Selasa, 29 Maret 2011

Sabat & Sunday serta Hukum Taurat dan Hukum Cinta Kasih

Matius 5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi

Yoh. 19:30 Sesudah YESUS meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

Matius 5:38,
5:38 Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
5:39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
5:40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.
5:41 Dan siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.
5:42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.
5:43 Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.
5:45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.
5:46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?
5:47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian?
5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

Setelah TUHAN YESUS DISALIKAN maka HUKUM TAURAT DIBATALKAN,

Oleh sebab itu telah ditebus oleh KRISTUS sebagai (Mat 12:8) Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Efesus 2:15
..sebab dengan mati-Nya sbg manusia IA telah membatalkan hukum Taurat dgn SEGALA perintah dan ketentuannya.

karena KRISTUS sudah menggenapinya (melakukan 613 perintah tanpa salah satu pun)

16:16   Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.



Sabat---> Pembebasan Perbudakan Mesir oleh Musa; Yahudi, Advent dan sekte lainnya

Minggu---> Pembebasan Dosa Taurat oleh Penebusan YESUS; Kristen (Protestan & Katolik)



Kol 2:16. Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat;
Kol 2:17 semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah KRISTUS.

Roma 14:5 Yang seorang menganggap hari yang satu lebih penting dari pada hari yang lain, tetapi yang lain menganggap semua hari sama saja. Hendaklah setiap orang benar-benar yakin dalam hatinya sendiri.

Juga keputusan para rasul yang lainnya:
Kis 15:28 Sebab adalah keputusan ROH KUDUS dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu ini:
Kis 15:29 kamu harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan. Jikalau kamu memelihara diri dari hal-hal ini, kamu berbuat baik. Sekianlah, selamat."

Kis 21:25 Tetapi mengenai bangsa-bangsa lain, yang telah menjadi percaya, sudah kami tuliskan keputusan-keputusan kami, yaitu mereka harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan."


Matius  22
22:34. Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa YESUS telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka
22:35 dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia:
22:36 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"
22:37 Jawab YESUS kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

Sering dikatakan bahwa ”Allah menetapkan Sabat di Eden” karena hubungan antara Sabat dan penciptaan dalam Keluaran 20:11. Sekalipun berhentinya Allah bekerja pada hari ke tujuh (Kejadian 2:3) memberi pertanda untuk hukum mengenai Sabat di kemudian hari, tidak ada catatan Alkitab mengenai Sabat sebelum umat Israel meninggalkan Mesir. Dalam Alkitab tidak ada indikasi bahwa memelihara hari Sabat dilakukan pada zaman Adam sampai Musa.

Firman Tuhan jelas bahwa memperingati Sabat adalah tanda khusus antara Allah dan Israel. “Lalu naiklah Musa menghadap Allah, dan TUHAN berseru dari gunung itu kepadanya: "Beginilah kaukatakan kepada keturunan Yakub dan kauberitakan kepada orang Israel: Kamu sendiri telah melihat apa yang Kulakukan kepada orang Mesir, dan bagaimana Aku telah mendukung kamu di atas sayap rajawali dan membawa kamu kepada-Ku. Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi.” (Keluaran 19:3-5).

“Maka haruslah orang Israel memelihara hari Sabat, dengan merayakan sabat, turun-temurun, menjadi perjanjian kekal. Antara Aku dan orang Israel maka inilah suatu peringatan untuk selama-lamanya, sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, dan pada hari yang ketujuh Ia berhenti bekerja untuk beristirahat." (Keluaran 31:16-17).

Dalam Ulangan 5 Musa mengulangi sepuluh hukum kepada generasi yang baru dari bangsa Israel. Di sini, setelah memerintahkan untuk memperingati Sabat dalam ayat 12-14, Musa memberikan alasan mengapa Sabat diberikan kepada bangsa Israel, “Sebab haruslah kauingat, bahwa engkaupun dahulu budak di tanah Mesir dan engkau dibawa keluar dari sana oleh TUHAN, Allahmu dengan tangan yang kuat dan lengan yang teracung; itulah sebabnya TUHAN, Allahmu, memerintahkan engkau merayakan hari Sabat” (Ulangan 5:15).



kenapa ada versi kedua, mungkin supaya jangan bingung mengenai penafsiran Hari Penciptaan, sebab, apakah TUHAN memang "perlu beristirahat" ataukah "hanya kiasan" saja? char13

Perhatikan kata itulah sebabnya. Maksud Allah dalam memberi Sabat kepada orang-orang Israel bukan supaya mereka dapat mengingat penciptaan, namun supaya mereka mengingat perbudakan mereka di Mesir dan pembebasan dari Tuhan. Perhatikan peraturan untuk memelihara Sabat: Seseorang yang berada di bawah hukum Sabat tidak boleh meninggalkan rumahnya pada hari Sabat (Keluaran 16:29), tidak boleh menyalakan api (Keluaran 35:3), dan tidak boleh membuat orang lain bekerja (Ulangan 5:14). Orang yang melanggar Sabat dijatuhi hukuman mati (Keluaran 31:15; Bilangan 15:32-35).

Perjanjian Baru memperlihatkan empat hal penting kepada kita:
1) Setiap kali Tuhan YESUS menampakkan diri dalam tubuh kebangkitanNya dan harinya disebut, selalu adalah hari pertama dalam minggu itu (Matius 28:1, 9, 10; Markus 16:9; Lukas 24:1, 13, 15; Yohanes 20:19, 26).
2). Satu-satunya waktu di mana Sabat disebut dari Kisah Rasul sampai Wahyu, selalu adalah untuk maksud penginjilan kepada orang-orang Yahudi dan biasanya berlokasi di sinagog (Kisah Rasul 13-18). Paulus menulis, “ Demikianlah bagi orang Yahudi aku menjadi seperti orang Yahudi, supaya aku memenangkan orang-orang Yahudi. Bagi orang-orang yang hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku sendiri tidak hidup di bawah hukum Taurat, supaya aku dapat memenangkan mereka yang hidup di bawah hukum Taurat” (1 Korintus 9:20). Paulus tidak pergi ke sinagog untuk bersekutu dan membangun orang-orang suci, tapi untuk memenangkan dan menyelamatkan yang terhilang.
3) Begitu Paulus mengatakan, “Mulai dari sekarang aku akan pergi kepada bangsa-bangsa lain" (Kisah 18:6) Sabat tidak pernah lagi disinggung.
4) sebagai ganti menasihatkan ketaatan pada hari Sabat, bagian-bagian lain dari Pejanjian Baru justru mengindikasikan sebaliknya (termasuk satu kekecualiaan pada point ke 3 yang ditemukan dalam Kolose 2:16).

Memperhatikan lebih lanjut point ke 4 di atas akan memperlihatkan bahwa tidak ada kewajiban bagi orang-orang Kristen Perjanjian Baru untuk memelihara Sabat, dan juga memperlihatkan bahwa hari Minggu sebagai hari ”Sabat Kristen” tidaklah Alkitabiah. Sebagaimana didiskusikan sebelumnya, hanya satu kali Sabat disebutkan setelah Paulus mulai menfokuskan diri pada orang-orang kafir, “Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat; semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah KRISTUS” (Kolose 2:16-17). Sabat orang Yahudi telah dihapuskan di atas salib ketika KRISTUS “menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita” (Kolose 2:14).

