoel
Amos
Obaja
Yunus
Mikha
Nahum
Habakuk
Zafanya
Hagai
Zakharia
Maleakhi

Tobit
Yudit
1 Makabe
2 Makabe
Kebijaksanaan Salomo
Sirakh
Barukh
(Vulgata Daniel)
(Vulgata Ester)

Perjanjian Baru
Matius
Markus
Lukas
Yohanes
Kisah Para Rasul
Roma
1 Korintus
2 Korintus
Galatia
Efesus
Filipi
Kolose
1 Tesalonika
2 Tesalonika
1 Timotius
2 Timotius
Titus
Filemon
Ibrani
Yakobus
1 Petrus
2 Petrus
1 Yohanes
2 Yohanes
3 Yohanes
Yudas
Wahyu

Mengapa 73 Kitab?

Contoh konkrit dari kuasa Septuaginta terdapat pada tradisi umat Yahudi sendiri. Pada bulan Desember setiap tahun umat Yahudi merayakan Hanukah yaitu perayaan pendedikasian bait Allah di Yerusalem setelah penajisan yang dilakukan oleh raja Antiokhus sewaktu mengeluarkan perintah dan hukum baru wajib untuk memotong dan mengurbankan babi didalam bait Allah, puncak kenajisannya adalah dengan menegakan patung Jupiter atau mungkin (Zeus) dalam bait Allah. 1Mak1:41-64 dan 1Mak4:36-59 mencatat sejarah ini. Keluarga Yudas Makabelah yang berhasil mengalahkan raja dan kemudian mendedikasikan kembali bait Allah di Yerusalem agar menjadi suci tempat dimana Yesus sewaktu bayi dipersembahkan. Bayangkan Yesus dipersembahkan didalam bait Allah yang telah dinajiskan ... Itulah yang menjadi dilema bagi mereka yang mengakui kanon Luther, karena kanon Luther tidak mencatat sejarah pendedikasian bait Allah. Karma akibat ajaran Luther yaitu doktrin sola scriptura (hanya alkitab) menjadi nyata dimana mereka tidak dapat mengakui sejarah itu sebagai tradisi sepertinya umat Yahudi yang mengakui taurat dan talmud (tradisi)  dimana mereka tetap mengakui sejarah dan tradisi keluarga Makabe. Sebaliknya tradisi itu tidak dapat diterapkan kepada kanon versi Luther. Oleh sebab itu terlihatlah kekurangan kanon Palestina bila diakui oleh penganut sola scriptura ataupun alkitab versi Protestan yang tidak memiliki kitab Makabe. Dengan kata lain harus dapat menerima bahwa Yesus dipersembahkan dalam kenajisan bait Allah.

Entri Hanukah DI WIKIPEDIA, kiriman saya
Hanukah adalah perayaan pendedikasian kembali Bait Allah di Yerusalem setelah dinajiskan oleh raja Antiokhus agar Bait Allah dapat berfungsi kembali bagi umat Yahudi. Bagi umat Kristen terutama Katolik dan Ortodoks sejarah kitab Makabe sangat berarti karena Yesus dipersembahkan dan mengajar di Bait Allah di Yerusalem. Sejarah ini tercatat dalam Kitab 1 dan 2 Makabe. Umat Yahudi merayakan Hanukah setiap tahunnya pada bulan Desember. Hingga hari ini umat Yahudi senantiasa merayakan Hanukah bersamaan dengan masa natal umat Kristen.

Perbandingan PL Katolik dan PB:

Surat Rasul Petrus

3:18 Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,
3:19 dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara,

4:6Itulah sebabnya maka Injil telah diberitakan juga kepada orang-orang mati, supaya mereka, sama seperti semua manusia, dihakimi secara badani; tetapi oleh roh dapat hidup menurut kehendak Allah.

2 Makabe12:43-46

making a gathering . . . sent twelve thousand drachmas of silver to Jerusalem for sacrificeto be offered for the sins of the dead, thinking well and religiously concerning theresurrection (For if he had not hoped that they that were slain should rise again, it would have seemed superfluous and vain to pray for the dead). And because he considered that they who had fallen asleep with godliness, had great grace laid up for them. It is therefore a holy and wholesome thought to pray for the dead, that they may be loosed from sins. (2 Maccabees 12:43-46)

Sayangnya, anda tidak bisa menunjukkan ayatnya, lalu menghentikan debat ini, padahal, dengan menunjukkan ayatnya, sudah pasti, kami akan mengakuinya, dan kamipun convert keluar dari Katolik.