Ide ini diulangi lebih dari satu kali dalam Perjanjian Baru: “Yang seorang menganggap hari yang satu lebih penting dari pada hari yang lain, tetapi yang lain menganggap semua hari sama saja. Hendaklah setiap orang benar-benar yakin dalam hatinya sendiri. Siapa yang berpegang pada suatu hari yang tertentu, ia melakukannya untuk Tuhan. Dan siapa makan, ia melakukannya untuk Tuhan, sebab ia mengucap syukur kepada Allah. Dan siapa tidak makan, ia melakukannya untuk Tuhan, dan ia juga mengucap syukur kepada Allah” (Roma 14:5-6). “Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah, atau lebih baik, sesudah kamu dikenal Allah, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya? Kamu dengan teliti memelihara hari-hari tertentu, bulan-bulan, masa-masa yang tetap dan tahun-tahun” (Galatia 4:9-10).

Ada beberapa yang mengklaim bahwa perintah dari Konstantinus pada A.D. 321 “mengubah” Sabat dari hari Sabtu ke hari Minggu. Pada hari apakah gereja mula-mula berkumpul untuk beribadah?

Alkitab tidak pernah menyebut orang-orang percaya berkumpul untuk bersekutu atau beribadah pada hari Sabat (Sabtu) manapun.

Namun demikian, ada ayat-ayat yang dengan jelas menyebut hari pertama dalam minggu itu. Contohnya,
Kisah Rasul 20:7 menjelaskan bahwa “Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti” (Kisah 20:7).

Dalam 1 Korintus 16:2 Paulus menasihati orang-orang percaya di Korintus “Pada hari pertama dari tiap-tiap minggu hendaklah kamu masing-masing—sesuai dengan apa yang kamu peroleh—menyisihkan sesuatu dan menyimpannya di rumah” (1 Korintus 16:2). Karena Paulus menyebut persembahan ini sebagai ”pelayanan” dalam 2 Korintus 9:12, pengumpulan ini pastilah berhubungan dengan ibadah Minggu dari jemaat Kristen. Ibadat menurut orang Kristen adalah berkumpul dan memecah-mecahkan roti, so ayat telah jelas pada hari pertama minggu itu mereka beribadat,



Kis 20:7. Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam.

Secara historis, Minggu, bukan Sabtu, adalah hari di mana biasanya orang-orang Kristen berkumpul di gereja, dan kebiasaan ini dapat ditelusuri kembali sampai abad pertama.


Hari Sabat diberikan kepada Israel, bukan kepada gereja.
Hari Sabat tetap adalah hari Sabtu, bukan hari Minggu dan tidak pernah diubah.
Namun Sabat adalah bagian dari Hukum Taurat Perjanjian Lama, dan
orang-orang Kristen bebas dari belenggu Hukum Taurat (Galatia 4:1-26; Roma 6:14).
Orang Kristen tidak perlu memelihara Sabat – baik itu Sabtu ataupun Minggu.

Hari pertama dalam minggu itu, hari Minggu, hari Tuhan (Wahyu 1:10) memperingati ciptaan baru di mana KRISTUS adalah Pemimpin kita yang sudah bangkit.

Kita tidak perlu mengikuti Sabat dari Musa – beristirahat,

namun kita sekarang bebas mengikuti KRISTUS yang bangkit – melayani.

Rasul Paulus mengatakan bahwa masing-masing orang Kristen harus memutuskan apakah akan beristirahat pada hari Sabat, “Yang seorang menganggap hari yang satu lebih penting dari pada hari yang lain, tetapi yang lain menganggap semua hari sama saja. Hendaklah setiap orang benar-benar yakin dalam hatinya sendiri” (Roma 14:5)

Kita beribadah kepada Tuhan setiap hari, bukan hanya pada hari Sabtu atau Minggu.

Sabat---> Adam---> Kosong (Abraham dkk tidak)---> Musa---> YESUS---> Minggu---> Kristen (protestan+katolik)---> Hari Tuhan

Katolik bersama Bapa semua orang beriman, Abraham tidak merayakan Sabat, jadi ada gap terputusnya Sabat Adam sampai Sabat Musa, jadi antara Adam dan Musa tidak ada hari sabat, logikanya gak mungkinlah Bapa semua orang beriman tidak tahu "hari terpenting dalam hidup manusia" versi advent. Sabat harus dikuduskan mengingat perbudakan di Mesir, sedangkan antara Adam sampai Abraham belum ada perbudakan di Mesir.

Rm. 3:31 
Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya.


yg membatalkan hukum taurat memang bukan kami (para Rasul) melainkan yg membatalkan hukum taurat adalah kematian KRISTUS

Efesus 2:15
Sebab dengan mati-Nya sbg manusia IA telah membatalkan hukum Taurat dgn SEGALA perintah dan ketentuannya,
 untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

karena hanya KRISTUS saja sudah menggenapinya (melakukan 613 printah tanpa salah satu pun)

Semua hari umat Katolik menguduskannya dengan melakukan Perjamuan Kudus (misa) setiap hari, so, baik minggu maupun sabat dikuduskan oleh umat Katolik dan lebih pada perintah Tuhan, kita mewartakan YESUS yang disalibkan, wafat, dan BANGKIT....
Nah kalau kita merayakan Sabat, kita mewartakan Adam dan Musa, tetapi kalau kita merayakan Minggu, berarti kita mewartakan KRISTUS yang BANGKIT.

Untuk kisah YESUS dan para Rasul yang mengajar pada hari Sabat harus melihat substansinya, Paulus mewartakan pada hari Sabat karena orang Yahudi berkumpul pada hari Sabat, termasuk ayat dimana para rasul mewartakan dipasar keramaian, intinya adalah apabila anda mewartakan pada orang lain yang tidak mengenal Sabat dan anda beribadat pada hari Sabat, anda akan ditanya: mengapa anda beribadat pada hari Sabat? Anda pasti menjawab: karena Tuhan memerintahkannya melalui Musa karena Tuhan beristirahat pada hari Sabat ketika penciptaan Adam. Akan tetapi jika anda beribadat pada hari minggu maka ketika ditanya mengapa anda beribadat pada hari minggu maka anda akan menjawab: karena YESUS bangkit pada hari minggu! Maka anda sedang mewartakan Injil bukan Taurat. Hal ini dilakukan oleh gereja awal dimana mereka berkumpul setiap hari pertama minggu itu dan juga berkumpul setiap hari memecahkan roti. Berkumpul setiap minggu gereja awal sedang mewartakan YESUS yang bangkit, sedangkan berkumpul tiap hari perjamuan kudus mewartakan kisah sengsara YESUS. Harusnya ini cukup jelas, karena ada tertulis, (surat rasul Paulus)tugas kita mewartakan KRISTUS yang disalib dan bangkit.. Tertulis juga semua hari suci dan kerajaan Surga bukan masalah makanan dan minuman.. Ada tertulis juga janganlah perayaan Sabat menjadi batu sandungan.

Inti dari Paulus berkotbah pada hari Sabat karena orang Yahudi berkumpul pada hari Sabat, seluruh rasul berkotbah ditempat yang ramai termasuk pasar maupun tengah kota, YESUS sendiri sering berkotbah di Sinagoga mengingat pada hari Sabat orang Yahudi berkumpul semua sehingga mudah dalam penyampaian informasi.



1. kalo gitu membunuh , mencuri dan lain-lain boleh?

Jawab:

Matius  22
22:34. Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa YESUS telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka
22:35 dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia:
22:36 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"
22:37 Jawab YESUS kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

Kalo sudah mengenal KASIH, anda TIDAK MUNGKIN BERPIKIR UNTUK MEMBUNUH DKK!!!!!!!!!!!! Kecuali andaseorang kafir sehingga perlu diberi aturan lagi mengenai pembunuhan dll!!!!!!!!!

2. Roma
2:17. Tetapi, jika kamu menyebut dirimu orang Yahudi dan bersandar kepada hukum Taurat, bermegah dalam Allah,
2:18 dan tahu akan kehendak-Nya, dan oleh karena diajar dalam hukum Taurat, dapat tahu mana yang baik dan mana yang tidak,

kita adalah orang israel secara rohani

Jawab:

Berarti Taurat secara Rohani pula, tidak perlu melakukannyagrin


3. Roma
11:23 Tetapi merekapun akan dicangkokkan kembali, jika mereka tidak tetap dalam ketidakpercayaan mereka, sebab Allah berkuasa untuk mencangkokkan mereka kembali.
11:24 Sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon zaitun sejati, terlebih lagi mereka ini, yang menurut asal mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri.
11:25 Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.
11:26 Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: "Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub.

boleh kah kita menyembah Allah lain?
boleh kan membuat patung dan menyembahnya?
boleh kan menyebut nama Tuhan sembarangan?
boleh kah tidak menguduskan sabat?
boleh kah tidak menghormati orang tua?
boleh kah kita membunuh ?
boleh kah kita berzinah?
boleh kah kita mencuri?
boleh kah kita bersaksi dusta?
boleh kah kita mengingini harta orang lain?


Jawab:

Kalo sudah mengenal KASIH, anda TIDAK MUNGKIN BERPIKIR UNTUK MEMBUNUH DKK!!!!!!!!!!!! Kecuali andaseorang kafir sehingga perlu diberi aturan lagi mengenai pembunuhan dll!!!!!!!!!

The Power Of Positive Feeling:

Ukuran Anda ditentukan
oleh ukuran dan kualitas dari fokus Anda.

Yang Anda pikirkan,
menentukan yang Anda lakukan.
Dan yang Anda lakukan,
menentukan yang Anda hasilkan.

Maka kualitas dari pikiran Anda,
menentukan kualitas dari yang Anda hasilkan.

Marilah kita membaikkan isi dari pikiran kita,
agar kita diutamakan dalam pergaulan yang baik,
dalam pekerjaan yang baik,
dan karena menghasilkan yang baik.

Coba test baca ini

Jangan berpikir Monas…..anda pasti kebayang monas khan? Padahal ada kata jangannya lo…

Atau

Tidak berpikir kuda…malah yg kebayangan kuda… padahal ada kata tidak-nya jadi pikiran bawah sadar hanya memikirkan akhirnya saja..dalam hal ini KUDA…akhirnya ini yang menjadi "program" penuh rasa...

Sudah ada risetnya, banyak sekali yg secara ilmiah menyatakan bahwa kata2 adalah 100% adalah jalan kehidupan manusia atau nasib kita. Kita bisa lihat banyak orang yg hidupnya “gitu” aja ngak maju – maju ya karena sampai tua “salah” memilih kata2 dalam berpikir atau berbicara di kehidupannya.

Jika terpaksa menggunakan kata tidak atau jangan boleh saja tapi ada syaratnya : ujungnya positip, berasa enak lah

Jika memakai kata tidak

Sakit ------> tidak sehat
Susah ---> tidak mudah
Lupa ----> tidak ingat
Buruk --->tidak baik
Mahal ---->tidak murah
Miskin-----> tidak kaya

Ganti kata kata Positif

Jangan khawatir ---------> akan baik baik saja
Aku sudah bekerja keras ----> aku sudah bekerja dengan baik
Berusahalah --------------> ayo kita beri energi

Diet ----> rencana pola makan
Junk food ---> makanan tanpa isi
Hutang--> hal lunasan

Pintar pintar memilih kata, semua bisa diganti kok…..

Coba deh ….pasti berubah hidup kita dengan memilih kata kata. Karena setiap ucapan dan pikiran adalah doa kita.

Lebih lengkap mengenai Pola Pikir:

http://blog.fitb.itb.ac.id/usepm/?p=316

Jadi,

Hukum Taurat adalah aturan secara Negatif: "Jangan" dll

Sedangkan,

Hukum Cinta Kasih adalah aturan secara Positif: "Kasihilah" dll

Dengan melakukan Hukum Cinta Kasih, maka kata2 yang mengikuti "JANGAN" dll dalam Taurat menjadi hilang, sebab di otak kita hanya ada kata Kasih, bukan yang lain!

Semoga paham :doh:


4.2:8. Akan tetapi, jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri", kamu berbuat baik.
2:9 Tetapi, jikalau kamu memandang muka, kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan pelanggaran.
2:10 Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.

yesaya
58:13 Apabila engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari kudus-Ku; apabila engkau menyebutkan hari Sabat "hari kenikmatan", dan hari kudus TUHAN "hari yang mulia"; apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak mengurus urusanmu atau berkata omong kosong,
58:14 maka engkau akan bersenang-senang karena TUHAN, dan Aku akan membuat engkau melintasi puncak bukit-bukit di bumi dengan kendaraan kemenangan; Aku akan memberi makan engkau dari milik pusaka Yakub, bapa leluhurmu, sebab mulut Tuhanlah yang mengatakannya.


56:4 Sebab beginilah Firman Tuhan: "Kepada orang-orang kebiri yang memelihara hari-hari Sabat-Ku dan yang memilih apa yang Kukehendaki dan yang berpegang kepada perjanjian-Ku,
56:5 kepada mereka akan Kuberikan dalam rumah-Ku dan di lingkungan tembok-tembok kediaman-Ku suatu tanda peringatan dan nama--itu lebih baik dari pada anak-anak lelaki dan perempuan--,suatu nama abadi yang tidak akan lenyap akan Kuberikan kepada mereka
56:6 Dan orang-orang asing yang menggabungkan diri kepada TUHAN untuk melayani Dia, untuk mengasihi nama TUHAN dan untuk menjadi hamba-hamba-Nya, semuanya yang memelihara hari Sabat dan tidak menajiskannya, dan yang berpegang kepada perjanjian-Ku,

karna sabat untuk manusia dan bukan manusia untuk sabat

Jawab:

Oleh sebab itu telah ditebus oleh KRISTUS sebagai (Mat 12:8) Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Efesus 2:15
Sebab dengan mati-Nya sbg manusia IA telah membatalkan hukum Taurat dgn SEGALA perintah dan ketentuannya,
 untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

karena KRISTUS sudah menggenapinya (melakukan 613 perintah tanpa salah satu pun)



Apa maksud pernyataan "Lebih mudah langit dan bumi lenyap daripada satu titik dari hukum Taurat batal"?

Hukum Taurat, dalam arti harfiahnya, berlangsung sampai masa Yohanes Pembaptis. Setelah dia, kerajaan surga diberitakan, kerajaan baru yang hukumnya adalah kasih, yang rajanya adalah KRISTUS, dan yang' anggota-anggotanya diberi kuasa Roh KRISTUS untuk melaksanakan hukum kasih yang lebih besar dan semakin luas, yang hukumnya mencakup dan memperkuat semua seluk-beluk hukum moral kuno. Meskipun di dalam YESUS Hukum Taurat telah kehilangan beberapa seluk beluk seremonialnya, namun tetap memegang kekuasaan yang sejati; yang kurang kuasa, bahkan menurut ukuran yang terkecil, daripada yang dimilikinya sebelumnya, Lukas 16:17; Matius 5:17-19: KRISTUS menggenapi hukum seremonial; Dia memelihara seluk-beluk keasliannya, dan dalam kematian-Nya semua persyaratan untuk pengurbanan telah terpenuhi dan berakhir. Sementara Dia mempertahankan Hukum Taurat dan menggenapinya, para ahli Taurat dan orang Farisi malah menghindari hukum. Oleh tafsiran-tafsiran mereka dan tambahan-tambahan, mereka benar-benar menghilangkan wewenangnya. YESUS menasihatkan supaya mereka tidak mengelak dari hukum melainkan mematuhinya. Dia bahkan menunjukkan bahwa orang-orang yang melaksanakan hukum kuno dengan sangat teliti, sebagaimana yang diperbuat Paulus, akan diberi tempat yang tinggi dalam pekerjaannya di kerajaan baru-Nya. Matius 19:17. Ini juga merupakan nasihat yang diberikan sebelum, Penebusan. Oleh karenanya cara hidup pada waktu itu adalah berusaha melaksanakan hukum. Roma 3:31: Di sini terdapat pernyataan bahwa Injil meneguhkan hukum. Orang yang tidak mengenal Injil hanya memiliki sedikit kekuatan untuk melaksanakan hukum; Injil memberi mereka kekuatan untuk menjalankannya, dan dengan demikian memberi hukum itu hak-haknya; menetapkannya, dan memungkinkan untuk menegaskan kekuasaannya. Roma 8:7: Keinginan daging adalah ungkapan Paulus untuk keadaan manusia yang alami, jahat dan keras kepala. Dalam keadaan penuh dosa dan alami, manusia tidak dapat melaksanakan hukum rohani Allah. Paulus juga menggunakan istilah "manusia lama" dalam pengertian yang sama. Ajarannya adalah "manusia lama" harus "disalibkan" (Rm. 6:6), "ditanggalkan" (Kol. 3:8, 9; Ef. 4:22). Yakobus 2:10: Ayat ini sudah pasti benar jika diterapkan pada hukum, baik sebelum atau pun sesudah Injil. Hukuman seluruh Taurat sebagai sebuah institusi akan menimpa siapa pun yang melanggar sebagian; dan di bawah Injil seseorang wajib untuk melaksanakan seluruh roh dalam hukum moral dan menaati firman KRISTUS. Kita tidak berani untuk tidak menaati atau tidak menyenangkan hati KRISTUS. I Yohanes 2:3, 4: Ayat-ayat ini merupakan klimaks yang bagus. Yohanes memberitahukan tentang "kasih sempurna", yang memampukan orang-orang Kristen yang rendah hati untuk sungguh-sungguh melaksanakan hukum kebaikan KRISTUS. Ini adalah rahasia yang besar. Paulus menyatakan: "Kasih adalah penggenapan hukum". Kalau kita mengasihi YESUS dengan sempurna, kita tidak akan menyakiti hati-Nya dengan ketidakpatuhan; kalau kita benar-benar mengasihi sesama, kita tidak akan mencelakakan dia, melainkan berbuat segala kebaikan semampu kita.


Jadi, kalau kita benar2 mengetahui dan menerapkan KASIH SEJATI, jangankan MEMBUNUH, BERPIKIRAN UNTUK MEMBUNUHPUN TIDAK! Jadi HUKUM TAURAT malah menjadi HILANG dari PIKIRAN KITA oleh karena KASIH SEJATI!

Demikian pula dengan HARI SABAT, kita TIDAK LAGI MENGKHUSUSKAN SATU HARI untuk TUHAN, namun SEMUA HARI KHUSUS UNTUK TUHAN!!!!!!!!!



Dasar Alkitab



Matius 5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi

Yoh. 19:30 Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

Matius 5:38, 
5:38 Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
5:39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
5:40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.
5:41 Dan siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.
5:42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.
5:43 Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.
5:45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.
5:46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?
5:47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian?
5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna." 

Setelah TUHAN YESUS DISALIKAN maka HUKUM TAURAT DIBATALKAN,

Oleh sebab itu telah ditebus oleh KRISTUS sebagai (Mat 12:8) Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Efesus 2:15
..sebab dengan mati-Nya sbg manusia IA telah membatalkan hukum Taurat dgn SEGALA perintah dan ketentuannya.

karena KRISTUS sudah menggenapinya (melakukan 613 perintah tanpa salah satu pun)


Mrk 2:27 Lalu kata YESUS kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat,

Mat 19:16 Ada seorang datang kepada YESUS, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?" Jawab YESUS: "Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah." Kata orang itu kepada-Nya: "Perintah yang mana?" Kata YESUS: "Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri." Kata orang muda itu kepada-Nya: "Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?" Kata YESUS kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."


Dalam Sabda TUHAN YESUS TIDAK DISEBUTKAN HARI SABAT

Hari pertama dalam minggu itu ditetapkan sebagai HARI TUHAN oleh PARA RASUL berdasarkan Mrk 2:27:
Yoh 20:26; Kis 20:7; 1Kor 16:2

Perjanjian Baru menyatakan bahwa orang Kristen Yahudi menganggap kedua hari itu kudus. Paulus ternyata mengajar di sinagoge pada hari Sabat, tetapi pada hari pertama dalam seminggu orang Kristen bukan Yahudi bertemu untuk memecahkan roti (Kis. 20:7). Hari kudus kedua ini disebut Hari Tuhan untuk membedakannya dari hari Sabat, dan barangkali satu-satunya yang dijalankan oleh orang-orang bukan Yahudi yang bertobat. Ada suatu petunjuk bahwa mereka diperintahkan untuk bertanggung jawab karena menjalankan hari itu saja, yaitu dalam Kolose 2:16, di mana Paulus meminta mereka tidak mengindahkan para kritikus mereka. Buku The Teaching of the Twelve Apostles, yang ditulis tepatnya sebelum tahun 100 TM, membahas tentang Hari Tuhan dan merujuknya sebagai satu hari pertemuan kudus dan memecahkan roti (ps. 14). Orang Kristen primitif di mana pun sungguh-sungguh menaatinya. Plinius, seorang sejarawan, merujuk kepada fakta ini dalam suratnya kepada Trayanus pada tahun 100 TM. Justinus Martyr (tahun 140) menjelaskan penyembahan religius orang Kristen mula-mula, ibadah-ibadah sakramen mereka, dan banyak lagi, yang berlangsung pada "Hari Pertama". Para penulis mula-mula lainnya yang membuat rujukan kepada Hari Tuhan ini, jelas dan tidak diragukan adalah Dionysius dari Korintus, Ireneus dari Lyons (yang menegaskan kalau hari Sabat ditiadakan), Clemens dari Aleksandria, Tertullianus, Origenes, Cyprianus, Commodianus, Victorinus, dan yang terakhir Petrus dari Aleksandria (th. 300 TM), yang berkata: "Kami mengadakan Hari Tuhan sebagai hari sukacita sebab Dia telah bangkit pada hari itu." Bukti-bukti ini meliputi kedua abad pertama setelah kematian Tuhan dan menunjukkan bahwa Hari Tuhan adalah sebuah adat yang disetujui dan merupakan kebiasaan para rasul. Semua alasan keraguan dihapuskan oleh kenyataan bahwa Constantinus dalam maklumat yang dikeluarkan tahun 321 TM menghargai hari itu dengan cara mengakuinya sebagai hari yang suci bagi orang Kristen, dan memerintahkan supaya usaha berhenti untuk sementara waktu pada hari itu. Akhirnya, konsili Nicea (th. 325 TM) dalam laporan rapat resminya memberi petunjuk berkenaan dengan bentuk-bentuk penyembahan orang Kristen pada masa itu, dan konsili Laodikia (th. 364 TM) memerintahkan adanya per hentian pada Hari Tuhan. Dengan pemakaian oleh para rasul, dengan hukum dan adat, dengan maklumat kerajaan dan dengan konsili-konsili yang tertinggi dari Gereja Kristen mula-mula, perubahan itu diterima dan disetujui. Tidak ada perintah tercatat, dan mungkin tidak satu perintah pun yang diberi untuk mengubah, tetapi perubahan itu dibuat pada peringatan kebangkitan KRISTUS dari kematian. Dalam konsili besar yang pertama dari Gereja, sewaktu pertanyaan ini dibahas apakah orang bukan Yahudi yang bertobat diwajibkan untuk menaati hukum bangsa Yahudi, telah diputuskan hanya empat hal yang diwajibkan bagi mereka (lih. Kis. 15). Perayaan hari Sabat Yahudi tidak termasuk dalam keempatnya, dan orang Kristen bukan Yahudi tampaknya tidak pernah melaksanakannya. Para rabi telah menjadikan hari sabat itu konyol dengan peraturan-peraturan yang tak masuk akal tentang apa yang boleh dilakukan atau tidak oleh seseorang pada hari itu. KRISTUS acapkali dituduh telah melanggar hari Sabat. Cara bangsa Yahudi merayakan hari Sabat paling menjengkelkan dan berat, dan para Rasul dengan sangat bijaksana tidak mencoba memperbudak bangsa bukan Yahudi dengan hal itu. Tulisan-tulisan Bapa-bapa Gerejawi yang mula-mula menunjukkan bahwa di awal mula era Kristen, mungkin pada masa para rasul, hari pertama dalam seminggu secara keseluruhan menjadi hari pertemuan ibadah dan pantangan melakukan pekerjaan duniawi, dan dengan demikian merayakan Ciptaan baru sebagaimana Sabat Yahudi merayakan ciptaan yang lama. Beberapa kiasan soal-soal sepele dalam Kisah Para Rasul menunjukkan bahkan pada masa-masa para rasul, kebiasaan ini sudah lazim. Tetapi kita tidak merayakan hari Minggu sebagai hari Sabat. Hari ini jarang sekali menjadi hari istirahat bagi orang-orang Kristen yang bersungguh-sungguh, tetapi suatu hari kegiatan kudus untuk melayani Tuhannya. Paulus memberikan nasihat ini kepada orang-orang yang terganggu oleh pembuat undang-undang pada masanya: "Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari Sabat" (Kol. 2:16). Dalam setiap generasi sejak masa KRISTUS dan sebelumnya, ada orang-orang yang lebih menekankan hari-hari dan bentuk-bentuk serta upacara ketimbang pada hal-hal yang hakiki. Kaum Farisi berpendapat lebih mudah untuk memberikan persepuluhan dari hasil kebun mereka ketimbang berbuat adil dan menahan diri untuk merampas para janda dan anak yatim. Sebagai orang Kristen Anda tidak berada. di bawah hukum Taurat sama sekali. Sewaktu bangsa bukan Yahudi untuk pertama kalinya diterima dalam Jemaat, diumumkan secara jelas bahwa mereka tidak diwajibkan untuk menaati kitab undang-undang bangsa Yahudi. Pertanyaan ini muncul dalam sidang yang khidmat di mana para Rasul hadir dan masalah ini diputuskan sekali untuk selamanya. Anda akan menjumpai hasil diskusinya dalam Kisah Para Rasul 15. Dalam nama ROH KUDUS, keputusan diambil seperti yang tertulis dalam ayat 28 dan 29, dan dinyatakan dengan jelas bahwa tidak ada beban lain yang ditanggungkan atas mereka. Secara wajar dan layak merayakan hari kebangkitan KRISTUS dari kematian, bukan Sabat Yahudi yang tidak ada sangkut paut dengan mereka, dan kita mengikuti teladan mereka.

Dasar TERUTAMA adalah:

Kisah Para Rasul
15:27 Maka kami telah mengutus Yudas dan Silas, yang dengan lisan akan menyampaikan pesan yang tertulis ini juga kepada kamu.
15:28 Sebab adalah keputusan ROH KUDUS dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu ini:
15:29 kamu harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan. Jikalau kamu memelihara diri dari hal-hal ini, kamu berbuat baik. Sekianlah, selamat."

Untuk Kristen NON Yahudi HANYA mendapat 4 PERINTAH:

1. Kamu harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala,
2. Kamu harus menjauhkan diri dari darah
3. Kamu harus menjauhkan diri dari daging binatang yang mati dicekik
4. Kamu harus menjauhkan diri dari percabulan

So, Hari Sabat TIDAK untuk NON Yahudi



Sedangkan HARI MINGGU adalah HARI IBADAH menurut TRADISI SUCI (GEREJA PURBA) yang TERCATAT dalamALKITAB

Kis 20:7 Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti,
1 Kor 16:2 Pada hari pertama dari tiap-tiap minggu hendaklah kamu masing-masing--sesuai dengan apa yang kamu peroleh--menyisihkan sesuatu dan menyimpannya di rumah, supaya jangan pengumpulan itu baru diadakan, kalau aku datang.

Untuk MERAYAKAN KEBANGKITAN TUHAN YESUS

Mrk 16:2 Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur.
Mrk 16:9 Setelah YESUS bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya YESUS pernah mengusir tujuh setan.
Yoh 20:1 Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalenake kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.

Jadi HARI MINGGU bukanlah MENGGANTI SABAT Yahudi

SABAT Yahudi adalah MENGINGAT PEMBEBASAN dari PERBUDAKAN MESIR
“Sebab haruslah kauingat, bahwa engkaupun dahulu budak di tanah Mesir dan engkau dibawa keluar dari sana oleh TUHAN, Allahmu dengan tangan yang kuat dan lengan yang teracung; itulah sebabnya TUHAN, Allahmu, memerintahkan engkau merayakan hari Sabat” (Ulangan 5:15)

HARI MINGGU adalah MENGINGAT PEMBEBASAN dari PERBUDAKAN DOSA
1Kor 15:21 Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia.
Rm 5:18 Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup.
Rm 5:17 Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu YESUS KRISTUS.

TUHAN YESUS & Para Rasul mengajar pada Hari Sabat karena Kebiasaan Orang Yahudi

Untuk kisah YESUS dan para Rasul yang mengajar pada hari Sabat harus melihat substansinya, Paulus mewartakan pada hari Sabat karena orang Yahudi berkumpul pada hari Sabat, termasuk ayat dimana para rasul mewartakan dipasar keramaian, intinya adalah apabila anda mewartakan pada orang lain yang tidak mengenal Sabat dan anda beribadat pada hari Sabat, anda akan ditanya: mengapa anda beribadat pada hari Sabat? Anda pasti menjawab: karena Tuhan memerintahkannya melalui Musa karena Tuhan beristirahat pada hari Sabat ketika penciptaan Adam. Akan tetapi jika anda beribadat pada hari minggu maka ketika ditanya mengapa anda beribadat pada hari minggu maka anda akan menjawab: karena YESUS bangkit pada hari minggu! Maka anda sedang mewartakan Injil bukan Taurat. Hal ini dilakukan oleh gereja awal dimana mereka berkumpul setiap hari pertama minggu itu dan juga berkumpul setiap hari memecahkan roti. Berkumpul setiap minggu gereja awal sedang mewartakan YESUS yang bangkit, sedangkan berkumpul tiap hari perjamuan kudus mewartakan kisah sengsara YESUS. Harusnya ini cukup jelas, karena ada tertulis, (surat rasul Paulus)tugas kita mewartakan KRISTUS yang disalib dan bangkit.. Tertulis juga semua hari suci dan kerajaan Surga bukan masalah makanan dan minuman.. Ada tertulis juga janganlah perayaan Sabat menjadi batu sandungan.

Inti dari Paulus berkotbah pada hari Sabat karena orang Yahudi berkumpul pada hari Sabat, seluruh rasul berkotbah ditempat yang ramai termasuk pasar maupun tengah kota, YESUS sendiri sering berkotbah di Sinagoga mengingat pada hari Sabat orang Yahudi berkumpul semua sehingga mudah dalam penyampaian informasi.


Nah, jelaslah sudah bahwa:

1. SELURUH HUKUM TAURAT (613 Hukum Taurat) adalah KHUSUS UNTUK BANGSA Yahudi oleh ALLAH BAPA

2. Untuk Umat Kristen HANYA 4 HUKUM TAURAT YANG DIBERIKAN atas dasar KEPUTUSAN ROH KUDUS dan KEPUTUSAN APOSTOLIK (RASUL)

3. HARI SABAT DITIADAKAN untuk Kristen smiley

4. HARI MINGGU adalah HARI IBADAH menurut TRADISI SUCI (GEREJA PURBA) yang TERCATAT dalam ALKITAB

5. Untuk MERAYAKAN KEBANGKITAN TUHAN YESUS

6. HARI MINGGU bukanlah MENGGANTI SABAT Yahudi

7. SABAT Yahudi adalah MENGINGAT PEMBEBASAN dari PERBUDAKAN MESIR

8. HARI MINGGU adalah MENGINGAT PEMBEBASAN dari PERBUDAKAN DOSA

9. TUHAN YESUS & Para Rasul mengajar pada Hari Sabat karena Kebiasaan Orang Yahudi

smiley



Sabat HANYA UNTUK Yahudi menurut KEPUTUSAN YHWH
SABAT DITIADAKAN UNTUK Kristen menurut KEPUTUSAN ROH KUDUS



SELURUH HUKUM TAURAT (613 Hukum Taurat) adalah KHUSUS UNTUK BANGSA Yahudi oleh ALLAH BAPA

Bukan kepada bangsa lain.
Im 26:46 Itulah ketetapan-ketetapan dan peraturan-peraturan serta hukum-hukum yang diberikan TUHAN, berlaku di antara Dia dengan orang Israel, di gunung Sinai, dengan perantaraan Musa.
Ul 4:8 Dan bangsa besar manakah yang mempunyai ketetapan dan peraturan demikian adil seperti seluruh hukum ini, yang kubentangkan kepadamu pada hari ini?
Mazm 78:5 Telah ditetapkan-Nya peringatan di Yakub  dan hukum Taurat diberi-Nya di Israel; nenek moyang kita diperintahkan-Nya untuk memperkenalkannya kepada anak-anak mereka,
Mazm 147:20 Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal. Haleluya!
Ulangan 5:15
“Sebab haruslah kauingat, bahwa engkaupun dahulu budak di tanah Mesir dan engkau dibawa keluar dari sana oleh TUHAN, Allahmu dengan tangan yang kuat dan lengan yang teracung; itulah sebabnya TUHAN, Allahmu, memerintahkan engkau merayakan hari Sabat”

Silahkan buka dari Keluaran sampai Imamat, apakah itu semua bukan HUKUM TAURAT? Apakah makanan haram, perceraian dll bukan HUKUM TAURAT? Anda sepertinya googling dulu mengenai HUKUM TAURAT biar jelas...

Neh, biar saya bantu linknya:

http://en.wikipedia.org/wiki/Torah

The term Torah (Hebrew: תּוֹרָה, "Instruction"; English pronunciation: /ˈtɔːrə/), also known as the Pentateuch (Greek: Πεντάτευχος from πεντα- penta- [five] and τεῦχος teuchos [tool, vessel, book]),[1] refers to the Five Books of Moses—the entirety of Judaism's founding legal and ethical religious texts.[2][3] A "Sefer Torah" (סֵפֶר תּוֹרָה, "book of Torah") or Torah scroll is a copy of the Torah written on parchment in a formal, traditional manner by a specially trained scribe under strict requirements.

http://en.wikipedia.org/wiki/Torah_study

In rabbinic literature, the highest ideal of all Jews is Torah study. This literature teaches an eagerness for such study and a thirst for knowledge that expands beyond the text of the Tanakh to the entire Oral Torah. According to many historians, this carried over into the general characteristics of Jewish society, both religious and non-religious, down to the present. Some examples of traditional teachings:
The study of Torah is considered to outweigh a number of mitzvot, such as visiting the sick, honouring one's parents, and bringing peace between people (Shabbat 127a). This paragraph was incorporated in the daily prayer service.
A number of Talmudic rabbis consider Torah study as being greater than the rescue of human life, than the building of the Temple in Jerusalem, and than the honor of father and mother (Megilah 16b), provided that the individual's life will be saved by someone else.[citation needed]
According to R. Meir, when one studies Torah for its own sake (Torah Lishma - תורה לשמה) the [the creation of] entire world is worthwhile for him alone, and he brings joy to G-d (Avot 6:1).
As the child must satisfy its hunger day by day, so must the grown man busy himself with the Torah each hour (Yerushalmi, Berakhot ch. 9).
Torah study is of more value than the offering of daily sacrifice (Eruvin 63b).
A single day devoted to the Torah outweighs 1,000 sacrifices (Tractate Shabbat 30a; comp. Tractate Menachot 100a).
The fable of the Fish and the Fox [1], in which the latter seeks to entice the former to dry land, declares Israel can live only in the Law as fish can live only in the ocean (Babylonian Talmud, Berakhot 61b).
Whoever learns Torah at night is granted grace during the day and whoever neglects it will be fed burning coals in the World to Come. (Avodah Zarah 3b).
God weeps over one who might have occupied himself with Torah study but neglected to do so (Tractate Hagigah 5b).
The study must be unselfish: one should study the Torah with self-denial, even at the sacrifice of one's life; and in the very hour before death one should devote himself to this duty (Tractate Shabbat 83b).
All, even lepers and the ritually unclean, are required to study the Torah (Tractate Berakhot 22a).
It is the duty of everyone to read the entire weekly portion twice (the law of shnayim mikra ve-echad targum, Tractate Berakhot 8a).
According to R. Meir, a Gentile who studies the Torah (for the purpose of finding out about the Noachide Laws) is as great as the High Priest (Tractate Avodah Zarah 3a).
According to R. Yehudah, God Himself studies the Torah for the first three hours of every day. (Tractate Avodah Zarah 3b).


http://en.wikipedia.org/wiki/Torah_reading

Torah reading (Hebrew: קריאת התורה, K'riat HaTorah ; "Reading [of] the Torah") is a Jewish religious ritual that involves the public reading of a set of passages from a Torah scroll. The term often refers to the entire ceremony of removing the Torah scroll (or scrolls) from the ark, chanting the appropriate excerpt with special cantillation, and returning the scroll(s) to the ark.

http://en.wikipedia.org/wiki/Mishneh_Torah

The books and sections

A future look of a contemporary annotated pocket-books edition
HaMadda' (Knowledge):
Yesodei ha-Torah: Belief in God and other Jewish principles of faith
De'ot: general proper behavior
Talmud Torah: see Torah study
Avodah Zarah: the prohibition against idolatry
Teshuvah: the law and philosophy of repentance
Ahavah (Love): the precepts which must be observed at all times if the love due to God is to be remembered continually (prayer, tefillin).
Zemanim (Times):
Shabbat
Eruvin, a Rabbinic device that facilitates Sabbath observance
Yom Tov: prohibitions on major Jewish holidays that are different from the prohibitions of Sabbath
Shevitat `Asor: laws of Yom Kippur, except for the Temple service (see Avodat Yom ha-Kippurim, below)
Hametz u-Matza: see Passover
Shofar ve-Lulav ve-Sukkah: see Rosh Hashanah and Sukkot
Hanukah u-Megillah: see Hanukkah and Purim
Nashim (Women):
Ishut: laws of marriage, including kiddushin and the ketubah
Geirushin: laws of divorce
Yibum va-Chalitzah: laws of levirate marriage
Na'arah Betulah: the law of a man who seduces or rapes an unmarried woman
Sotah laws concerning a woman suspected of infidelity
Kedushah (Holiness)
Issurei Biah: forbidden sexual relations, including niddah, incest and adultery. Since intermarriage with non-Jews is forbidden, the laws of conversion to Judaism are also included.
Ma'akhalot Assurot: laws of forbidden foods (see kashrut)
Shechitah: laws of ritual slaughter
Hafla'ah (Separation): laws of vows and oaths
Shevuot: Laws of vows (to refrain from doing an action)
Nedarim: Laws of oaths (to do an action)
Nezirot: Laws of Nazirites
Erachin: Laws of donations to the temple
Zera'im (Seeds): agricultural laws
Kilayim: Laws of forbidden mixtures
Aniyim: Laws of obligatory gifts to the poor
Terumot: Laws of obligatory gifts to the priests
Maaser: Laws of tithes
Sheini: Laws of secondary tithes
Bikurim: Laws of first fruit offerings
Shemittah: Laws of the sabbatical year
Avodah (Divine Service): the laws of the Temple in Jerusalem
Korbanot (Offerings): laws for offerings in the Temple, excepting those of the whole community
Tohorah (Cleanness): the rules of ritual purity
Nezikin (Injuries): criminal and tort law
Kinyan (Acquisition): laws of the marketplace
Mishpatim (Rights): civil law
Shofetim (Judges): the laws relating legislators, the Sanhedrin, the king, and the judges. It also addresses the Noahide Laws and those pertaining to messianic times.



BERIBADAH: Berkumpul (oikumene) dan memecahkan roti (Ekaristi/Perjamuan Kudus)

Jadi ya gereja purba BERIBADAH {Berkumpul (oikumene) dan memecahkan roti (Ekaristi/Perjamuan Kudus)} pada hari MINGGU



Jelas disitu tertulis bahwa UNTUK NON Yahudi, jadi yang merasa diri Yahudi silahkan merayakan SABAT smiley Bagiyang NON Yahudi/Kristen silahkan TIDAK MERAYAKAN SABAT smiley

Kisah Para Rasul
15:6 Maka bersidanglah rasul-rasul dan penatua-penatua untuk membicarakan soal itu.
15:7 Sesudah beberapa waktu lamanya berlangsung pertukaran pikiran mengenai soal itu, berdirilah Petrus dan berkata kepada mereka: "Hai saudara-saudara, kamu tahu, bahwa telah sejak semula Allah memilih aku dari antara kamu, supaya dengan perantaraan mulutku bangsa-bangsa lain mendengar berita Injil dan menjadi percaya.
15:12 Maka diamlah seluruh umat itu, lalu mereka mendengarkan Paulus dan Barnabas menceriterakan segala tanda dan mujizat yang dilakukan Allah dengan perantaraan mereka di tengah-tengah bangsa-bangsa lain.
15:13 Setelah Paulus dan Barnabas selesai berbicara, berkatalah Yakobus: "Hai saudara-saudara, dengarkanlah aku:
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.
15:27 Maka kami telah mengutus Yudas dan Silas, yang dengan lisan akan menyampaikan pesan yang tertulis ini juga kepada kamu.
15:28 Sebab adalah keputusan ROH KUDUS dan keputusan kami

Bukti ALKITABIAH Kepemimpinan Petrus

Yoh 21
15 Sesudah sarapan YESUS berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata YESUS kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."
16 Kata YESUS pula kepadanya untuk kedua kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata YESUS kepadanya:"Gembalakanlah domba-domba-Ku."
17 Kata YESUS kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena YESUS berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata YESUS kepadanya:"Gembalakanlah domba-domba-Ku.

Mat 16
18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaatKu dan alam maut tidak akan menguasainya
19 Kepadamu akan Kuberikan kunci kerajaan sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga

Kisah Para Rasul 15:7 Sesudah beberapa waktu lamanya berlangsung pertukaran pikiran mengenai soal itu, berdirilah Petrus dan berkata kepada mereka: "Hai saudara-saudara, kamu tahu, bahwa telah sejak semula Allah memilih aku dari antara kamu, supaya dengan perantaraan mulutku bangsa-bangsa lain mendengar berita Injil dan menjadi percaya.

Bukti ALKITABIAH mengenai SUKSESI JABATAN KERASULAN/APOSTOLIK

KISAH PARA RASUL
1:24 Mereka semua berdoa dan berkata: "Ya Tuhan, Engkaulah yang mengenal hati semua orang, tunjukkanlah kiranya siapa yang Engkau pilih dari kedua orang ini,
1:25 untuk menerima jabatan pelayanan, yaitu kerasulan yang ditinggalkan Yudas yang telah jatuh ke tempat yang wajar baginya."


Mengenai KUASA Paus

1Tim 3:15 GerejaNYA adalah tiang penopang dan dasar kebenaran

Kis 15:27 Maka kami telah mengutus Yudas dan Silas, yang dengan lisan akan menyampaikan pesan yang tertulis ini juga kepada kamu.

2Tes 2:15 Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baiksecara lisan, maupun secara tertulis.



Ajaran dari  Bapa Gereja.

1. Lebih lanjut, St. Ignasius dari Antioch (45-110) mengatakan bahwa seorang Kristen tidak terikat oleh hari Sabat namun hari ke delapan, atau hari permulaan minggu, atau Hari Minggu, karena pada hari itulah KRISTUS bangkit (Epistle of Barnabas XV).

2. Demikian juga dengan St. Justin Martir, Tertullian, mengingatkan bahwa untuk umat Kristen, hari Tuhan adalah hari Minggu.

3. Dan setelah agama Kristen menjadi agama negara, maka Gereja, di Konsili Elvira (300), Konsili Laodicea (abad ke-4), Konsili Orleans (538), mengharuskan umat Kristen untuk beribadah  pada hari Minggu.



Mat. 26:17   Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi datanglah murid-murid YESUS kepada-Nya dan berkata: "Di mana Engkau kehendaki kami mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?"
Mat. 27:64   Karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itu sampai hari yang ketiga; jikalau tidak, murid-murid-Nya mungkin datang untuk mencuri Dia, lalu mengatakan kepada rakyat: Ia telah bangkit dari antara orang mati, sehingga penyesatan yang terakhir akan lebih buruk akibatnya dari pada yang pertama."
Mat. 28:1   Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.
Mrk. 14:12   Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi, pada waktu orang menyembelih domba Paskah, murid-murid YESUS berkata kepada-Nya: "Ke tempat mana Engkau kehendaki kami pergi untuk mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?"
Mrk. 16:2   Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur.
Mrk. 16:9   Setelah YESUS bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya YESUS pernah mengusir tujuh setan.
Luk. 24:1   tetapi pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu mereka pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka.
Yoh. 20:1   Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.
Yoh. 20:19   Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid YESUS di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah YESUS dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"
Kis. 20:7   Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam.
1Kor. 16:2   Pada hari pertama dari tiap-tiap minggu hendaklah kamu masing-masing--sesuai dengan apa yang kamu peroleh--menyisihkan sesuatu dan menyimpannya di rumah, supaya jangan pengumpulan itu baru diadakan, kalau aku datang.
Kis. 17:3   Ia menerangkannya kepada mereka dan menunjukkan, bahwa Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati, lalu ia berkata: "Inilah Mesias, yaitu YESUS, yang kuberitakan kepadamu."
Flp. 4:15   Kamu sendiri tahu juga, hai orang-orang Filipi; pada waktu aku baru mulai mengabarkan Injil, ketika aku berangkat dari Makedonia, tidak ada satu jemaatpun yang mengadakan perhitungan hutang dan piutang dengan aku selain dari pada kamu.
Efesus
3:6   yaitu bahwa orang-orang bukan Yahudi, karena Berita Injil, turut menjadi ahli-ahli waris dan anggota-anggota tubuh dan peserta dalam janji yang diberikan dalam KRISTUS YESUS.
3:7   Dari Injil itu aku telah menjadi pelayannya menurut pemberian kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku sesuai dengan pengerjaan kuasa-Nya.
3:8   Kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini, untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi kekayaan KRISTUS, yang tidak terduga itu,
Kis. 15:7   Sesudah beberapa waktu lamanya berlangsung pertukaran pikiran mengenai soal itu, berdirilah Petrus dan berkata kepada mereka: "Hai saudara-saudara, kamu tahu, bahwa telah sejak semula Allah memilih aku dari antara kamu, supaya dengan perantaraan mulutku bangsa-bangsa lain mendengar berita Injil dan menjadi percaya.
Flp. 1:5   Aku mengucap syukur kepada Allahku karena persekutuanmu dalam Berita Injil mulai dari hari pertama sampai sekarang ini.
Flp. 1:7   Memang sudahlah sepatutnya aku berpikir demikian akan kamu semua, sebab kamu ada di dalam hatiku, oleh karena kamu semua turut mendapat bagian dalam kasih karunia yang diberikan kepadaku, baik pada waktu aku dipenjarakan, maupun pada waktu aku membela dan meneguhkan Berita Injil.
Flp. 1:27   Hanya, hendaklah hidupmu berpadanan dengan Injil KRISTUS, supaya, apabila aku datang aku melihat, dan apabila aku tidak datang aku mendengar, bahwa kamu teguh berdiri dalam satu roh, dan sehati sejiwa berjuang untuk iman yang timbul dari Berita Injil,
1Ptr. 1:12   Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh ROH KUDUS, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.
Kol 2:16. Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat;
Kol 2:17 semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah KRISTUS.
Roma 14:5 Yang seorang menganggap hari yang satu lebih penting dari pada hari yang lain, tetapi yang lain menganggap semua hari sama saja. Hendaklah setiap orang benar-benar yakin dalam hatinya sendiri.
Kis 15:28 Sebab adalah keputusan ROH KUDUS dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu ini:
Kis 15:29 kamu harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan. Jikalau kamu memelihara diri dari hal-hal ini, kamu berbuat baik. Sekianlah, selamat."
Kis 21:25 Tetapi mengenai bangsa-bangsa lain, yang telah menjadi percaya, sudah kami tuliskan keputusan-keputusan kami, yaitu mereka harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan."
Matius  22
22:34. Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa YESUS telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka
22:35 dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia:
22:36 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"
22:37 Jawab YESUS kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

"..karena Tuhan memerintahkannya melalui Musa karena Tuhan beristirahat pada hari Sabat ketika penciptaan Adam. Akan tetapi jika anda beribadat pada hari minggu maka ketika ditanya mengapa anda beribadat pada hari minggu maka anda akan menjawab: karena YESUS bangkit pada hari minggu! Maka anda sedang mewartakan Injil bukan Taurat..."

"Ibadat menurut orang Kristen adalah berkumpul dan memecah-mecahkan roti, sehingga telah jelas pada hari pertama minggu itu mereka beribadat"

Sabat---> Pembebasan Perbudakan Mesir oleh Musa; Yahudi, Advent dan sekte lainnya

Minggu---> Pembebasan Dosa Taurat oleh Penebusan YESUS; Kristen (Protestan & Katolik)

char13



Silahkan ke Gereja Hari Minggu smiley

5 komentar:

  1. BAGUS PENDAPAT DIATAS...
    LUAR BIASA!!!

    NAMUN SEMUA SIRNA DG ADANYA

    1. UCAPAN YESUS MARKUS 2:27-28,
    SABAT DIJADIKAN KARENA MANUSIA (BUKAN YAHUDI SAJA)

    2. NUBUATAN NABI YESAYA

    YESAYA 66:22-23
    MANUSIA AKAN MENYEMBAH TUHAN PADA HARI SABAT DI DUNIA BARU.
    (DUNIA INI AKAN DIJADIKAN BARU NANTINYA)

    BalasHapus
  2. Jadi tetap saja SABAT ADA.

    dan menjadi TANDA

    Bahwa YHWH lah pencipta langit dan bumi dlm enam hari penciptaan!.

    BalasHapus
  3. Akhirnya...

    Ibrani 4:9

    Jadi masih tersedia satu hari perhentian HARI KETUJUH BAGI UMAT ALLAH.


    Siapa Umat Allah?
    Yg menguduskan Hari Ketujuh!!!

    BalasHapus
  4. Akhirnya...

    Ibrani 4:9

    Jadi masih tersedia satu hari perhentian HARI KETUJUH BAGI UMAT ALLAH.


    Siapa Umat Allah?
    Yg menguduskan Hari Ketujuh!!!

    BalasHapus
  5. Jadi tetap saja SABAT ADA.

    dan menjadi TANDA

    Bahwa YHWH lah pencipta langit dan bumi dlm enam hari penciptaan!.

    BalasHapus