Dengan ini, jelas dapat disimpulkan, bahwa doktrin Solascriptura adalah doktrin buatan manusia, yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Saya sangat menikmati diskusi/debat dengan anda mas petra, sebab anda cukup berbeda dengan rata-rata protestan terutama para calvinis, padahal anda seorang calvinis lho...

Cukup lugas dan baik, saya menghormati cara anda berdiskusi, mungkin Rita, Yosua, Daniel dkk, dapat belajar berdiskusi dan berdebat dari anda :angel:

Salam
Mas, Surat Rasul Paulus kepada umat di Galatia, hanya dipakai di Galatia sampai kemudian dikanonkan pada tahum 401, demikian pula Surat Roma, Efesus dll

Lalu, kriteria no 2 anda ambil darimana mas?

Surat-Surat tersebut dimasukkan, atas kesaksian Uskup setempat, yang ikut Konsili.

Jadi, Kanon itu hasil kesaksian seluruh Uskup (Gereja!), bukan berdasarkan Alkitab itu sendiri (Solasriptura bim salabim abrakadabra!)

Itu salah satu bukti, DASAR KEBENARAN adalah GEREJA, karena belum ada Alkitab PB pada waktu itu!Kanon bertujuan menyamaratakan pengajaran, bukan menjadikan satu-satunya kebenaran!Mana pernyataan Alkitab, bahwa Alkitab SATU-SATUNYA dasar kebenaran?Mas, walaupun semangat menggebu-gebu, tetep aja mas salah, kriteria no 2 udah gugur dengan sendirinyaInilah Alkitab:

1 Tim 3:15 Gereja dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran.Saya contoh satu saja:

Purgatory

Purgatory ada didalam PL Alkitab Kanon Katolik.

2 Mak 12:45

Mas bilang Kanon Alkitab Katolik dilindungi oleh Roh Kudus.Mas menghilangkan PL Katolik yang ada ayat Purgatory. (2 Mak12:45)

Mas mau melawan Roh Kudus, bersama si luther, calvin dkk?

Mas mengaku pengikut Kristus, didalam Nama-Nya, mau melawan Roh Kudus?

Ckckckckckck....

Mas, apa kata dunia? :azn: :tongue: :mad0261:

Pasti ujung-ujungnya ini: http://forumkristen.com/index.php?topic=39468.msg984943#msg984943
:tongue:
Sejarah Kanonisasi

1. The Old Syriac:
PB dalam bahasa Syria, tidak ada Surat Rasul Petrus, Surat Rasul Yohanes, Yudas dan Wahyu

2. Justin Martyr:
PB, tidak ada Surat Rasul Paulus

3. The Old Latin, dikenal sebagai Alkitab dari Gereja Barat.
Tidak ada Surat Rasul Paulus, Surat Rasul Yakobus, dan Surat Rasul Petrus
.
4. The Muration Canon:
Tidak ada Surat Rasul Paulus, Surat Rasul Yakobus, dan Surat Rasul Petrus (sama dengan The Old Latin).

5. Codex Barococcio
Tidak ada Kitab Ester dan kitab Wahyu.

7. Irenaeus (murid Polycarp --- Polycarp murid Yohanes Penginjil)
Tidak ada Surat Rasul Paulus, Surat Rasul Yakobus, Surat Rasul Petrus, dan Surat Rasul Yohanes.

8. Origen
Tidak ada Surat Ibrani, Surat Rasul Petrus, Surat Rasul Yohanes, dan Yudas

9. Uskup Agung Eusebius di awal abad ke 4 menyebut semua kitab PB.

10. Pada tahun 367 M dalam Festal Letter yang ditulis oleh Uskup Agung Athanasius, mencantumkan daftar 27 kitab-kitab PB.

11. Jerome pada tahun 382 M, Ruffinua pada tahun 390 M dan Augustine pada tahun 394 M mencatat kanon PB sebanyak 27 kitab.

12. Akhirnya pada tahun 397 M, konsili gereja di Carthago mengesahkan 27 kitab PB.

Wikipedia, sarapanpagi.org, dllMas, ngeyel ojo kebablasan...

Tuh, bukti betapa Gerejalah Dasar Kebenaran, yang menentukan kebenaran Alkitab :tongue:Mas, Kanon Katolik mas akui dibimbing dan dilindungi Roh Kudus, lalu kenapa menolak kanon hasil Roh Kudus tersebut?

Mas mengerti maksud saya?

Mas membuang PL Katolik = menolak Kanon Katolik = menolak Roh Kudus

Simple kan mas? :azn: :tongue: :mad0261:
Kanon Katolik adalah Kanon dari ROH KUDUS.

73 Kitab, bukan 66 Kitab.

Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar